5 Binatang Paling Cerdas di Dunia

Lumba-lumba
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Binatang paling cerdas di dunia, Binatang sendiri merupakan makhluk yang yang memiliki kecerdasan juga. Bentuk kecerdasan yang hewan miliki mempunyai berbagai macam bentuknya, mulai dari membangun rumah hingga kepintaran yang dapat dimanfaatkan untuk mempermudah pekerjaan manusia.

Baba Vanga Ramal Perang Dunia III Akan Terjadi, Gegara Konflik Iran-Israel?

Kali ini VIVA memberikan informasi binatang paling cerdas di dunia, VIVA melalui lansiran dari berbagai sumber dan menjadikan informasi kanal BBC Earth sebagai rujukan utama, sebagai berikut;

1. Gajah

AS Kirim 25 Ribu Makanan Siap Saji ke Jalur Gaza Melalui Udara

Penggunaan alat merupakan indikator kecerdasan di antara hewan, dan gajah adalah pengguna alat yang canggih. Pemanfaatan belalai mereka untuk berbagai tujuan sangat mengesankan.

Ini termasuk menggaruk punggung mereka dan menggunakannya sebagai senjata saat terancam dan mengusir serangga. Mereka juga membawa belalai untuk digunakan nanti saat dibutuhkan nantinya.

Tesla Bakal Luncurkan Mobil Listrik Murah? Ini Kata Elon Musk

Gajah adalah komunikator yang efektif dan menggunakan semua panca indera untuk berinteraksi satu sama lain. Dikenal karena ingatannya yang luar biasa, gajah mengingat keluarga, teman, dan musuh selama bertahun-tahun, dan mereka dapat mengingat sumber air dan makanan untuk waktu yang lama.

Dalam sebuah eksperimen penelitian, gajah menunjukkan pemikiran yang maju dalam hal memahami bahasa manusia. Mereka bisa membedakan antara bahasa yang berbeda, memahami apakah itu suara pria atau wanita dan menentukan apakah itu ancaman.

2. Griffin

Bersama dengan burung beo Alex dan Griffin, ilmuwan Irene Pepperberg membuktikan bahwa burung dapat menggunakan bahasa manusia untuk menjawab pertanyaan yang akan membuat bingung anak prasekolah.

Griffin adalah burung beo dengan banyak hal untuk dibuktikan. Selama bertahun-tahun ia hidup dalam bayang-bayang Alex, otak burung yang begitu terkenal sehingga berita kematiannya muncul di New York Times dan The Economist.

Selama 25 tahun Irene Pepperberg telah bekerja sama dengan Alex untuk mengajarinya kata-kata untuk berbagai objek, bahan, dan warna. Ia juga mampu menghitung benda hingga enam dan sedang belajar membaca bunyi berbagai huruf.

3. Lumba-lumba Pintar

Rasio otak di dalam tubuh lumba-lumba adalah porsinya yang kedua setelah manusia. Sonar alami mereka memungkinkan mereka menggunakan ekolokasi untuk berkomunikasi satu sama lain melalui suara yang dikenal sebagai getar, derit, dan peluit.

Fungsi lain dari ekolokasi adalah kemampuan untuk bernavigasi dan berburu, bahkan di air yang gelap. Karena kemampuan lokasi bawah air mereka yang luar biasa, bahkan angkatan Laut Amerika Serikat menggunakannya untuk mencari ranjau dan memasang alat peledak atau penyadap ke kapal musuh, meskipun banyak aktivis hak-hak binatang keberatan dengan praktik ini.

Cara lain kecerdasan mereka ditampilkan adalah melalui permainan canggih yang mereka lakukan, penggunaan alat, berburu kooperatif, kesadaran diri dan keterlibatan mereka dalam jaringan sosial yang kompleks. Penelitian menunjukkan lumba-lumba memiliki kapasitas memori untuk mengingat dan mengenali satu sama lain selama 20 tahun, dan mungkin selama beberapa tahun

4. Nellie Si Babi Pintar

Babi sebenarnya sangat pintar. Menurut Profesor Donald Broom dari Cambridge University Veterinary School, Babi memiliki kemampuan kognitif yang cukup canggih. Bahkan lebih dari anjing, dan tentu saja anak umur tiga tahun.

Tapi tidak mungkin membandingkan tingkat kecerdasan antara hewan karena jumlah faktor yang saling bertentangan sangat banyak.

Namun, dengan menggunakan penelitian, jelas terlihat bahwa babi adalah hewan yang sangat pintar, bahkan ketika dibandingkan dengan simpanse dan anjing. Babi ternyata sangat cerdas secara emosional: sebuah studi tahun 2013 mengungkapkan bahwa babi yang tidak terlatih belajar dari rekan-rekan mereka yang terlatih untuk mengantisipasi peristiwa yang akan datang.

Pada tahun 2015, seekor babi kecil pintar bernama Moritz menjadi berita utama dengan menyelesaikan teka-teki berbentuk kayu yang dirancang untuk anak-anak. Terlepas dari kesulitan yang jelas dia miliki untuk mengendalikan bidak dengan mulutnya, dia berhasil.

5. Ibu Lebah yang Pintar

Para peneliti menemukan bahwa ketika kekurangan serbuk sari, lebah akan menggigit daun tanaman tanpa bunga. Kerusakan yang terjadi tanaman hingga dapat berbunga kembali.

Dengan penampilannya yang menyerupai drone yang khas, lebah sulit untuk diketahui oleh di taman-taman di seluruh dunia.

Tubuhnya yang lebat dan berbulu menjadikannya penyerbuk yang sangat baik untuk tanaman seperti tomat dan blueberry. Mereka adalah lebah yang muncul setiap tahun dan bekerja disepanjang musim.

Lebah-lebah ini khususnya Ibu lebah akan membuat rumah dari sari-sari serbuk tersebut, rumah-rumah itu di dalam penelitian banyak yang mnyebutkan bahwa arsitektur di dalamnya sangat kompleks, ini membuat peneliti terkagum-kagum atas kecerdasan yang di miliki oleh lebah.

Nah bagaimana tanggapan mu mengenai hewan-hewan yang memiliki kecerdasan sangat mengagumkan. Semoga bermanfaat!

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya