10 Cara Memaksimalkan Fitur Tersembunyi di Android

Logo Android.
Sumber :
  • REUTERS/Dado Ruvic/Illustration

VIVA.co.id – Perangkat smartphone berbasis Android telah menjadi bagian dari masyarakat sebagai alat komunikasi, ketimbang produk smartphone lainnya. Menyadari hal tersebut, Google memberikan tips-tips jitu guna memaksimalkan potensi Android dalam kegiatan sehari-hari masyarakat.

10 Game Sepakbola Offline

Tips yang diberikan oleh Google ini tidak hanya bagi kalangan pemula, melainkan juga untuk pengguna yang sudah lama menggunakan Android. Seringkali pengguna tak menyadari adanya kejutan fitur-fitur baru yang bermunculan pada handset mereka di sepanjang waktu.

"Tips yang dipilih untuk bagian ini adalah sederhana, namun bermanfaat untuk semua orang. Dari mereka yang baru beradaptasi sampai ke konsumen terbaru, semua orang dapat menggunakan ini untuk menciptakan pengalaman Android lebih efisien dan menuai keuntungan dari gaya hidup ponsel pintar. Tips ini semuanya sederhana," ujar Head of Corporate Communication Google Indonesia Jason Tedjasukmana lewat siaran persnya, Minggu, 27 Maret 2016.

4 Sistem Operasi Ponsel Penantang Android dan iOS

Setidaknya ada 10 tips yang disuguhkan oleh Google terkait cara menggali keuntungan pada ponsel pintar berbasis Android ini. Berikut 10 tips terbaik untuk memaksimalkan Android Anda.

Jangan sampai kehabisan data

India Siap Bikin Sistem Operasi untuk Saingi Android dan iOS

Seringkali jika sudah dimanjakan oleh berbagai layanan yang ada di Android maka pengguna terlena dan lupa akan kuota data. Hal itu akan membuat pengguna merasa kalau kuota data cepat habis sehingga tagihan membengkak.

Google menyebutkan, ada pelacak data yang terpasang pada ponsel Android yang memungkinkan pengguna dapat lebih memantau penggunaan datanya. Caranya, pilih menu pengaturan, lalu klik penggunaan data. Pelacak data ini dapat disesuaikan dengan siklus penagihan Anda.

Bijaksana terhadap apa yang Anda sebarkan

Ketahui aplikasi apa saja di ponsel Anda yang menggunakan informasi bersifat personal. Jangan telat mengetahui bahwa foto-foto dan musik pilihan Anda telah dibagikan kepada publik, kecuali Anda menginginkannya.

Pilih menu pengaturan dan pilih pengaturan aplikasi guna memilih aplikasi tertentu yang seharusnya dapat menampilkan Anda sebuah daftar perizinan dan apa yang mereka maksud. Pada versi terbaru Android, Anda dapat mendapatkan lebih banyak kontrol terhadap informasi apa saja yang dibagikan dengan aplikasi yang diinstal. Misalnya, membagikan foto tetapi tidak membagikan lokasi Anda berada.

Biarkan baterai Anda bertahan

Jika ada mode hemat baterai maka baiknya diaktifkan secara otomatis, utamanya ketika persentase daya baterai rendah, seperti memasuki 15 persen atau 5 persen. Trik sederhana ini akan memberikan Anda ekstra satu jam atau lebih dari daya aktif baterai, saat sedang tidak ada charger.

Ponsel adalah Anda

Google mengatakan, hal yang keren sebagai pengguna Android, yaitu pengguna dapat membuat perangkatnya itu menyesuaikan kebutuhan sang tuan. Semuanya dapat diorganisasi dengan aplikasi yang sering digunakan melalui app launcher atau Google Now Launcher.

OK Google!

Saat sudah tersentuh dengan Android, berbagai layanan dan aplikasi Google telah disematkan, seperti Gmail, Calender, Foto, dan lainnya dapat berjalan mulus sesuai perintah pengguna. Apabila dirasa kurang maka gunakan OK Google!, sebuah voice assistant yang semakin memudahkan penggunanya soal yang diinginkan pada ponselnya.

Akses cepat ke pengaturan

Ingin menghentikan suara deringan yang mengganggu? Atau butuh senter dalam keadaan darurat? Hanya geser layar Anda dari atas ke bawah, menu pengaturan cepat akan muncul di layar. Ini adalah alat dasar untuk menavigasi ponsel.

Baca lebih baik dan lebih cepat, lebih pintar

Pada versi Android Marshmallow ada fitur bernama Google Now on Tap. Fitur itu akan berfungsi ketika diketuk pada apapun yang Anda baca dan pencarian instan Google akan menyelesaikannya.

Jika tidak memiliki Android versi terbaru, Anda tetap bisa melakukan pencarian frase yang dipilih di Chrome. Cukup sorot kata-kata yang ingin Anda cari dan jendela kecil akan muncul di bagian bawah layar ponsel Anda. Ketuk dan pencarian akan mulai secara instan! Jika fitur ini tampak mengganggu, non-aktifkan dengan pilih Pengaturan> Pribadi> Sentuh ke Pencarian.

Kendalikan pengaturan standar Anda

Perangkat Android selalu menanyakan ketika pengguna melakukan sesuatu ataupun sebaliknya. Langkahnya, Anda perlu mengatur standar yang diinginkan dengan pilih pengaturan untuk aplikasi standar apapun dan klik ‘Hapus Standard’. Beberapa ponsel sebenarnya memiliki menu ‘Aplikasi Standard’, yang mendaftarkan semua standar di ponsel Anda.

Singkirkan aplikasi yang tidak diinginkan

Acap kali ponsel terisi penuh dengan berbagai aplikasi dan sebagiannya tak terpakai. Sebaiknya hapus aplikasi yang tak dipakai lagi. Kunjungi pengaturan aplikasi pada perangkat Anda dan ketuk aplikasi yang ingin disembunyikan atau disingkirkan.

Bertindak seperti seorang developer

Jika ingin ponsel Anda berfungsi pada kecepatan yang lebih cepat, tinggal aktifkan opsi developer saja. Untuk melakukan hal ini, kunjungi tab ‘tentang ponsel ini’ dalam pengaturan. Anda akan diarahkan ke bagian yang disebut ‘Nomor’. Ketuk tujuh kali dan saat itu juga, Anda memiliki perangkat developer.

Sebuah bagian baru akan muncul di menu ‘Tentang’ yang disebut opsi ‘Developer’. Ada beberapa bagian di sini yang jika diubah, itu bisa membantu mempercepat ponsel Anda di menu ini.

Apabila Anda memilih untuk menurunkan ‘Hiburan Skala Window’, ‘Skala Transisi Animasi’ dan ‘Animator durasi skala’ -untuk .5X atau lebih rendah, ini akan mempercepat ponsel Anda.

"Hal ini dapat dilakukan dengan mengurangi waktu yang dihabiskan untuk menggerakkan transisi antara jendela dan aplikasi. Secara visual, ini akan membuat hal-hal sedikit lebih berombak ketika melakukan transisi antar jendela. Hanya jangan lupa, Anda selalu dapat mengembalikan ini ke pengaturan asli," tutur Jason. (ms)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya