Teknologi Ini Bisa Hambat COVID-19 yang Menempel di Gagang Pintu

Virus Corona.
Sumber :
  • Times of India

VIVA – Nanoe X merupakan teknologi atomisasi elektrostatis yang mengumpulkan kelembaban di udara dan menerapkan tegangan tinggi ke partikel nano tersebut untuk menghasilkan Radikal Hidroksil (OH) yang terkandung dalam air.

Viral Wanita Ini Ngaku Ditipu Elon Musk, Uang Rp800 Miliar Melayang

Teknologi ini biasanya digunakan pada pendingin udara (AC) untuk perumahan dan area komersial (residential and commercial air conditioner), serta pembersih udara (air purifier).

Nanoe X dikembangkan oleh Panasonic dan diklaim sukses menghambat perkembangan COVID-19. Hal itu dibuktikan melalui riset lembaga penelitian Texcell asal Prancis pada Desember 2020.

Volume Transaksi BRImo Capai Rp 1.251 Triliun di Kuartal I-2024

Texcell telah memverifikasi bahwa pendingin udara Panasonic dengan teknologi nanoe X memiliki efek penghambatan sebesar 91,4 persen terhadap Virus Corona (SARS-CoV-2) di ruangan seluas 6,7 meter kubik dalam 8 jam.

"Pendingin udara dengan teknologi nanoe X dapat secara efektif menghambat tidak hanya partikel virus yang mengambang di udara, tapi juga virus yang menempel pada objek seperti gagang pintu, sakelar, dan kain," kata Co-General Manager PT PanaHome Deltamas Indonesia, Wulang Nur Widyatmoko, Jumat, 3 September 2021.

Setuju Pembatasan Impor Barang Jadi Elektronik

Seperti diketahui, rumah sehat dengan udara bersih sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu tantangan yang dihadapi di dalam ruangan adalah polutan yang tidak terlihat seperti PM2.5, bahan kimia berbahaya yang dikeluarkan oleh bahan bangunan dan furnitur, serta peningkatan konsentrasi CO2 saat manusia bernapas.

Selain teknologi nanoe X, Wulang juga mengusung Complete Air Management System, yakni sistem manajemen kualitas udara cerdas baru yang terus-menerus mendeteksi kualitas udara dalam ruangan. "Sistem ini terdiri dari AC Panasonic berteknologi nanoe X, sistem ventilasi, dan Remote Control IAQ (Indoor Air Quality)," jelasnya.

Sistem ini pula yang akan tersedia di 18 unit rumah pintar atau smart home pada cluster ASA milik PT PanaHome Deltamas Indonesia. Dari 18 unit, 8 di antaranya dijadwalkan akan selesai pada akhir tahun ini dan mendapatkan pembebasan pajak pertambahan nilai (PPN).

Cluster ASA merupakan satu dari empat cluster di dalam Savasa, pengembangan kota pintar dengan unit rumah yang didukung oleh Panasonic yang menampilkan fitur smart living dan teknologi bangunan tahan gempa. Lokasinya strategis di jantung Kota Deltamas, Cikarang, Bekasi, Jawa Barat dengan akses mudah ke kawasan pusat bisnis.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya