Semuanya Mengerikan, Ini 5 Mitos Malam Jumat

Hantu Air.
Hantu Air.
Sumber :
  • Soompi

VIVA – Mitos Malam Jumat, Tidak sedikit orang mengungkapkan kalau malam jumat itu khususnya di Indonesia malam yang begitu spesial. Entah karena apa tapi malam jumat menjadi hal yang berbeda.

Pasalnya, malam ini dijadikan malam keramat yang didasarkan pada perilaku orang zaman dulu. Malam jumat dianggap sebagai malam yang penuh dengan kisah horor nan seram. Kenapa begitu? Karena banyak masyarakat Jawa yang sering melakukan ritual seperti sesajen, ruwatan dan tradisi lainnya di malam tersebut.

Nah, krena itu banyak mitos di malam jumat yang beredar di masyarakat. Simak ulasan Viva mengenai mitos-mitos di malam jumat yang dilansir dari berbagai sumber sebagai berikut:

1. Malam Arwah Pulang Ke Rumah

Ilustrasi arwah.

Ilustrasi arwah.

Photo :
  • U-Report

Sebagian besar masyarakat di Indonesia masih ada yang percaya bahwa orang yang sudah meninggal dapat pulang ke rumah di malam jumat.

Bahkan masyarakat yang masih mempercayainya  akan melakukan tradisi penyambutan dengan memasang sesajen dan makanan atau minuman kesukaan orang yang meninggal semasa masih hidup.

2. Penuh Kekuatan Magis

Ilustrasi makhluk gaib dari suara hewan.

Ilustrasi makhluk gaib dari suara hewan.

Photo :
  • vstory

Malam Jumat dipercaya sebagai malam yang memiliki kekuatan magis yang sangat besar. Disebutkan juga dari berbagai lansiran bahwa malam jumat sebagai malam yang dipenuhi dengan hal yang tak kasat mata.

Oleh karena itu, sering kali di malam tersebut sebagai proses aktivitas gaib, seperti pesugihan karena energi magis sedang berada di puncak kekuatannya.

3. Makhluk Astral Berkeliaran

Ilustrasi ancaman setan.

Ilustrasi ancaman setan.

Photo :
  • U-Report

Mitos selanjutnya yang banyak dipercayai adalah banyak makhluk tak kasat mata atau makhluk astral yang mengamati kehidupan manusia pada malam jumat. Mitos ini didukung dengan banyak cerita horor yang terjadi pada malam jumaat tersebut.

Selain itu, katanya banyak dukun atau ahli supernatural yang sibuk melakukan aktivitas gaib jika datang hari jumat.

4. Waktu Mengirim Santet

Ilustrasi Santet

Ilustrasi Santet

Photo :
  • U-Report

Mitos yang sering terdengar di telinga masyarakat tentang malam jumat adalah sebagai malam yang tepat untuk mengirim santet atau kiriman gaib. Ini karena pada malam jumat dianggap sebagai malam yang memiliki banyak energi gaib sehingga santet akan mudah untuk sampai.

Di Indonesia sendiri untuk menangkal santet tersebut, banyak masyarakat yang melakukan doa untuk menangkal kiriman jahat di malem jumat, semisalnya membaca kitab suci atau surat-surat yang dianggap dapat mencegah terjadinya pengiriman santet.

5. Orang yang Meninggal di Malam Jumat harus di Jaga

Orang meninggal.

Orang meninggal.

Photo :
  • U-Report

Banyak orang yang tidak dapat dipercaya, khususnya masyarakat di Jawa bahwa orang yang meninggal pada malam Jumat kuburannya harus dijaga selama 40 hari. Mengapa?

Karena konon mereka yang meninggal pada malam Jumat jasadnya akan dicuri oleh dukun-dukun untuk digunakan sebagai ilmu hitam bahkan pesugihan, karenanya dijaga sampai 40 hari.

Nah, itu informasi mengenai mitos malam jumat yang Viva dapat berikan ke kamu. Apakah kamu salah satunya yang masih mempercayai mitos-mitos tersebut?