Begini Penampakan Beruang Hasil Perkawinan Silang Antarspesies

Pizzly Beruang Hasil Perkawinan Silang
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta – Salah satu hewan paling aneh hasil hibridisasi atau perkawinan silang dari populasi spesies berbeda ialah Pizzly bear atau beruang pizzly. Di tengah meningkatnya krisis iklim dan perubahan suhu global yang cepat, rupanya terjadi peningkatan populasi beruang Pizzly atau juga sering disebut beruang grolar.

Viral Terekam Panda Duduk Santai Layaknya Manusia

Beruang Pizzly ialah hasil unik dari persilangan antara beruang kutub dan beruang grizzly. Kendati fenomena ini telah lama dikenal, jumlah dari beruang pizzly terlihat semakin banyak di wilayah Arktik.

Pizzly Beruang Hasil Perkawinan Silang

Photo :
  • Istimewa
Geger Penemuan Ular Spesies Baru, Kelaminnya Dua dan Nonjol Keluar

Dilansir dari Insider, Selasa, 14 November 2023, beruang pizzly pertama kali ditemukan di alam liar pada 2006. Seorang ahli biologi dari Universitas Vanderbilt, Larisa DeSantis menjelaskan akibat perubahan iklim, beruang grizzly semakin banyak bergerak ke utara untuk mencari habitat yang lebih dingin.

Hal ini juga membuat pertemuan antara beruang grizzly dan kutub semakin sering terjadi.

Momen Langka! Bayi Beruang Hitam Himalaya Berhasil Lahir di Bali Safari 

"Kami telah mengetahui tentang beruang pizzly selama beberapa tahun, tetapi keberadaan mereka semakin umum seiring berlanjutnya pemanasan Arktik," kata DeSantis.

Ketika awalnya ditemukan di alam liar, beruang pizzly membingungkan seorang pemburu di Kanada bagian utara. Beruang ini memiliki bulu putih dengan bercak cokelat, serta punggung bungkuk dan cakar panjang yang merupakan ciri khas beruang grizzly. Melalui pengujian DNA, ternyata beruang ini adalah hasil perkawinan silang atau hibridisasi.

Dari waktu ke waktu, penampakan beruang pizzly semakin umum. Studi tahun 2017 yang diterbitkan dalam jurnal Arctic mendokumentasikan delapan beruang pizzly yang merupakan keturunan dari satu beruang kutub betina yang kawin dengan dua beruang grizzly yang berbeda.

Beruang kutub, yang sebagian besar mencari makanan dengan berburu anjing laut di atas es laut, semakin kesulitan karena terus menurunnya luas es laut. Ini berdampak pada ketersediaan makanan mereka, dan mereka harus mencari sumber makanan alternatif.

Di dalam beberapa kasus, beruang kutub dan beruang grizzly bahkan terlihat berdekatan dengan bangkai paus, yang mendorong mereka untuk melakukan perkawinan secara opportunis.

Pizzly Beruang Hasil Perkawinan Silang

Photo :
  • Istimewa

Kemudian, DeSantis juga menjelaskan bahwa meskipun persilangan antara beruang kutub dan grizzly tidak selalu menghasilkan keturunan yang lebih kuat daripada spesies aslinya, beberapa keturunan dapat menjadi lebih kuat dalam kondisi lingkungan yang berubah.

Hal ini merupakan contoh menarik tentang bagaimana perubahan iklim dapat memengaruhi ekosistem dan evolusi hewan-hewan liar.

Fenomena ini memunculkan banyak pertanyaan dan perlu penelitian lebih lanjut untuk memahami sejauh mana beruang pizzly akan beradaptasi dan bertahan di lingkungan yang semakin berubah ini.

Dikutip dari Livescience, selain beruang pizzly, hewan-hewan hasil hibridisasi lainnya, antara lain monyet misteri atau mystery monkey (persilangan antara bekantan dan lutung perak), liger (persilangan antara singa jantan dan harimau betina), burung manakin bermahkota emas (persilangan manakin yang tertutup salju dan manakin mahkota opal), dan dogixm (hibrida rubah-anjing).

Hewan aneh lainnya hasil perkawinan silang, yakni narluga (hibrida beluga-narwhal), coywolf (persilangan serigala, anjing, dan anjing hutan), sturddlefish atau ikan kokoh memiliki (persilangan ikan sturgeon Rusia dan ikan paddlefish Amerika), dan wolphins (persilangan lumba-lumba dengan paus).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya