Tersedia di Indonesia, X atau Twitter Rilis Dua Paket Premium Baru

X, logo Twitter yang baru.
Sumber :
  • GSM Arena

Jakarta – Platform media sosial X yang dikenal sebagai Twitter, sebelumnya telah mengumumkan pada hari Selasa, 17 Oktober 2023, bahwa mereka sedang menguji coba model langganan di mana mereka akan membebankan biaya kepada pengguna baru sebesar US$1 atau setara dengan kurang lebih Rp16 ribu per tahun untuk menggunakan fitur-fitur dasar plaform tersebut.

Harta Kekayaan Elon Musk Lenyap Rp 45 Triliun dalam Sekejap, Ini Penyebabnya

Kini, resmi rilis dua paket langganan baru. Hal ini diumumkan oleh perusahaan lewat akun X dengan handle @premium. Kedua paket Twitter itu meliputi langganan Basic dan Premium Plus. Paket ini melengkapi Premium yang sudah ada sebelumnya di X Twitter.

Logo baru Twitter, X.

Photo :
  • Elon Musk
The Reasons Why Elon Musk Postpones India Visit

Hadirnya dua paket premium baru X Twitter juga diumumkan oleh Elon Musk. Menurut Musk, paket termurah yaitu paket Basic menawarkan sejumlah fitur premium yang ada di paket Twitter lebih mahal, tetapi masih disertai iklan. Selain masih diselipi iklan, paket Basic juga tidak dilengkapi verifikasi centang biru atau alat monetisasi bagi kreator.

Sementara paket Premium Plus hadir dengan aneka fitur premium dan tanpa iklan sama sekali. Fitur-fiturnya bisa dibilang paling lengkap dibanding paket lain yang ada di X Twitter. Paket Basic dibanderol seharga 3 dollar AS atau setara dengan Rp 47.800 per bulan.

Elon Musk Kirim 'Surat Cinta' untuk Pengguna Baru X

Dengan harga tersebut, pengguna bisa mendapat fitur edit posting, bisa posting dengan jumlah karakter yang lebih banyak, membatalkan posting, mengunggah video dengan durasi lebih lama, memutar video di background, dan bisa men-download video.

Sementara paket Premium Plus menawarkan fitur yang lebih lengkap, termasuk fitur yang ditawarkan paket Basic di atas, kemudian ditambah tidak ada iklan termasuk di tab "For You" dan "Following", serta kemampuan boost pada balasan (reply) postingan yang lebih besar dibanding paket lainnya. Harga paket Premium Plus dibanderol 16 dollar AS atau setara dengan Rp 255.000 per bulan.

Selain opsi bulanan, pengguna juga bisa berlangganan paket Basic maupun Premium Plus dengan opsi langganan tahunan. Semua opsi ini bisa dibeli pengguna lewat situs web X Twitter atau aplikasi langsung di ponsel.

Hadirnya dua paket berbayar baru X Twitter sendiri merupakan upaya Elon Musk untuk memonetisasi layanan mikroblog tersebut. Sebelumnya, X Twitter sudah menyediakan opsi langganan yang disebut paket Premium.

Paket ini menawarkan sejumlah fitur, termasuk centang biru, prioritas saat membalas postingan, DM terenkripsi dan lain-lain. Paket Premium ini dibanderol dengan harga Rp 165.000 per bulan.

Nah, dengan hadirnya paket Premium Plus dan Basic, maka total paket langganan yang ditawarkan X Twittter saat ini, adalah tiga paket, meliputi paket Basic, Premium dan Premium Plus.

Harga paket Basic dan Premium Plus X Twitter di Indonesia

X, logo Twitter yang baru.

Photo :
  • GSM Arena
  • Harga paket Basic bulanan - Rp 33.750 per bulan
  • Harga paket Basic tahunan - Rp 357.143 per tahun
  • Harga paket Premium Plus bulanan - Rp 180.000 per bulan
  • Harga paket Premium Plus tahunan - Rp 1.875.000 per bulan
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya