Sambut Hari Keantariksaan, LAPAN Ngajak Kongkow Sambil Gelap-gelapan

Antariksa atau luar angkasa.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Setiap 6 Agustus dirayakan sebagai Hari Keantariksaan. Untuk merayakannya, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional atau LAPAN mengajak masyarakat untuk melakukan Malam Langit Gelap (MLG) apa itu?

Indonesia Mengalami Ekuiluks, Wilayah Ini yang Pertama Merasakan

Mengutip akun Instagram resmi LAPAN, Kamis, 6 Agustus 2020, MLG dilakukan dengan meminimalisir polusi cahaya dengan mematikan cahaya pada pukul 20.00 hingga 21.00 nanti. Ini membuat langit malam akan terlihat lebih jelas.

Dengan aksi MLG ini, LAPAN berharap bisa mengajak masyarakat untuk membangun kesadaran publik menjaga keindahan langit dengan mengurangi polusi cahaya, sehingga akan lebih mudah mengamati dan menikmati benda antariksa yang ada di langit.

Sebentar Lagi Indonesia Alami Fenomena Ekuiluks

Puncak Hujan Meteor Quadrantid Terjadi Sebelum Subuh

"Berkurangnya polusi cahaya maka kita akan lebih mudah dalam mengamati dan menikmati hamparan benda antariksa berpijar di langit yang sangat luas dan juga bintang jatuh (hujan meteor)," ungkap LAPAN.

Selain itu, LAPAN juga menyediakan tempat bagi masyarakat yang ingin menikmati langit malam saat kegiatan MLG nanti malam.

"Tapi untuk mengamati indahnya antariksa cukup di rumah aja ya sob. Balai-balai LAPAN juga akan mengadakan pengamatan antariksa pada 6 Agustus dan #SobatLAPAN bisa mengikutinya di Instagram maupun channel YouTube," jelasnya.

Beberapa di antaranya yang menggelar nonton bareng Malam Langit Gelap adalah LAPAN Sumedang, LAPAN Garut, LAPAN Pasuruan, LAPAN Kupang, dan LAPAN Biak. Semuanya bisa ditonton melalui kanal YouTube ataupun media sosial milik masing-masing Balai-Balai tersebut.

"So sit back and relax, mari mengikuti aksi Malam Langit Gelap (MLG) dan menikmati hamparan antariksa yang menawan," kata LAPAN, menegaskan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya