02-05-1933: Monster Loch Ness Bikin Geger Skotlandia

Foto monster Loch Ness di tahun 1933.
Sumber :
  • Wikipedia

VIVA.co.id – Hari ini 84 tahun silam. Monster yang berasal dari Danau Loch Ness, Skotlandia, tiba-tiba muncul. Keberadaan monster ini terus menjadi misteri, bahkan hingga kini.

Penampakan Monster Loch Ness Terekam Selama 10 Menit

Makhluk hidup yang belum dapat terindetifikasi itu konon adalah makhluk zaman prasejarah yang hidup bersama dinosaurus tetapi lolos dari kepunahan dan masih bertahan hidup hingga saat ini. Diperkirakan panjangnya sekitar 5-12 meter.

Danau Loch Ness terletak di Skotlandia bagian utara. Danau ini termasuk salah satu danau terbesar di Skotlandia, hanya kalah besar dibanding Loch Lomond. Panjangnya 36,3 kilometer dan lebarnya 2,7 kilometer dengan kedalaman hingga 132 meter.

Monster Loch Ness Terlihat Delapan Kali di 2017

Mengutip situs History, beberapa saksi mata yang mengaku pernah melihat makhluk hidup ini mendeskripsikan Nessie - sebutan Monster Loch Ness - berleher panjang dengan punuk di punggungnya mirip dinosaurus.

Para ilmuwan Monster Loch Ness menemukan selusin referensi mengenai Nessie dalam sejarah Skotlandia, yang berawal dari biografi Saint Columba pada 565 Masehi berjudul "Life of St Columba" karya Adamnan.

Skotlandia Izinkan Polwan Berjilbab

Columba adalah seorang rohaniwan Irlandia yang menolong orang-orang Suku Pict atau penduduk Skotlandia Kuno yang mendadak diserang makhluk air raksasa saat berlayar di Danau Loch Ness.

Kabarnya, dengan merapal doa dari daratan, St Columba berhasil mengusir monster tersebut. Sejak saat itu, tidak ada penjelasan lagi. Isu kemunculan Nessie kembali ramai diberitakan pada 1933.

Ketika itu, muncul foto hitam putih bertajuk "Surgeon’s Photo" hasil jepretan seorang dokter bedah terkemuka Robert Kenneth Wilson.

Ia menunjukkan foto penampakan diduga kepala dan sebagian leher dari Plesiosaurus, dinosaurus reptil berleher panjang yang dinyatakan punah 60 juta tahun lalu, kemudian disebut Loch Ness. Sejak itu hingga beberapa dekade kemudian, eksistensi Monster Loch Ness dipercaya keberadaannya.

Beberapa ekspedisi ilmiah modern sejak 1967-2000 telah dilakukan oleh sejumlah institusi terkenal, termasuk British Broadcasting Corporation (BBC) di sekitar perairan Danau Loch Ness.

Namun, tidak satu pun yang membuahkan hasil. Bahkan saking penasarannya tentang keberadaan Nessie, seorang penulis buku asal Inggris, William Hill, pada 4 Juni 2007, menawarkan hadiah 1 juta poundsterling bagi siapa saja yang bisa menyajikan bukti konklusif tentang keberadaannya.

Akhirnya, keberadaan Loch Ness dinyatakan bohong belaka. (mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya