Contoh Proposal yang Baik dan Benar, Lengkap dengan Jenisnya!

Contoh proposal
Sumber :

VIVA – Contoh proposal ternyata penting untuk kita ketahui untuk menunjang pengetahuan kita saat ingin membuat sebuah rencana kegiatan maupun karya ilmiah yang jelas dan detail agar mendapatkan persetujuan.

Ini 9 Negara Arab yang Tolak Proposal Pemutusan Kerjasama dengan Israel, Ada Saudi dan UEA

Proposal sendiri merupakan sebuah masukan kegiatan yang dituangkan dalam sebuah tulisan berisikan rencana atau rancangan kegiatan dengan terperinci dan jelas. Di dalam proposal biasanya dilampirkan secara jelas terkait dana yang ingin dikeluarkan, itu jika berbicara terkait proposal kegiatan.

Ilustrasi mengetik.

Photo :
  • U-Report
Debat Seru! Loyalis Prabowo Vs Relawan Ganjar: Bloon Lagi, Logikamu Lempengin Dulu

Proposal memang penting untuk diketahui, hal tersebut lantaran ketika memasuki dunia pendidikan ke sekolah lebih tinggi maupun dunia kerja pasti akan diminta untuk membuatnya. Pasalnya, setiap kegiatan apapun itu pasti harus menggunakan proposal agar jelas tujuannya dan pastinya terarah.

Proposal yang merupakan rencana kegiatan ini nantinya dituliskan dalam bentuk rancangan kerja yang akan dilaksanakan. Biasanya, proposal berisi nama, tujuan, teknis acara, dan  anggaran  biaya yang diperlukan.

Denise Chariesta Tawarkan Kerja Sama Rp10 Miliar, Merek Brand Bakal Jadi Nama Anaknya

Di mana para panitia harus menjabarkan secara rinci akan kegiatan tersebut ke dalam bentuk proposal.
Hal ini dilakukan agar pihak yang berkepentingan dapat memahami dengan baik, kemudian bisa dengan mudahnya memberi izin, bahkan menyumbangkan dana karena melalui penyajian proposal yang tersusun dengan baik, maka sebuah acara dapat terselenggara dengan maksimal.

Sistematika Proposal

Contoh proposal

Photo :

Melansir dari Ruang Guru, terdapat sistematika dalam pembuatan proposal yang perlu diperhatikan. Pada tahap ini bergantung pada jenis kegiatan yang ingin dilaksanakan. Seperti contohnya, dalam kegiatan penulisan dalam membuat proposal sebuah penelitian yang diminta oleh pihak tempat kita menimba ilmu. 

Proposal penelitan dengan proposal kegiatan tentunya memiliki sistematika yang berbeda. Kendati demikian dasarnya sama, meskipun ada beberapa poin yang dibedakan. Nah berikut ini kami bagikan sistematika proposal secara umum yang perlu Anda perhatikan dalam menulis sebuah proposal.

1. Latar Belakang

Pada bagian latar belakang, penulis harus menguraikan alasan yang melatarbelakangi pentingnya dilaksanakan suatu kegiatan atau penelitian. Contohnya, jika kegiatan yang dilaksanakan adalah kegiatan untuk meningkatkan kesehatan masyarakat, maka penulis dapat menguraikan  tentang merebaknya suatu penyakit dan sebagainya.

2. Masalah dan Tujuan

Pada bagian ini, penulis dapat merincikan masalah dan tujuan kegiatan secara spesifik. Perincian  tersebut harus disampaikan dengan rasional dan persuasif agar pembaca tertarik terhadap kegiatan yang akan dilaksanakan.

3. Ruang Lingkup Kegiatan

Pada bagian ini, berisi batasan penelitian atau kegiatan agar pembahasan lebih rinci dan jelas. Ruang lingkup kegiatan dalam proposal merincikan batas-batas pokok permasalahan seperti sasaran peserta yang memperoleh manfaat, wilayah, dan aspek lain yang memerlukan penentuan.

4. Kerangka Teoritis dan Hipotesis

Pada bagian ini, penulis akan mengemukakan telaah terhadap teori atau hasil penelitian sebelumnya yang berkaitan dengan masalah yang dirumuskan. Telaah dapat berupa perbandingan, pengontrasan, dan peletakan teori-teori pada masalah yang akan diteliti.

5. Metode

Pada bagian ini, dikemukakan metode dan teknik yang akan digunakan dalam penelitian.  Metode yang dapat digunakan antara lain, metode historis, deskriptif, atau eksperimental. Sementara itu, teknik pengumpulan data yang dapat digunakan antara lain,  teknik angket (kuesioner), wawancara, observasi, atau studi pustaka. Selain itu, penulis juga harus menjelaskan rencana pengolahan data yang diperlukan di bagian ini.

6. Pelaksana Kegiatan

Pada bagian ini, berisi susunan kepanitiaan yang terlibat dalam kegiatan atau penelitian. Pelaksana kegiatan ditulis secara rinci yakni dengan mencantumkan nama dan divisi kepanitiaan.

7. Fasilitas

Pada bagian ini, penulis perlu menggambarkan fasilitas yang dimiliki yang akan digunakaan saat melaksanakan kegiatan. Melalui perincian ini, diharapkan dapat  menekan biaya sehingga kalkulasi biaya yang diajukan  menjadi lebih hemat. Hal ini dimaksudkan agar para donatur dapat menilai bahwa pengajuan panitia kegiatan didasarkan pada pertimbangan yang matang.

8. Keuntungan dan Kerugian

Pada bagian ini, penulis memaparkan keuntungan dan kerugian dalam melaksanakan kegiatan. Pemaparan terkait hal ini bukan sesuatu yang berlebihan melainkan untuk meyakinkan pembaca proposal bahwa biaya yang dikeluarkan akan digunakan sesuai rencana dan tidak akan sia-sia.  Keuntungan yang diperoleh bersifat keuntungan yang langsung diharapkan, keuntungan sampingan, penghematan, dan sebagainya.

9. Lama Waktu

Pada bagian ini, akan dijelaskan terkait  lama waktu pekerjaan sebuah kegiatan atau penelitian.  Jika pekerjaan terdiri atas tahap-tahap pekerjaan, maka tahap-tahap tersebut juga harus dirincikan.

10. Pembiayaan

Bagian pembiayaan, merupakan salah satu struktur yang cukup krusial. Perencanaan biaya dalam proposal harus disampaikan secara transparan dan bertanggung jawab . Hal ini agar  para pembaca proposal dapat  yakin terhadap kegiatan yang akan dilaksanakan. Keseluruhan pembiayaan sebaiknya dijelaskan secara lengkap dalam satu bagian  perincian tersendiri. 

Jenis-jenis Proposal

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, jika proposal dalam dunia pendidikan dengan proposal kegiatan tentu berbeda. Oleh karena itu proposal bisa dibedakan ke dalam beberapa jenis. 

Di mana setiap jenis proposal memiliki sistematika penulisan yang berbeda-beda. Daripada penasaran, simak berikut ini jenis-jenis proposal;

1. Jenis Proposal Berdasarkan Tujuan

A. Proposal Penelitian

Proposal penelitian digunakan bagi mereka yang duduk di bangku sekolah, baik sekolah menengah ke atas maupun sekolah tingkat tinggi. Tapi jenis proposal ini kebanyakan dibuat oleh para mahasiswa maupun dosen. 

Di mana proposal ini terdiri dari disertasi, tesis,skripsi, dan lainnya. Proposal penelitian dibuat ketika seseorang ingin melakukan sebuah penelitian. Sehingga apa yang menjadi tujuan penelitian tersebut, harus sesuai prosedur penelitian dan teori yang digunakan akan dijabarkan di proposal ini.

B. Proposal Proyek

Proposal satu ini dipakai biasanya untuk kegiatan bisnis. Proposal proyek ini berisikan tentang serangkaian rencana kegiatan pembangunan yang akan dilakukan. 

Di mana proposal proyek berisikan macam-macam, mulai dari tujuan proyek dilaksanakan, siapa yang terlibat, hingga dana yang dibutuhkan dalam proyek.

C. Proposal Kegiatan

Propsal satu ini merupakan sebuah proposal yang dibuat untuk sebuah kegiatan tertentu. Isi dari proposal kegiatan ini sendiri biasanya berupa rencana kegiatan yang hendak dilakukan oleh seseorang maupun kelompok.

Pada proposal kali ini harus sudah berisi lengkap, mulai dari nama kegiatan sampai bagaimana kegiatan akan berlangsung, dan siapa saja yang bertanggung jawab. 

Contoh dari proposal ini biasanya untuk kegiatan pameran, kegiatan pentas seni, kegiatan classmeeting, kegiatan perayaan hari nasional, dan sebagainya.

D. Proposal Bisnis

Proposal satu ini biasanya digunakan dalam kegiatan bisnis pribadi maupun kelompok. Seperti proposal mendirikan usaha, proposal kerja sama antar perusahaan, serta proposal lain dengan tujuan bisnis.


2. Jenis Proposal Berdasarkan Format

Selain jenis proposal di atas berdasarkan tujuannya, adapun jenis proposal berdasarkan format penulisan dan strukturnya. Proposal ini memiliki beberapa jenis, diantaranya yaitu;

A. Proposal Formal

 Proposal jenis ini memiliki struktur yang baku pula, dan harus ada di setiap proposal. Bahasa yang dipakai pun harus menggunakan bahasa Indonesia yang baku. 

Rupanya, terdapat tiga bagian utama yang biasanya digunakan untuk menyusun proposal formal, yaitu pendahuluan, isi, dan data pelengkap proposal.

B. Proposal Semi Formal

Proposal ini strukturnya tidak lengkap dan tidak sebaku proposal formal. Kendati tidak selengkap formal, propsal ini masih menggunakan bahasa yang sedikit baku.

C. Proposal Informal

Proposal non formal tidak baku maupun resmi, lantaran tidak adanya struktur resmi. Proposal ini sering dibuat dalam bentuk memorandum atau surat saja.

Contoh-contoh Proposal

Berikut ini terdapat beberapa contoh proposal yang digunakan untuk berbagai rencana kegiatan. Melansir dari Ruang Guru, berikut ini adalah contoh propsal yang baik dan benar yang bisa jadi panduan Anda membuat proposal.

1. Contoh Proposal Kegiatan OSIS

 

                                           PROPOSAL KEGIATAN LOMBA PERINGATAN HUT RI KE-77

 

A. Latar Belakang

Sebagai pemuda dan pemudi Indonesia, kita harus bisa mengisi dan memperingati hari kemerdekaan Indonesia dengan kegiatan-kegiatan yang positif. Selain sebagai rasa syukur atas kemerdekaan Indonesia dan sebagai bentuk penghargaan atas perjuangan para pahlawan, melalui peringatan  hari kemerdekaan yang dimeriahkan dengan  berbagai kegiatan positif dapat memupuk kreativitas pemuda  sebagai generasi penerus bangsa. Selain itu, alasan utama dalam peringatan HUT RI yang paling utama yakni agar pemuda bisa meningkatkan rasa cinta terhadap  tanah air Indonesia. 

B. Tujuan Kegiatan

Tujuan kegiatan Lomba peringatan HUT RI ke-77 adalah sebagai berikut;

  • Meningkatkan kualitas berpikir siswa Membina persahabatan, kebersamaan, dan persatuan antar siswa.
  • Memupuk kedisiplinan kreativitas dan prestasi siswa.
  • Menumbuhkan rasa cinta terhadap almamater. 
  • Menambah pengalaman, kecakapan, dan keterampilan yang berguna bagi diri sendiri, masyarakat, bangsa, dan negara.

C. Tema Kegiatan

Kegiatan ini mengangkat tema  “Perjuangan Nasional”.

1. Peserta Kegiatan

Peserta kegiatan Lomba Peringatan HUT RI Ke-77 adalah peserta didik SMA Ruangraya kelas X dan XI, berjumlah sekitar 100 peserta didik.

2. Waktu dan Tempat Pelaksanaan

Kegiatan Lomba Peringatan HUT RI Ke-77 akan dilaksanakan pada:

hari/tanggal : Rabu, 17 Agustus 2022, 

waktu : 08.00-15.00, 

tempat : SMA Ruang Raya Indonesia. 

D. Ketentuan Lomba

Ketentuan umum perlombaan adalah sebagai berikut.

  • Setiap peserta harus mematuhi aturan umum yang berlaku untuk setiap cabang lomba.
  • Setiap peserta harus menggunakan pakaian sesuai dengan aturan setiap cabang lomba.
  • Setiap tim akan mengikuti babak kualifikasi.

E. Jadwal Kegiatan

Jadwal kegiatan Lomba Peringatan HUT RI Ke-77 sebagai berikut.

Proposal tabel

Photo :

F. Susunan Panitia

Susunan panitia kegiatan  Lomba Peringatan HUT RI Ke-77 sebagai berikut. 

  1. Pembina: Galuh Rahma
  2. Ketua Pelaksana: Fathurrizqi Sefiyan
  3. Wakil Ketua: Yulia Yulian
  4. Koordinator acara: Ega Nanda
  5. Koordinator kegiatan: Ana Rizqi
  6. Seksi perlengkapan: Meilani Puji
  7. Seksi konsumsi: Putri Rizki

G. Rencana Anggaran

Berikut daftar rencana anggaran biaya yang diperlukan dalam kegiatan 

Lomba Peringatan HUT RI Ke-77 (terlampir).

H. Penutup

Demikian proposal ini kami buat. Kami berharap Kepala SMA Ruangraya menyetujui rencana kegiatan Lomba Peringatan HUT RI Ke-77. Atas perhatian dan izin yang diberikan oleh Bapak, kami ucapkan terima kasih. 

 

Semarang, 1 Agustus 2022

Pembina OSIS                                                                                                                         Ketua OSIS

 

Galuh Farah                                                                                                                              Fathurrizqi Sefiyan

 

2. Contoh Proposal Kegiatan Pentas Seni di Sekolah

 

                                                     PROPOSAL GELAR SENI DAN BUDAYA

 

A. Latar Belakang

Pentas seni merupakan ajang yang tepat untuk menggali kreativitas siswa-siswi di luar kemampuan  akademik. Melalui pagelaran pentas seni, siswa-siswi dapat menunjukkan bakat yang dimiliki kepada publik. Melalui pentas seni, siswa dapat mengembangkan potensi agar menjadi sebuah prestasi yang dapat membanggakan siswa dan pihak sekolah. Oleh karena itu, kami selaku pengurus  OSIS sebagai perwakilan siswa-siswi SMA Bina Bangsa berinisiatif untuk mengadakan kegiatan pentas seni. Selain bertujuan untuk menjaring potensi siswa-siswi di bidang seni, acara ini sekaligus sebagai ajang perpisahan dengan kakak kelas XII.

B. Tema

Tema kegiatan ini adalah “Produktif dan Kreatif dalam Meraih Masa Depan”. Melalui tema ini, diharapkan seluruh siswa-siswi SMA Bina Bangsa dapat menyadari pentingnya memanfaatkan waktu secara produktif.

C. Macam-Macam Kegiatan

  • Teater
  • Pagelaran music band
  • Sendratari
  • Drama kolosal
  • Seni islami
  • Pertunjukan pencak silat
  • Stand up comedy

D. Peserta

Peserta dalam kegiatan ini adalah siswa-siswi perwakilan dari setiap kelas X, XI, dan XII SMA Bina Bangsa.

E. Waktu dan Tempat

1. Pentas drama kolosal dan teater,

hari/tanggal : Kamis, 22 Februari 2018,

pukul : 17.00-20.00,

tempat : Lapangan upacara SMA Bina Bangsa.

2. Pentas sendratari, seni islami, pencak silat,

hari/tanggal : Jumat, 23 Februari 2018,

pukul : 17.00-20.00, 

tempat : Lapangan upacara SMA Bina Bangsa.

3. Pentas stand up comedy dan music band

hari/tanggal : Sabtu, 24 Februari 2018,

pukul : 08.00-15.00,

tempat : Aula SMA Bina Bangsa.

F. Susunan Panitia

Pelindung : Drs. Dalijo, M.Pd. (Kepala Sekolah)

Pembina : Pardiman, S.Pd.

Penanggung jawab : Heru Hermanto (ketua OSIS)

Ketua panitia : Gilang Ginanjar

Sekretaris : Anindita Tri Hapsari

Bendahara : Vian Pujiastuti

Koor sie acara : Siti Muslikhah

Koord sie perkap : Gunawan

Koor sie dokumentasi : Handoko Bramantiyo

Koord sie publikasi : Isnan Nur Arifin

Koor sie humas : Doni Prasetyo

Koor sie keamanan : Idhan Lubis Syarif

G. Anggaran Dana

Anggaran proposal

Photo :

Anggaran pengeluaran

Photo :

 

3. Contoh Proposal Kegiatan Mahasiswa

                                          Proposal Kegiatan Kampus Pameran Buku Karya Mahasiswa

 

                                                                                          BAB I

                                                                                 PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

Buku adalah jendela dunia, kita sepakat soal itu. Buku selain merupakan jendela dunia, juga memiliki beragam fungsi yang sangat banyak, terutama untuk para mahasiswa. Buku bisa jadi merupakan sebuah cara untuk menyampaikan gagasan, cara berpikir, dan bisa juga untuk menyampaikan kritik pada pihak lain. Buku juga bisa berfungsi sebagai cara untuk melatih diri dalam meningkatkan kualitas dalam berpikir.

Dengan melihat begitu banyaknya manfaat dari buku, maka kami dari BEM UNITA berinisiatif untuk menggelar suatu pameran buku. Pameran buku pada kesempatan kali ini berfokus pada buku karya dari para mahasiswa UNITA karena ternyata ada banyak sekali karya tulis mahasiswa UNITA yang sudah dibukukan. Dengan memberikan ruang padakarya ilmiah maupun karya lainnya yang berbentuk buku, kami berharap kreativitas menulis dari para mahasiswa UNITA ini semakin terpicu dan berkembang.

B. Tujuan Kegiatan 

Adapun tujuan dari kegiatan yang dilaksanakan ini adalah

  1. Mempererat tali silaturahmi antar mahasiswa;
  2. Mempererat tali silaturahmi staf, dewan dosen, dan mahasiswa;
  3. Menumbuhkan semangat menulis mahasiswa;
  4. Meningkatkan kreativitas mahasiswa pada bidang tulis menulis;
  5. Sebagai sarana pembuka wawasan mahasiswa;
  6. Memberikan ruang dan kesempatan siswa kreatif
  7. Melatih kepemimpinan dan keorganisasian; serta
  8. Melatih kemampuan berkomunikasi antarmahasiswa, mahasiswa dengan dosen, dan mahasiswa dengan pihak luar.

 

                                                                                         BAB II

                                                                                ISI PROPOSAL

A. Tema

Dalam kegiatan ini kami mengangkat tema “Efektif dan Efisien dalam Meraih Masa Depan dengan Menulis Buku”. Dengan tema ini diharapkan semua mahasiswa bisa terinspirasi untuk selalu menjadikan waktu mereka lebih efektif dan efisien untuk meraih cita-cita mereka di masa yang akan datang terutama dengan menulis buku.

B. Macam-macam Kegiatan

Adapun kegiatan yang akan kami laksanakan, yaitu pameran buku karya mahasiswa UNITA.

C. Peserta

Peserta yang dapat mengikuti pentas seni kali ini adalah seluruh mahasiswa UNITA yang sudah memiliki karya tulis yang dibukukan dengan tema apapun.

D. Peralatan yang Dibutuhkan

  1. Meja tempat pameran
  2. Sound system untuk pengumuman
  3. Buku karya mahasiswa
  4. Gedung pameran

E. Waktu dan Tempat Pelaksanaan

Adapun waktu dan tempat pelaksanaan ameran Buku Mahasiswa ini adalah sebagai berikut.

Tanggal: Senin, 30 Januari 2017

Waktu: pukul 08.30 WIB–09.40 WIB

Tempat: Gedung Satya Navanta UNITA

                                                                                        BAB III

                                                       SUSUNAN ACARA PEMBUKAAN PAMERAN BUKU

1. Pembukaan

2. Sambutan-sambutan

– Rektor UNITA

– Ketua Panitia

– Perwakilan mahasiswa

 

                                                                                            BAB IV

                                                                           SUSUNAN KEPANITIAN

 

Pelindung: Mohammad Yasin Yusuf Al Fadholi Al Katiri (Rektor UNITA)

Pengarah: Mohammad Yasin Yusuf Al Fadholi Al Katiri (Kajur)

Penanggung Jawab: Mohammad Yasin Yusuf Al Fadholi Al Katiri (KaProdi)

Ketua Panitia: Mohammad Yasin Yusuf Al Fadholi Al Katiri (Ketua BEM)

Sekretaris: Mohammad Yasin Yusuf Al Fadholi Al Katiri

Bendahara: Mohammad Yasin Yusuf Al Fadholi Al Katiri

Seksi Acara: Mohammad Yasin Yusuf Al Fadholi Al Katiri

Seksi Dana Usaha : Mohammad Yasin Yusuf Al Fadholi Al Katiri

Seksi Humas: Mohammad Yasin Yusuf Al Fadholi Al Katiri

Seksi Keamanan : Mohammad Yasin Yusuf Al Fadholi Al Katiri

Seksi Dokumentasi : Mohammad Yasin Yusuf Al Fadholi Al Katiri

Seksi Peralatan : Mohammad Yasin Yusuf Al Fadholi Al Katiri

 

                                                                                           BAB V

                                                                                  ANGGARAN DANA

Dalam kegiatan pensi kali ini, ada beberapa anggaran dana yang didapat maupun yang dikeluarkan agar pensi ini berjalan dengan baik.Kegiatan ini diperoleh dari:

  • Dana kas BEM : Rp500.000
  • Dana partisipasi mahasiswa : Rp2.000.000
  • Dana partisipasi dosen : Rp500.000

            Total: Rp3.000.000

Biaya pengeluaran 

  • Sewa tempat: Rp1.000.000
  • Penyewaan panggung: Rp2.000.000
  • Penyewaan alat musik: Rp1.000.000
  • Biaya penataan panggung: Rp500.000
  • Konsumsi: Rp500.000
  • Spanduk: Rp300.000
  • Lain-lain: Rp200.000

Total: Rp5.500.000

 

                                                                                           BAB VI

                                                                                         PENUTUP

Demikian proposal ini kami buat. Kami mengharapkan dukungan dan partisipasi dari perusahaan Bapak/Ibu untukbekerja sama dalam kegiatan yang kami gelar. Semoga acara ini dapat terlaksana sebagaimana yang kita harapkan. Semoga acara dan kegiatan yang kami gelar ini juga bisa memberikan manfaat kepada perusahaan Bapak/Ibu sebagai partner sponsor kami.

Atas perhatian dan kerja sama Bapak/Ibu, kami ucapkan terima kasih.

Heboh proposal pembangunan masjid di Pekalongan Rp12 miliar

Heboh Proposal Pembangunan Masjid di Pekalongan Rp12 M, Ini Kata Kades

Proposal pembangunan masjid di Desa Jetak Kidul, Kelurahan Rowokembu, Kecamatan Wonopringgo, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah (Jateng) menelan anggaran Rp12 miliar.

img_title
VIVA.co.id
29 November 2023