Mengetahui Pantangan Asam Urat, Ini Akan Menolong Mu!

Pantangan Makanan Asam Urat
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Pantangan asam urat, penyakit asam urat merupakan penyakit peradangan pada sendi yang disebabkan oleh tingginya kadar asam urat atau istilah lainnya adalah kelebihan uric acid pada tubuh. Penyebab asam urat tinggi terdapat banyak faktor, salah satunya adalah makanan yang sering di konsumsi.

5 Tips Puasa Aman dan Lancar Bagi Penderita Asam Lambung, Dijamin Kuat Seharian

Penderita asam urat sebaiknya menghindari berbagai makanan yang menjadi pantangan bagi penyakit asam urat, hal ini untuk mencegah kambuh nya kembali asam urat di waktu mendatang.

Pantangan Asam Urat kategori makanan

Berbahaya, Ini 4 Makanan dan Minuman yang Tidak Boleh Dikonsumsi Bareng Apel

Keadaan normal, asam urat di proses oleh ginjal dan dikeluarkan oleh tubuh melalui urine. Jika kadar asam ura berlebih dan ginjal tidak mampu mengeluarkan asam urat dengan baik, maka akan terjadi suatu penumpukan asam urat yang nantinya akan mengakibatkan pembentukan kristal di daerah sendi badan. Kristal urat ini yang menyebabkan timbulnya gejala asam urat pada manusia.

Penyebab asam urat biasanya penderita banyak mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung purin. Banyaknya purin yang di konsumsi, maka banyak juga asam urat terbentuk dan ginjal mengalami kelelahan pada proses pembuangan nya melalui urine.

5 Pantangan yang Harus Dihindari Selama Bulan Ramadhan

Penderita asam urat sedapat mungkin harus menghindari asupan makanan yang mengandung purin, alasan ini untuk mengurangi risiko kambuh pada masa mendatang. Sebuah makanan yang mengandung purin tinggi, biasanya memiliki kadar purin lebih dari 200 mg per 100 gram berat makanan.

Makanan yang mengandung purin yang sedang berada di rentang 100-200 mg purin per 100 gram berat makanan. Daftar makanan yang mengandung purin sedang hingga tinggi yang menjadi pantangan bagi penderita asam urat, sebagai berikut;

  1. Daging merah dan Putih

Sumber makanan yang memiliki rupa daging merah, seperti daging pada sapi, domba dan kambing serta daging putih tertentu meliputi daging entok, burung puyuh, kelinci, kalkun dan angsa dapat menjadi penyebab timbulnya penyakit asam urat. Jenis makan ini memiliki kandungan purin sedang atau berada di atas 100 mg per 100 garam daging mentah.

  1. Daging Olahan

Makanan yang telah diolah dari daging segar juga harus dihindari bagi penderita asam urat, produk daging olahan, seperti salami atau ham juga termasuk ke dalam makanan yang dapat memicu asam urat untuk kambuh. Makanan ini mengandung 100 gram, salama diketahui mengandung 120,4 mg purin, sedangkan ham mengandung 138,3 mg purin.

Daging olahan ini mengandung juga mengandung  lemak jenuh yang tinggi. Konsumsi makanan banyak lemak dapat memicu kenaikan berat badan. Ketika kelebihan badan biasa di dalam dunia medis disebut sebagai obesitas, tubuh akan lebih banyak menghasilkan banyak insulin yang akan mengganggu kinerja ginjal dalam membuang asam urat.

  1. Makanan Laut / Seafood

Makanan laut juga memiliki beberapa jenis nya yang menyebabkan sama urat seperti kerang, teri, dan udang yang memiliki kadar purin cukup tinggi. Ikan sarden, ikan makarel, dan ikan herring juga termasuk demikian. Dari jenis makanan laut yang telah disebutkan, ikan teri kering menjadi makanan yang mengandung purin tertinggi, yaitu mencapai 1.108,6 mg per 100 gram, sedangkan ikan sarden segar mengandung 210,4 mg.

Makanan laut yang dijelaskan merupakan pantangan dan perlu dihindari oleh penderita penyakit asam urat. Tetapi tidak semua makanan laut sebisa mungkin dihindari oleh penderita asam urat. Tetapi penderita masih dapat mengkonsumsi jenis ikan yang mengandung purin rendah, seperti ikan salmon.

  1. Jeroan

Jeroan atau organ tubuh yang terdapat di dalam hewan seperti ati, jantung, dan ampela termasuk juga ke dalam makanan sam urat yang tinggi. Selain tiga bagian tersebut, penderita asam urat juga harus menghindari bentuk jeroan lain seperti babat, limpa, otak, paru dan usus. Hal ini dikarenakan jeroan mengandung sangat tinggi purin yang harus dan wajib dihindari oleh penderita asam urat.

Kandungan purin yang terkandung di dalam jeroan contohnya sebagai berikut, hati ayam per 100 gram mengandung 312,2 mg purin dn dapat di kategorikan sebagai makanan dengan kadar purin sangat tinggi, sementara dalam 100 gram hari sapi sebesar 219, 8 mg purin.

  1. Minuman manis

Minuman yang mengandung pemanis buatan, seperti soda atau pemanis alami dan jus buah tidak lah mengandung purin. Tetapi, jenis minuman tersebut mengandung fruktosa yang tinggi, seperti gula yang berasal dari sirup jagung. Tubuh akan memecah fruktosa da menghasilkan purin, hal ini yang menjadikan minuman ini merupakan pantangan bagi penderita asam urat.

Risiko asam urat tinggi akan naik sekitar 85 persen pada pria khususnya jka meminum lebih dari dua porsi soda per hari.

  1. Minuman beralkohol

Minuman beralkohol seperti bir dan minuman beralkohol lainnya menjadi bagian yang perlu dihindarkan juga oleh penderita asam urat. Di laman hellosehat, melampirkan penjelasan penelitian yang dilakukan oleh Boston University School of Medicine menemukan sebuah fakta bahwa banyak mengkonsumsi minuman yang mengandung alkohol, maka akan semakin besar risiko untuk mengalami asam urat.

Penyebab alkohol yang dapat meningkatkan kadar asam urat dalam tib ini sebenarnya belum dapat dipahami sepenuhnya. Meski beberapa jenis minuman yang mengandung alkohol mengandung purin tinggi, tetapi kandungannya tak setinggi pantangan makanan lainnya.

Alkohol juga sering ditanggapi dapat mengurangi kinerja tubuh dalam mengeluarkan asam urat.

Hal lain yang menjadi pantangan asam urat 

Selain makanan, beberapa hal lain juga menjadi hal yang perlu dihindari oleh penderita asam urat. Berikut pantangan lain yang perlu dihindari oleh penderita asam urat;

  1. Minum obat tanpa resep dokter
    Meminum obat tertentu seperti aspirin dan obat diuretik adalah pantangan bagi penderita asam urat. Sebab, kedua obat tersebut dapat meningkatkan kadar asam urat di dalam Tubuh. Sebaiknya menghindari obat tersebut dulu, kecuali jika sudah mendapat saran dan direkomendasi kan oleh dokter untuk bisa meminumnya.
  2. Dehidrasi
    Kekurangan cairan dapat meningkatkan kadar asam urat dalam tubuh. Pasalnya, kekurangan cairan dapat mengurangi pembuangan asam urat melalui urine dan menumpuk di dalam tubuh.
  3. Malas Gerak
    Malas bergerak atau tidak melakukan olahraga menjadi pantangan bagi penderita asam urat. Hal ini dapat menstimulus peningkatan berat badan, karena berat badan dapat meningkatkan risiko serangan asam urat.

Nah sudah tahu bukan, pantangan asam urat yang harus diperhatikan sungguh-sungguh oleh penderitanya. Semoga bermanfaat dan kamu tetap selalu sehat ya!

Refluks asam lambung, sakit lambung, gerd

5 Makanan yang Tidak Boleh Dikonsumsi oleh Penderita Asam Lambung, Apa Saja?

Asam lambung adalah kondisi medis yang terjadi ketika cairan asam lambung naik ke kerongkongan, menyebabkan sensasi terbakar yang tidak menyenangkan di bagian dada.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024