Panji Petualang Ngeluh Sakit di Seluruh Tubuh, Heru Gundul Sebut Penyebabnya Bukan Diabetes

Panji Petualang dan Dedi Mulyadi
Sumber :
  • Tangkapan Layar: YouTube

JAKARTA – Panji Petualang yang dikenal sebagai pawang ular beberapa waktu belakangan sudah jarang tampil di layar televisi karena kondisi kesehatannya yang menurun. Terutama, setelah Panji mendapat gigitan ular kobra yang membuatnya hampir kehilangan nyawa.

Betharia Sonata Dikabarkan Masuk Rumah Sakit Lantaran Stroke, Willy Dozan Setia Dampingi

Badan Panji Petualang pun semakin kurus dan wajahnya terlihat sangat pucat. Namun pemilik nama asli Muhammad Panji itu mengaku kondisinya saat ini disebabkan karena penyakit diabetes yang diidapnya. Scroll lebih lanjut ya.

Baru-baru ini, Panji Petualang bertemu dengan Heru Gundul untuk mendapatkan pijat refleksi. Panji mengaku tubuhnya kerap merasakan sakit di berbagai titik yang diduga akibat dari penyakit diabetesnya.

Bagaimana Kaitan Vaksin AstraZeneca yang Sebabkan TTS Pada Penerimanya?

Setelah menyentuh beberapa titik saraf di tubuh Panji Petualang, Heru Gundul menduga bahwa penyebab sakit yang dirasakan oleh sahabatnya itu datang dari berbagai faktor.

Sempat Hilang Kesadaran Akibat Sepsis, Chicco Jerikho Ngerasa Dikasih Kesempatan Kedua

"Angin ini, kecapekan. Makanya jangan banyak begadang," kata Heru Gundul, melansir YouTube Panji Petualang, Selasa 8 Agustus 2024.

Heru Gundul memijat bagian belakang leher Panji dan merasakan adanya ketegangan otot. Menurutnya, ketegangan otot itu lah yang membuat Panji sering merasa pusing hingga membuat badannya terasa lemas.

"Ini ketegangan otot mungkin karena sering nyut-nyutan ini. Urat-urat di sini kaku, ini yang berpengaruh supply oksigen ke otak kurang, jadi gampang kliyengan (pusing)," kata Heru.

Ilustrasi diabetes

Photo :
  • Pixabay/ tumisu

Kemudian, Heru Gundul juga memijat bagian dada Panji yang sering ia keluhkan. Dari situ, Heru Gundul kembali merasakan adanya ketegangan otot yang diduga akan menyebabkan dada terasa sesak.

Menurut Heru Gundul, tubuh yang sehat dan bugar berpengaruh pada kondisi tulang hingga saraf-saraf yang ada. 

"Kondisi tubuh kita itu semuanya berpengaruh, dari struktur tulang, urat, dan saraf, itu yang membuat tubuh kita enak apa ngga," ujar Heru Gundul.

"Jadi, ketegangan urat itu seringkali menjepit atau menekan pembuluh darah," imbuhnya.

Panji Petualang

Photo :
  • Instagram

Setelah dipijat dari kepala hingga kaki, Panji Petualang mengaku badannya terasa lebih ringan. Ia pun berterima kasih kepada Heru Gundul karena sudah membantunya mengatasi rasa sakit yang membuatnya tidak bisa tidur itu.

Sebagai orang yang sering beraktivitas di luar ruangan dengan kegiatan yang cukup ekstrim, Heru Gundul mengaku sering dipijat. Baginya, pijat menjadi salah satu cara mengatasi rasa sakit di badan karena dapat merelaksasi otot hingga tulang.

"Ada orang yang ngga percaya pijit, cuma sebenarnya percaya ngga percaya pijit itu berpengaruh buat kesehatan kita. Untuk merelaksasi urat, merelaksasi tulang, membenahi saraf. Makanya kan kalau habis pijit enteng badan kita," tandas Heru Gundul.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya