7 Kata Unik dalam Bahasa Jerman, Bikin Lidah Auto Terpelintir

bendera Jerman
Sumber :
  • freepik/bearfotos

VIVA Edukasi – Menurut ethnologue.com, ada lebih dari 7.000 bahasa di dunia. Setiap bahasa mempunyai gramatika yang berbeda-beda. Belum lagi segudang kosakata serta pengucapan kata yang kadang berbeda dengan tulisan. 

Didekati Bayern Munich, Jose Mourinho Mulai Belajar Bahasa Jerman

Kendati demikian, mempelajari bahasa merupakan sebuah tantangan dan butuh proses yang tidak instan bagi setiap orang. Apalagi jika bunyi sebuah perbendaharaan kata berbeda jauh dengan bahasa ibu yang digunakan sehari-hari.

Salah satu bahasa yang populer dengan kosakata yang sulit diucapkan adalah Bahasa Jerman. Pernyataan ini didukung oleh banyak kosakata Bahasa Jerman yang sangat panjang. Bahkan dalam satu kata saja bisa terdapat 20 huruf!

Jangan Takut Salah, Ini 5 Tips Belajar Bahasa Asing dengan Cepat

Melihat susunan hurufnya didominasi oleh konsonan, pengucapannya menjadi rumit bagi siapapun yang tidak familiar dengan bahasa ini. Padahal dari segi penerjemahan, kata-kata tersebut tidak serumit itu. Dihimpun VIVA dari The Week, berikut 7 kata unik nan panjang dalam Bahasa Jerman.

Lebensabschnittspartner

Penjelasan dan Arti Kata ‘Maneh’ yang Diucapkan Sabil hingga Dipecat

Ilustrasi pasangan.

Photo :
  • Freepik/lookstudio

Kata ini sebenarnya memiliki arti yang sangat sederhana yakni pasangan, kekasih, atau orang yang sedang bersamaku hari ini. Sementara untuk pasangan seumur hidup mempunyai kosakata lain yaitu Lebensabschnittgefährte.

Unabhängigkeitserklärung

bendera Jerman

Photo :
  • freepik/gpointstudio

Lagi-lagi kata sepanjang ini berarti singkat. Unabhängigkeitserklärung berarti deklarasi kemerdekaan. Secara panjangnya kata ini mempunyai arti deklarasi di mana suatu daerah melepaskan ketergantungan negaranya pada negara lain.

Freundschaftsbezeugung

Ilustrasi persahabatan.

Photo :
  • U-Report

Kata ini jika diterjemahkan ke Bahasa Indonesia terdengar cukup aneh; demonstrasi persahabatan. Padahal yang dimaksud kata Freundschaftsbezeugung adalah kata-kata yang digunakan untuk mendeskripsikan teman seperti murah hati, bersemangat, dapat diandalkan, tulus, dan sebagainya.

Rechtsschutzversicherungsgesellschaften

Ilustrasi asuransi

Photo :

Jika ketiga kata di atas menurutmu sudah rumit, kamu salah. Masih ada lagi yang lebih panjang dan berbelit-belit. Kata ini dinobatkan sebagai kata Bahasa Jerman terpanjang dalam penggunaan sehari-hari oleh Guinness Book of World Records. Rechtsschutzversicherungsgesellschaften berarti perusahaan asuransi yang memberikan perlindungan hukum.

Kraftfahrzeug-Haftpflichtversicherung

Ilustrasi asuransi kendaraan bermotor dari Adira

Photo :
  • dok. Adira Insurance

Masih soal asuransi, kata ini mempunyai arti asuransi wajib kendaraan bermotor. Di Jerman sendiri, istilah ini lebih sering ditulis dengan Kfz-Haftpflichtversicherung.

Donaudampfschiffahrtsgesellschaftskapitän

bendera Jerman

Photo :
  • freepik/artbutenkov

Sepertinya Bahasa Jerman terlahir menggabungkan beberapa kata menjadi hanya satu kata yang sangat panjang. Seperti dalam kata ini yang bisa dipisah menjadi empat kata yang berarti kapten perusahaan kapal uap Danube.

Bezirksschornsteinfegermeister

Bezirksschornsteinfegermeister alias tukang sapu cerobong di Jerman

Photo :
  • shz.de

Di Jerman ada nama khusus untuk sebuah pekerjaan yang bertugas menyapu cerobong di suatu daerah. Ya, kata Bezirksschornsteinfegermeister berarti ahli penyapu cerobong distrik. Tak hanya membersihkan cerobong asap dari rumah ke rumah, ia juga memeriksa keamanan di perapian, saluran gas, serta unit pemanas ruangan.




 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya