Pengenalan dan Pelatihan Digital untuk UMKM

Ilustrasi digital.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA Edukasi – Program Build Back National Economy Better (BBNEB) merupakan program kerja sama Sampoerna dengan Yayasan Inovasi Teknologi Indonesia (Inotek) dengan tujuan mengembangkan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang berkelanjutan dan inovatif, serta mempromosikan kesadaran terhadap dampak sosial dan lingkungan.

Menjadi Tulang Punggung Pengembangan Usaha Ultra Mikro Indonesia, PNM Ikuti 57th APEC SMEWG

Program ini menyediakan pelatihan bisnis fundamental yang mendorong UMKM berjualan secara digital, registrasi entitas bisnis, serta berjualan secara berkelanjutan.

“Bagi Sampoerna, UMKM memiliki tempat tersendiri, sebagai bagian penting pengembangan ekosistem usaha Perseroan. Di tengah situasi yang menantang, Sampoena berkomitmen meningkatkan resiliensi mereka dengan pengembangan kapasitas dan kapabalitas yang sesuai dengan tantangan mereka hadapi seperti keterampilan, akses permodalan, rantai pasokan, literasi digital, dan lain-lain yang dapat meningkatkan usahanya,” ujar Kepala Urusan Eksternal Sampoerna, Ishak Danuningrat dalam keterangannya, Kamis (14/7).

Ninja Xpress: Pengiriman Paket Melonjak 20 Persen saat Ramadhan 2024

Selain program BBENB, Sampoerna juga menggelar program WASH.program WASH merupakan kerja sama Sampoerna dengan Yayasan Senyum Untuk Negeri (SUN). Tujuannya, mengurangi dampak lingkungan seperti banjir dan erosi di sepanjang daerah aliran Sungai Citarum, mencegah penyakit akibat sanitasi yang buruk di daerah Karawang, Purwakarta, Majalengka, Bekasi, dan Kabupaten Bandung.

Sementara itu, Sigap COVID-19 yang mendapatkan The Best Award For Disaster Management merupakan program yang dijalankan untuk mendukung inisiatif pemerintah dalam pemulihan ekonomi nasional. Dalam program ini, Sampoerna bekerja sama dengan berbagai pemangku kepentingan dan mitra CSR terkait kebutuhan selama masa pandemi. Kebutuhan itu, di antaranya, dukungan pengadaan alat pelindung diri (APD), tes Covid-19, vaksinasi COVID-19, dan peningkatan kesadaran penggunaan masker. Upaya ini tidak hanya menjangkau para karyawan di lingkungan Sampoerna, tetapi juga dikembangkan ke para pelaku UMKM binaan, seperti toko kelontong yang tergabung dalam Sampoerna Retail Community (SRC).

BRI Cetak Laba Rp 15,98 Triliun di Kuartal I-2024, Penyaluran Kredit Tembus Rp 1.308 Triliun

“Sampoerna mendukung Pemerintah mewujudkan herd immunity melalui serangkaian program vaksinasi bagi karyawan, mitra bisnis, keluarga karyawan, dan masyarakat umum,” kata Ishak.

Diketahui sebelumnya, PT HM Sampoerna Tbk. (Sampoerna) kembali mencatatkan prestasi dengan meraih dua penghargaan dalam Bisnis Indonesia Corporate Social Responsibility Awards (BISRA) Awards 2022. Dua kategori penghargaan untuk Sampoerna ialah The Best Award For Disaster Management dan Silver Champion in Corporate Social Responsibility Program.

Dalam ajang ini, Sampoerna mengikutkan program-program Corporate Social Responsibility yang dikelolanya. Dua program Sampoerna, yaitu Build Back National Economy Better (BBNEB) dan Water, Sanitation & Hygiene (WASH) 2021, meraih kategori Silver Champion in Corporate Social Responsibility Program. Sementara, Program Sampoerna Sigap COVID-19 mendapatkan The Best Award For Disaster Management. Kedua penghargaan tersebut diterima oleh Manager Keberlanjutan Sampoerna, Retno Ayudiati.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya