Spesies Baru Laba-laba Ini Dinamai Bob Marley

Laba-laba itu dinamai Bob Marley, Desis bobmarleyi.
Sumber :
  • www.sci-news.com/Robert Roven

VIVA – Ilmuwan telah menamai spesies khusus laba-laba laut dengan nama yang unik. Spesies laba-laba yang muncul saat air surut di Australia dinamai dengan nama legenda musik reggae, Bob Marley. Laba-laba itu dinamai Desis bobmarleyi.

Begini Penampakan Beruang Hasil Perkawinan Silang Antarspesies

Ilmuwan menyematkan nama Bob Marley pada spesies laba-laba karena teringat dengan lagu legenda musik tersebut yang berjudul ‘High Tide or Low Tide’. 

"Lagu ‘High Tide or Low Tide’ pada 1973 mempromosikan cinta dan persahabatan melalui semua perjuangan hidup," jelas salah satu penulis studi spesies laba-laba itu, Barbara Baehr dikutip dari Infosurhoy, Rabu 27 Desember 2017.

Geger Penemuan Ular Spesies Baru, Kelaminnya Dua dan Nonjol Keluar

Selain itu, Baehr mengungkapkan, lagu Bob Marley itu mengiringi tim peneliti saat berkunjung ke Pelabuhan Douglas di pesisir Queensland, Australia untuk mengumpulkan laba-laba unik tersebut.

Riwayat penemuan laba-laba Bob Marley itu memang panjang. Laba-laba tersebut ditemukan pada Januari 2009 saat laut di sepanjang Pantai Queensland surut, kemudian memunculkan populasi laba-laba yang beradaptasi dengan air. 

Geger Penemuan Tengkorak Kuno Jenis Spesies Manusia Baru

Ilmuwan kemudian mengidentifikasi spesies itu sebagai spesies baru laba-laba dan dengan cepat diasosiasikan dengan lagu Bob Marley tersebut. Studi laba-laba tersebut telah diterbitkan dalam Jurnal Evolutionary Systematics. 

Dalam studinya, peneliti mengambil sampel laba-laba Bob Marley jantan dan betina. Spesies ini dikumpulkan dari otak karang pada malam hari delapan tahun lalu. 

Baehr mengatakan spesies ini telah menyesuaikan diri dengan kehidupan bawah laut dengan bersembunyi di kerang maupun karang. 

"Untuk bernafas, mereka membangun ruang udara dari sutra mereka. Begitu air laut surut, mereka keluar dan berburu invertebrata kecil yang mengelilingi permukaan batu, karang dan tanaman di dekatnya," jelas Baehr yang merupakan peneliti dari Museum Queensland. 

Kedua jenis kelamin laba-laba ini dicirikan dengan warna merah-coklat yang dominan. Kaki spesies ini berwarna coklat orange dan dilindungi dengan lapisan padat panjang dan tipis serta struktur mirip rambut berwarna abu-abu gelap.

Untuk betina, Baehr menjelaskan, berukuran lebih besar. Pada spesimen yang dipelajari ukurannya hampir 9 mm, untuk jantan panjangnya 6 mm. 

Peneliti sejauh ini belum mengetahui persis di mana asal populasi laba-laba Bob Marley ini. Tapi peneliti meyakini, spesies baru laba-laba ini hidup di zona Great Barrier Reef di pantai timur Queensland. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya