AIPI: Indonesia Peringkat ke 52 dari 54 Negara di Bidang Bioteknologi

Ilustrasi Bioteknologi
Sumber :

VIVA –  Anggota Komisi Ilmu Kedokteran Akademi Ilmu Pengetahuan Indonesia (AIPI) Prof. Sangkot Marzuki menuturkan Indonesia di bidang bioteknologi sangat tertinggal dari negara lain.

Pandemi COVID-19 Sadarkan Indonesia akan Peran Penting Bioteknologi

"Kita semua menyadari bahwa Indonesia sangat tertinggal dalam sektor bioteknologi. Global Biotechnology Innovation Scorecard di tahun 2019 menunjukkan bahwa sektor bioteknologi Indonesia hanya menempati posisi ke-52 dari 54 negara," kata Prof. Sangkot dalam acara "Pfizer Biotech Fellowship Awards Ceremony" yang diikuti di Jakarta, Selasa (23/11).

Ketertinggalan ini salah satunya disebabkan kurangnya dukungan terhadap kemajuan sains, teknologi dan inovasi di Indonesia.

Indonesia Kekurangan Startup Bioteknologi

"Penyebabnya kompleks dan multidimensional. Pada dasarnya ekosistem penelitian kita jauh dari mendukung perkembangan sains, teknologi serta inovasi termasuk perkembangan bioteknologi secara umum dan bioteknologi kesehatan secara khusus," katanya.

Pihaknya pun mendorong digelarnya pelatihan-pelatihan peningkatan kapasitas bagi para dosen dan peneliti di bidang bioteknologi kesehatan karena dapat memberikan masukan pada kebijakan publik di sektor bioteknologi kesehatan.

Bioteknologi Bisa Menguntungkan Indonesia

"Pelatihan capacity building untuk para dosen dan peneliti di bidang bioteknologi kesehatan sebagai upaya peningkatan kapasitas sumber daya penelitian telah memungkinkan dosen dan peneliti beberapa perguruan tinggi untuk berdiskusi mengenai kebijakan publik dalam pengembangan bioteknologi kesehatan," katanya. (ant)
 

Tanoto Foundation dan Akademi Ilmu Pengetahuan Indonesia (AIPI)

Dosen dan Peneliti Siap-siap Mendapat Sumbangan Penelitian

 Penelitian menjadi salah satu penopang ekonomi dan daya saing bangsa.

img_title
VIVA.co.id
13 April 2023