3 Cara Sederhana Membuat Magnet

Medan magnet.
Medan magnet.
Sumber :
  • Livescience.com

VIVA Tekno – Cara membuat magnet sendiri dapat dilakukan dengan alat-alat sederhana dan mungkin dapat kamu jumpai di rumah. Artikel ini secara khusus akan membahas cara membuat magnet dengan mudah untuk tugas sekolah.

Namun, sebelum membahas cara membuat magnet, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu sifat- sifat magnet agar pemahaman tentang magnet dapat lebih dimengerti.

Serbuk pasir yang mengandung magnet menempel pada magnet permanen

Serbuk pasir yang mengandung magnet menempel pada magnet permanen

Photo :
  • National Geographic Society

Dikutip dari buku Fisika Dasar, Seri: Listrik Arus Searah dan Kemagnetan karya Siswanto dkk. Pada magnet, terdapat dua kutub yang berlawanan arah, yaitu kutub Utara dan kutub Selatan. Apabila suatu magnet dipotong-potong menjadi kecil, maka kutub Utara dan kutub Selatan akan tetap ada.

Sifat-sifat magnet antara lain:

1. Tidak semua benda dapat ditarik oleh magnet, sehingga magnet hanya bisa menarik benda–benda tertentu yang ada di sekitarnya.

2. Magnet memiliki gaya yang sifatnya dapat menembus benda, yang apabila gaya magnet ini besar maka gaya magnet dapat menembus benda yang tebal.

3. Apabila ada dua magnet yang memiliki kutub berbeda, dan saling didekatkan maka mereka akan saling tarik menarik.

4. Apabila kutub yang sejenis saling didekatkan satu sama lain maka mereka akan terjadi tolak-menolak

5. Medan magnet akan membentuk gaya magnet, yang apabila sebuah benda didekatkan dengan magnet maka gaya magnet yang ditimbulkan magnetnya akan semakin besar dan sebaliknya.

6. Jika suatu magnet terus menerus jatuh dan terbakar, maka Sifat kemagnetan dapat berkurang dan bahkan hilang.

Menurut buku Mudah Menguasai Fisika SMP Kelas 3 yang disusun oleh Redaksi Kawan Pustaka, terdapat dua macam magnet, yaitu magnet alami dan magnet buatan. Magnet alam terbentuk secara alami tanpa campur tangan manusia, misalnya magnet bumi dan batu magnesian.

Sedangkan, magnet buatan adalah magnet yang dibuat oleh manusia secara sengaja dari baja atau besi murni. Magnet jenis ini juga dapat dibuat dari bahan paduan seperti paduan baja dengan nikel atau paduan antara aluminium, kobalt, dan nikel.

Nah berikut ini adalah cara sederhana membuat magnet yang dapat kamu coba di rumah maupun di sekolah

3 Cara membuat magnet sendiri dengan mudah

1. Cara membuat magnet dengan Elektromagnetik

Induksi elektromagnetik adalah prinsip bahwa arus listrik dapat menghasilkan medan magnet, dan medan magnet dapat menghasilkan arus listrik. Dilansir dari Live Science, jika mengalirkan arus pada kawat yang melingkar, maka aka timbul medan magnet disekitarnya sesuai dengan kaidah tangan kanan.

a. Kawat mengalir yang dialiri arus listrik satu arah b. medan magnet pada kawat

a. Kawat mengalir yang dialiri arus listrik satu arah b. medan magnet pada kawat

Photo :
  • Livescience.com

Cara paling mudah untuk membuat elektromagnetik adalah dengan baterai, paku baja, selotip dan kawat. Lilit paku baja dengan kawat secara melingkar, lalu hubungkan kawat ke ujung-ujung baterai dan tutup dengan selotip.

Jika sudah, paku yang dililit akan mengalirkan arus listrik sehingga paku akan berubah menjadi magnet dan dapat menarik benda lainnya sesuai sifat magnet.

2. Cara membuat magnet dengan cara menggosok

Cara membuat magnet yang kedua adalah dengan cara menggosok magnet permanen ke benda feromagnetik secara berulang dan searah.

Bahan feromagnetik adalah bahan yang memiliki momen magnet permanen sehingga dapat ditarik oleh magnet. Contoh bahan feromagnetik adalah besi, kobalt, nikel, dan baja.

Menggosok magnet permanen dengan bahan feromagnetik

Menggosok magnet permanen dengan bahan feromagnetik

Photo :
  • dafiddarling.info

Untuk membuatnya, kamu dapat memegang magnet permanen dan gosokkan permukaan magnet tersebut pada batang besi. Lakukan hal yang sama selama kurang lebih 3 sampai 5 menit.

Kemudian dekatkan besi yang telah digosok pada sebuah jarum atau benda apapun yang dapat ditarik magnet, apabila jarum dapat ditarik, artinya besi tersebut telah menjadi magnetis.

3. Cara membuat magnet dengan Induksi

Induksi magnet adalah mendekatkan bahan feromagnetik (besi, kobalt, nikel, ataupun baja) dengan magnet permanen tanpa perlu bersentuhan. Medan magnet permanen tersebut akan menyelaraskan momen-momen magnet dalam besi sehingga besi menjadi magnet.