Peluncuran Aplikasi Belajar Kelola Sampah PAUD  

Sampah.
Sampah.
Sumber :

VIVA – Kemendikbudristek memberikan fasilitasi dalam pengembangan kurikulum kepada Yayasan Assolahiyah Kabupaten Karawang.

Salah satu kampus Yayasan Assolahiyah, yakni TK Alam Al-Firdaus, baru saja meluncurkan aplikasi Belajar Kelola Sampah untuk pendidikan anak usia dini (PAUD) di Desa Muktijaya, Kecamatan Cilamaya Kulon, Karawang, Jawa Barat, (14/10).

Pada acara peluncuran, Kepala TK Alam Al-Firdaus Siti Marini mengatakan bahwa aplikasi Belajar Kelola Sampah merupakan inovasi sekolah yang didukung oleh Program Pendidikan Lingkungan untuk Anak (PELITA). 

PELITA adalah bagian dari program tanggung jawab sosial perusahan (Corporate Social Responsibility) PT Pertamina EP pada bidang pendidikan berbasis lingkungan ini untuk anak-anak usia dini (3-5 tahun). Tujuannya agar anak lebih mencintai lingkungan, salah satunya dengan tidak buang sampah sembarangan.

Lebih membanggakan lagi, ungkap Siti, aplikasi Belajar Kelola Sampah ini merupakan yang pertama di Karawang, bahkan di Indonesia.

“Ini bisa jadi contoh bagi lembaga pendidikan yang lain untuk mereplikasi metode pengelolaan sampah bagi anak-anak,” tutur Siti di sela peluncuran aplikasi di Desa Muktijaya, Kecamatan Cilamaya Kulon, Karawang, Jawa Barat, dalam keterangan persnya di laman kemendikbud.go.id.

Melalui aplikasi ini, anak-anak diperkenalkan kepada jenis-jenis sampah organik dan nonorganik, berikut gambar animasinya, sehingga memudahkan anak untuk menangkap pesan yang disampaikan dalam aplikasi tersebut.