Bangga, Satelit Karya Anak Bangsa Meluncur Bersama Roket Elon Musk

Surya Satellite (SS-1).
Sumber :
  • Instagram @lapan_ri

VIVA Tekno – Satelit nano karya anak bangsa, Surya Satellite (SS-1) sukses meluncur ke luar angkasa menumpang roket dari perusahaan Elon Musk, SpaceX, Falcon 9 CRS-26. Benda itu akan menuju Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS).

Kegiatan Netanyahu saat Keliling AS untuk Cari Dukungan, Bertemu dengan Elon Musk

Roket tersebut membawa lebih dari 2.630 kg muatan untuk misi penelitian, perlengkapan kru ISS dan berbagai perangkat keras.

Menurut akun Instagram @brin_indonesia, roket mengemban misi membawa muatan termasuk SS-1. Sebelumnya peluncuran sempat tertunda karena faktor cuaca yang tidak mendukung.

Elon Musk Aktifkan Layanan Starlink di Rumah Sakit Lapangan Gaza

"Misi ini sendiri adalah Automatic Packet Reporting System yang berfungsi sebagai media komunikasi via satelit dalam bentuk teks singkat," tulis akun tersebut, dikutip pada Senin, 28 November 2022.

Saham Asia Dibuka Merosot, Ini Pemicunya

Teknologi tersebut dapat dikembangkan untuk mitigasi bencana, pemantauan jarak jauh serta komunikasi darurat. Satelit nano ini dikembangkan oleh ilmuwan muda yang didukung penuh oleh PT Pasi?k Satelit Nusantara (PSN).

Ide dan proyek pengembangan satelit nano ini diprakarsai oleh Universitas Surya yang didukung kolaborasi multi-pihak antara tim insinyur muda bersama PT Pasi?k Satelit Nusantara, Organisasi Amatir Radio Indonesia (ORARI), PT Pudak Scienti?c, serta dukungan Kementerian Komunikasi dan Informatika, Pusat Teknologi Satelit Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Pusteksat LAPAN), dan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN)

Sebelumnya Tim Surya Satellite-1 mengikuti sayembara pada Februari 2018 mengikuti program KiboCUBE yang diinisiasi oleh United Nations Of?ce for Outer Space Affairs (UNOOSA) dan Japan Aerospace Exploration Agency (JAXA).

Kemudian Agustus 2018, Tim Surya Satellite-1 menjadi pemenang pada sayembara ini sehingga satelitnya dapat diluncurkan dari ISS secara gratis. Milestone penting selanjutnya adalah deployment satelit SS-1 dari modul Kibo milik JAXA dari ISS oleh astronot direncanakan pada Januari 2023.

Elon Musk.

Elon Musk Activates Starlink Internet Service in Gaza Hospital

Billionaire businessman Elon Musk on Wednesday (July 24) said that his internet service has been activated in a UAE-run field hospital in the war-torn Gaza Strip.

img_title
VIVA.co.id
26 Juli 2024