Binatang Apa yang Bisa Dengar Siksa Kubur? Ini Jawabannya

Siksa kubur.
Sumber :
  • http://informasi-fantastis.blogspot.co.id/

VIVA Tekno – Allah SWT memberikan kelebihan kepada binatang tertentu yang membuatnya bisa mendengar siksa kubur. Hal ini ternyata pernah terjadi dan jelaskan pada zaman Rasulullah SAW.

10 Makanan yang Menjadi Favorit Nabi Muhammad SAW

Disebutkan dalam Kitab At-Tadzkirah karya Imam Syamsuddin Al-Qurthubi, binatang yang bisa mendengar siksa kubur tersebut adalah baghal milik Rasulullah SAW. Baghal beliau disebut berwarna putih. Menurut Tafsir Al Azhar, baghal adalah peranakan di antara kuda dan tarik.

ilustrasi kuburan

Photo :
  • U-Report
Luar Biasa, Ternyata Ini Tugas Nabi Muhammad SAW Diutus ke Dunia

Para ulama mengatakan, baghal tersebut sampai hampir menjatuhkan Rasulullah SAW saat mendengar suara orang yang diazab di dalam kuburnya.

Kisah baghal Rasulullah SAW yang mendengar siksa kubur ini dijelaskan dalam Kitab Shahih Muslim melalui riwayat dari Zaid bin Tsabit RA.

Bukan Kecoa, Ini Hewan yang Paling Tangguh di Bumi

Diceritakan, suatu ketika Nabi SAW berada di sebuah kebun milik bani Najjar, mengendarai baghalnya, dan para sahabat menyertai beliau. Setiba di sana hampir saja binatang itu menjatuhkan Nabi. Dan ternyata, ada enam atau lima buah kubur.

Maka beliau bertanya, "Siapa yang tahu penghuni kubur-kubur ini?"

"Saya," kata seseorang.

Beliau bertanya, "Kapan mereka meninggal?"

Orang itu menerangkan, "Mereka mati dalam keadaan musyrik."

Beliau bersabda, "Sesungguhnya orang-orang ini mendapat bencana dalam kubur mereka. Sekiranya tidak akan (mengakibatkan) kamu sekalian tidak mau mengubur (mayit) sesama kamu, niscaya aku memohon kepada Allah, supaya Dia memperdengarkan kepadamu azab kubur yang aku dengar ini." (HR Muslim dan dinilai shahih).

Imam Muslim juga meriwayatkan dari Aisyah RA, bahwa dia berkata, "Ada dua orang nenek dari kaum Yahudi dan Madinah masuk menemuiku, lalu berkata, 'Sesungguhnya ahli kubur itu diazab dalam kubur mereka.'"

Ilustrasi kuburan.

Photo :
  • wikimedia.org

Aisyah berkata, "Aku mendustakan kedua nenek itu dan aku tidak mau mempercayai mereka. Maka kedua nenek itu keluar, dan masuklah Rasulullah kepadaku, lalu aku berkata, 'Wahai Rasul Allah, sesungguhnya ada dua orang nenek dari kaum Yahudi di Madinah ini mengatakan, bahwa ahli kubur itu diazab dalam kubur mereka.'"

Nabi SAW bersabda, "Kedua nenek itu benar. Sesungguhnya ahli kubur itu diazab dengan azab yang bisa didengar oleh binatang."

Aisyah berkata, "Sejak itu, tidak pernah saya melihat beliau melakukan salat kecuali diikuti dengan memohon perlindungan dari azab kubur."

Hadits tersebut juga diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan dia mengatakan, "Azab kubur itu didengar oleh semua binatang."

Ilustrasi makam/kuburan

Photo :
  • southfloridadaily.com

Pendapat yang menyebut bahwa semua binatang bisa mendengar siksa kubur juga diperkuat dengan hadits shahih yang diriwayatkan Hannad bin As-Sirri dalam kitabnya, Az-Zuhd, dari Aisyah RA yang mengatakan,

"Ada seorang wanita Yahudi masuk menemuiku, lalu menyebut soal azab kubur. Saya mendustakannya. Lalu masuklah Rasulullah kepadaku, dan saya ceritakan hal itu. Maka Nabi SAW bersabda, 'Demi Allah Yang menggenggam jiwaku, sesungguhnya mereka diazab dalam kubur mereka, sehingga semua binatang mendengar suara mereka.'"

Adapun, dalam hadits yang diriwayatkan dari Ibnu Mas'ud disebutkan, binatang ternak bisa mendengar siksa kubur. Sebagaimana Rasulullah SAW bersabda:

"Sesungguhnya para mayit (yang buruk amalnya) akan disiksa di dalam kuburnya sehingga binatang-binatang ternak mendengar suara mereka." (HR Ath-Thabrani dalam al-Kabiir dan dishahihkan Al-Albani dalam Shahih At-Targhib wa At-Tarhib)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya