ATM Bukan Cuma untuk Transfer Uang, tapi Tempat Informasi Anak Hilang

Ilustrasi mesin ATM.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Produsen anjungan tunai mandiri (ATM) asal Belanda, In2Retail, menampilkan informasi anak hilang di mesin transfer uangnya.

Pelaku Modus Ganjal ATM di Bekasi Tertangkap Basah, Dikunciin Warga di Ruang Kaca

Sebanyak 300 mesin ATM yang beredar di negeri Kincir Angin ini mampu menampilkan dua jenis peringatan, yaitu Vermist Kind Alert dan Amber Alerts, yang spesifik untuk orang Belanda.

Vermist Kind Alert adalah informasi yang kasusnya berujung pada ancaman kehilangan nyawa, sedangkan Amber Alerts adalah informasi yang terintegrasi dengan SMS, Facebook, serta siaran radio agar semakin luas penyebarannya.

Warganet Dapat Uang Palsu saat Tarik Tunai di ATM, Ini Kata Bank Indonesia

Selain menampilkan foto dan informasi tentang anak hilang, ATM ini juga akan menampilkan video kampanye untuk mendorong orang mendaftar nomor telepon mereka agar dapat menerima pesan SMS terkait informasi tentang anak hilang.

Menurut organisasi AmberAlert.eu, seperti dikutip The Verge, Kamis, 30 Mei 2019, pada tahun lalu terdapat 26 peringatan yang dikeluarkan di seluruh Eropa tentang 30 anak yang hilang. Beruntungnya, dari 30 anak ini sebanyak 97 persen berhasil ditemukan.

Balita di Empat Lawang yang Hilang 19 Jam, Ditemukan di Bawah Pohon Bambu

Oleh karena itu, demi menjaga privasi maka setiap tautan ke informasi publik akan dihapus setelah seorang anak ditemukan. Mesin ATM ini terletak di bandara, pusat perbelanjaan, dan dekat dengan tempat wisata.

Jika ide ini berhasil, pihak berwenang dapat memperluas sistem ke vendor ATM lainnya dengan tujuan akhirnya mencakup seluruh Belanda. Informasi saja, Belanda adalah negara pertama yang menggunakan ATM sebagai media peringatan tersebut.

ATM adalah lokasi terbaru untuk menampilkan peringatan tentang anak hilang. Sebelumnya, informasi tersebut sudah ditampilkan di rambu jalan raya, papan iklan, dan situs web di seluruh Eropa dan Amerika Serikat, serta aplikasi utama seperti Waze dan Google Maps.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya