Sistem Operasi BlackBerry Besok Mati

BlackBerry KEYone Limited Edition Black.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Lazuardhi Utama

VIVA – Sistem operasi (OS) BlackBerry yang berjalan di ponsel lama akan mati pada Selasa, 4 Januari besok. Hal tersebut membuat pengguna ponsel bertanya-tanya soal ponsel BlackBerry yang menggunakan Android.

iOS 17.4.1 Segera Hadir, Pengguna iPhone XR ke Atas Aman

Seperti dikutip dari laman Express, Senin, 3 Januari 2022, ponsel BlackBerry yang berjalan dengan sistem operasi Android tentu tidak akan terdampak.

Perangkat yang terpengaruh adalah yang menggunakan BlackBerry 7.1 atau lebih lama, BlackBerry 10, serta OS Tablet PlayBook.

Unik Banget, Istri Denny Sumargo Ngidam Strawberry Rp100 Ribu hingga Berlian

Jadi, jika ada yang mengandalkan perangkat dengan sistem operasi tersebut maka akan mengalami masalah saat melakukan panggilan telepon, mengirim pesan teks, menelepon layanan darurat, hingga mengakses data.

Perangkat yang menjalankan BlackBerry 10 akan menjadi ponsel terbaru yang terpengaruh. Sistem operasi ini diluncurkan kembali pada 2013. Sementara BlackBerry 7.1 dan OS tablet PlayBook memulai debutnya di 2011.

Tidak Ada Sistem Operasi yang Paling Aman

"Kami berterima kasih kepada seluruh pelanggan dan mitra yang sudah setia selama bertahun-tahun. Kami mengundang Anda untuk mempelajari lebih lanjut tentang bagaimana BlackBerry menyediakan perangkat lunak dan layanan keamanan cerdas untuk perusahaan dan pemerintah di seluruh dunia," demikian keterangan resmi BlackBerry.

BlackBerry yang berjalan dengan sistem operasi Android antara lain model KeyOne dan Key2, diproduksi oleh TCL asal China. Bahkan, TCL membeli izin untuk merk ponsel BlackBerry dan merilis kedua ponsel tersebut.

Meskipun tidak terdampak pada 4 Januari nanti, TCL sebetulnya sudah menghentikan produksi Blackberry sejak 2020. Mereka hanya mendukung perangkat yang sudah ada sampai Agustus 2022.

Perusahaan rintisan atau startup bernama OnwardMobility kemudian mengambil alih lisensi untuk ponsel BlackBerry.

Beberapa waktu lalu, mereka pernah mengumumkan akan merilis ponsel BlackBerry pada pertengahan 2021. Tapi, hingga tahun berganti, ponsel yang dimaksud tidak pernah keluar.

BlackBerry mengumumkan sistem operasi BlackBerry 10, Blackberry 7.1 dan versi yang lebih lama tidak bisa dipakai untuk menelepon, mengirim SMS dan memanggil nomor darurat 911.

Jaringan internet dan WiFi pun tidak bisa benar-benar berfungsi setelah 4 Januari. Dengan kata lain, BlackBerry OS mati atau tidak bisa digunakan lagi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya