Doa Masuk Surga, Amalkan Agar Jadi Salah Satu Calon Penghuninya

ilustrasi surga
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Doa masuk surga menjadi salah satu ikhtiar umat Muslim, agar mereka masuk ke dalam golongan-golongan manusia yang diinginkan Allah SWT. Semua manusia yang hidup di muka bumi ini, pasti begitu mendambakan bisa masuk ke dalam Surga saat kembali ke kehidupan abadinya.

4 Golongan Manusia yang Haram Disentuh Api Neraka

Namun tidak mudah untuk kita seorang hambanya masuk ke dalam surga dengan cuma-cuma. Dalam kitab suci Alquran, surga digambarkan seperti sebuah taman indah dengan pemandangan yang belum pernah kita lihat sebelumnya di dunia. Saking indahnya, membuat seluruh umat manusia di dunia ingin tinggal di sana.

Ilustrasi indahnya surga.

Photo :
  • U-Report
Viral Jemaah Umrah Ini Minta Hal Tak Terduga di Depan Kabah

Tapi tunggu dulu, Anda tidak bisa begitu saja masuk ke dalam surga tanpa melakukan hal-hal yang diperintahkan oleh Allah SWT. Karena sesungguhnya, surga atau yang biasa dikenal dengan Jannah ini merupakan sebuah tempat yang luar biasa indahnya, untuk orang-orang baik dan betakwa yang dipilih Allah SWT.

Hal ini sudah jelas digambarkan dalam Alquran sebagai "kebun kesenangan" (Qur'an 31:8).  Di mana, surga itu merupakan tempat orang Muslim akan tinggal abadi. Dan mereka yang masuk ke dalam surga adalah orang-orang yang rajin beribadah, selalu berbuat baik, menjalankan perintah serta tak lupa memohon ampunan pada Allah SWT.

Dokter Zaidul Akbar Ungkap Kunci Kebahagiaan Hidup dan Resep Sehat Jiwa Raga

Selain menjalankan segala perintah dan menjauhi semua larangan-Nya, salah satu yang menjadikan umat Muslim masuk menjadi penghuni surga yakni dengan rutin membaca doa masuk surga. 

Allah SWT begitu baik dengan memudahkan jalan umat-Nya siapapun itu untuk bisa memiliki kesempatan yang sama untuk masuk dan menjadi penghuni surga. Kebaikan Allah SWT lainnya dalam memudahkan umatnya agar bisa menjadi penghuni surga yakni memberikan amalan-amalan yang dianjurkan untuk dibaca secara rutin. Salah satunya doa masuk surga.

Dengan ruti mengamalkan doa masuk surga, bisa menjadi salah satu ikhtiar umat Muslim agar bisa menjadi golongan manusia yang diinginkan kehadirannya oleh Allah SWT. 

Dikutip dari penelitian UIN SMH Banten Instutional Repository yang menunjukkan, bahwa surga adalah tempat kembali bagi orang-orang yang bertakwa, dan juga ladang kenikmatan bagi orang-orang yang patuh akan perintah- Nya dengan meneguhkan iman dan diiringi oleh amal shaleh.

Untuk itu, berikut ini ada beberapa amalan doa masuk surga yang bisa diamalkan agar terhindar juga dari siska api neraka Jahanam.

Doa Masuk Surga

Berdoa

Photo :
  • pixabay

Dikutip dari penelitian UIN SMH Banten Instutional Repository yang menunjukkan bahwa surga adalah tempat kembali bagi orang-orang yang bertakwa, dan juga ladang kenikmatan bagi orang-orang yang patuh akan perintah- Nya dengan meneguhkan iman dan diiringi oleh amal shaleh.

Surga digambarkan sebagai hasil dari usaha yang telah dilakukan umat manusia semasa hidup di dunia. Dengan memanjatkan doa masuk surga dalam kehidupan sehari-hari, ini bisa menjadi tanda kita memohon keridhaan Tuhan Yang Maha Esa.

Meskipun tidak ada doa khusus, beberapa doa ini bisa Anda panjatkan sehari-hari. Berikut beberapa amalan doa masuk surga yang bisa dipanjatkan dalam kehidupan sehari-hari.

1. Doa Masuk Surga Pertama

“Allohumma inni as-aluka imanan la yartaddu wa na’iman la yanfaddu wa murofaqata nabiyyika muhammadin shollallahu’alaihi wa sallama fi a’la jannatil khuldi.”

Artinya:“ Yaallah, aku memohon kepada-Mu keimanan yang tidak membimbangkan, kenikmatan yang tidak ada habis-habisnya dan mengawani nabi-Mu Muhammad SAW di surge tertinggi yang kekal”

2. Doa Masuk Surga Kedua

“Allaahumma innii as-alukal jannah wa a'uudzu bika minan-naar.”

Artinya: “Ya Allah, aku mohon kepada-Mu surga, dan aku berlindung kepada-Mu dari neraka.”

3. Doa Masuk Surga Ketiga

“Laa ilaaha illallaahu wahdahulaa syarikalahu kullu syai’in haalikun illaa wajhahu. Allaahumma antal ladzii mananta alayya bihaadzihisysyahaadatiwamaasyahidtuhaa illaa laka walaa yaqbaluhaa minnii ghairu kafaj alhaaliiqurbatan indaka wahijaaban min naarika waghfirlii waliwaalidyya walikulli mu;minin wamu’minatin birahmatika innaka alaa kulli syai’in qadiirun.”

Artinya: “Tak ada tuhan selain Allah sendiri, tak ada sekutu baginya, segala sesuatu akan binasa kecuali zatnya, wahai Allah engkaulah yang telah memberi karunia kepada kami berkat kesaksian ini, dan tidaklah aku memberikan kesaksian kecuali bagi engkau, dan tak ada yang dapat menerima kesaksian dariku selain engkau.

Karena itu jadikanlah kesaksianku itu sebagai pendekatan diriku kepada engkau dan sebagai hijab (penghalang) terhadap neraka engkau, ampunillah aku, kedua orang tuaku dan setiap orang mukmin laki-laki dan perempuan, berkat rahmat engkau, sesungguhnya engkau maha kuasa atas segala sesuatu.”

Selain beberapa doa masuk surga di atas, adapun amalan-amalan lainnya yang bisa Anda amalkan agar bisa mendapatkan kebaikan pada masa kehidupan yang abadi kelak. 

Ilustrasi Ramadhan/berdoa.

Photo :
  • Freepik/jcomp

Berikut beberapa doa masuk surga dan agar terhindar dari api neraka, yang juga bisa Anda panjatkan:

1. Doa Penghuni Surga

Melansir dari Kajian Muslim, ada doa masuk surga yang bisa umat Muslim amalkan sehari-harinya. Doa tersebut berbunyi:

"Laa ilaaha illallaahu wahdahulaa syariikalahu kullu syai'in haalikun illaa wajhahu.

Allaahumma antal ladzii mananta alayya bihaadzihisysyahaadatiwamaasyahidtuhaa illaa laka walaa yaqbaluhaa minnii ghairu kafaj alhaaliiqurbatan indaka wahijaaban min naarika waghfirlii waliwaalidayya walikulli mu'minin wamu'minatin birahmatika innaka alaa kulli syai'in qadiirun"

Artinya:

"Tak ada Tuhan selain Allah sendiri, tak ada sekutu baginya, segala sesuatu akan binasa kecuali zatnya, Wahai Allah!

Engkaulah yang telah memberi karunia kepada kami berkat kesaksian ini, dan tidaklah aku memberikan kesaksian kecuali bagi Engkau, dan tak ada yang dapat menerima kesaksian dariku selain Engkau.

Karena itu jadikanlah kesaksianku itu sebagai pendekatan diriku kepada Engkau dan sebagai hijab (penghalang) terhadap neraka engkau, ampunilah aku, kedua orang tuaku, dan setiap orang mukmin laki-laki dan perempuan, berkat rahmat Engkau, sesungguhnya Engkau Mahakuasa atas segala sesuatu."

2. Doa Selamat Dunia Akhirat

"Allahumma inna nas aluka salamatan fiddiini wa 'aafiyatan fil jasadi waziaadatan fil'ilmi wabarakatan firrizqi wataubatan qablal maut warahmatan 'indal maut wamaghfiratan ba'dal maut allahumma hawwin'alainaa fii sakaraatil maut wa najjata minanaari wal'afwa indal hisaab"

Artinya:

“Ya Allah, sesungguhnya kami memohon kepada-Mu keselamatan ketika beragama, kesehatan badan, limpahan ilmu, keberkahan rezeki, taubat sebelum datangnya maut, rahmat pada saat datangnya maut, dan ampunan setelah datangnya maut.

Ya Allah, mudahkanlah kami dalam menghadapi sakaratul maut, berikanlah kami keselamatan dari api neraka, dan ampunan pada saat hisab.”

3. Dijauhi dari Api Neraka

Adapun doa masuk surga lainnya agar dihindarkan dari api neraka. Melansir Risalah Muslim, doa tersebut berbunyi:

"Allaahumma innii as-alukal jannah, wa a’uudzu bika minan-naar."

Artinya: "Ya Allah, aku mohon kepada-Mu surga, dan aku berlindung kepada-Mu dari neraka"

Ini merupakan doa yang diriwayatkan dari Abu Sholih dan beberapa sahabat Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah bertanya kepada seseorang, “Doa apa yang engkau baca di dalam salat?” “Aku membaca tahiyyat, lalu aku ucapkan doa dihindarkan dari api neraka."

“Aku sendiri tidak mengetahui kalau engkau mendengungkannya begitu pula Mu’adz,” jawab orang tersebut. Kemudian Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Kami sendiri memohon surga (atau berlindung dari neraka).”

4. Doa Sapu Jagat

Berikut doa sapu jagat yang dimaksud berbunyi:

"Rabbanaa, aatinaa fid dunyaa hasanah, wa fil aakhirati hasanah, wa qinaa 'adzaaban naar "

Artinya: “Wahai Pemelihara kami, berikanlah kepada kami di dunia ini akan kebaikan dan begitu pula di akhirat akan kebaikan. Dan lindungilah kami dari adzab neraka.”

Doa masuk surga ini paling banyak dibaca oleh Rasulullah SAW ketika beribadah. Ini seperti yang dikatakan pada hadits Muslim,

"Dari Anas, ia berkata, 'Kebanyakan doa yang dibaca Rasulullah SAW adalah 'All?humma, ?tin? fid dunyaa hasanah, wa fil aakhirati hasanah, wa qinaa 'adzaaban naar." (HR Bukhari dan Muslim).

Anak-anak Papua.

Dijuluki Surga Kecil di Ujung Indonesia, Sayangnya Masih Ada Wilayah Papua yang Sulit Dijangkau

Tanah Papua yang memesona sering dijuluki sebagai surga kecil di ujung Indonesia. Papua dikenal dengan keindahan dan kekayaan alam serta keunikan budaya dan tradisi.

img_title
VIVA.co.id
30 Maret 2024