Tips Merawat Lantai agar Tidak Cepat Rusak

Ilustrasi lantai rumah
Sumber :
  • U-Report

VIVA Edukasi – Sebelum menentukan jenis lantai yang sesuai dengan kebutuhan rumah impian Anda, sebaiknya Anda perlu tahu faktor apa saja yang menyebabkan lantai tidak dapat bertahan lama dan mudah rusak sebelum waktunya.
 

3 Langkah Mudah Memperbaiki Sendiri Nat Keramik Retak

Ada berbagai jenis aktivitas yang dapat merusak lantai, seperti terpapar oleh bahan kimia berbahaya, cuaca lembab yang berkelanjutan, perubahan temperatur ruangan dalam kurun waktu cepat, hingga terkena abrasi.
 
Beberapa faktor di atas dapat menjadi faktor utama dari keroposnya lantai atau bahkan dapat dengan mudah terkontaminasi oleh debu hingga bakteri, sehingga mempercepat kerusakan lantai.
 
Oleh karena itu, sebelum membangun hunian impian Anda, perlu Anda ketahui terdapat beberapa jenis lantai yang dapat Anda pilih sebagai jenis atau tipe lantai yang sesuai dengan kebutuhan hunian atau industri yang Anda geluti.
 
Lantai resin
Dibandingkan dengan jenis lantai lainnya, lantai resin terbilang sebagai salah satu jenis lantai yang memiliki ketahanan tinggi dan awet dalam kurun waktu yang cukup lama. Lantai jenis resin ini tidak membutuhkan perawatan yang khusus. Akan tetapi, untuk lantai industri tipe resin ini akan memakan banyak waktu pada saat pertama kali pemasangan. Lantai industri tipe resin ini sangat cocok untuk penggunaan aktivitas di fasilitas industri.
 
Lantai beton
Selanjutnya, ada lantai industri tipe lantai beton. Tipe lantai yang satu ini dalam proses pembuatannya, akan dicampur dengan campuran pengeras lantai. Lantai beton merupakan jenis lantai yang menggunakan teknik tradisional dalam proses pengaplikasiannya. Lantai beton biasanya digunakan oleh mereka yang bergerak di bidang sektor industri. Meskipun menggunakan campuran pengeras lantai, tipe lantai yang satu ini tetap memiliki konsistensi dasar lantai beton. Kekuatan lantai beton sepenuhnya bergantung pada desain awal sewaktu proses pengecoran lantai.
 
Ubin industri
Ubin industri termasuk salah satu tipe lantai yang memiliki karakteristik kuat dan tahan lama. Tak hanya itu, dengan kekuatannya, jenis lantai satu ini juga dapat menahan beban berat sekalipun. Akan tetapi, di balik kelebihannya, ubin industri memiliki kekurangan, yaitu terdapat sambungan antara satu keramik dan keramik lainnya, sehingga rentan pecah dan sulit untuk membersihkannya, serta mengurangi nilai kerapihan ruangan.
 
Lantai beton poles
Tipe lantai yang satu ini mulai semakin popular untuk digunakan. Namun, lantai yang satu ini memiliki kekurangan yaitu pada bagian distribusi pecahan kerikil atau batu yang kurang merata. Selain itu, ketika beton belum terpoles sempurna, akan terlihat perbedaan yang sangat nyata.
 
Membuat Lantai Seamless dengan Produk Mapei

Setelah mengetahui jenis-jenis lantai di atas, Anda sudah dapat menentukan lantai mana yang lebih cocok untuk kebutuhan bangunan Anda. Pastikan juga kekurangan serta kelebihan yang telah ditawarkan.
 
Nah, untuk tahap selanjutnya, Anda juga perlu mengetahui cara membuat tekstur lantai dengan desain seamless, yang mulai banyak digandrungi oleh orang-orang dan juga sering digunakan sebagai desain lantai pada jenis-jenis lantai industrial. 

Tak Hanya Kompor Rp1 M, Harga Lantai Kamar Rumah Baru Nagita Slavina Bikin Melongo

Untuk lantai seamless keseluruhan, maka lantai berbahan dasar resin sangat tepat untuk digunakan. Sedangkan untuk tampilan lantai semen dan ukuran maksimal 70 meter persegi (per segment), lantai semen Ultratop akan sangat menarik untuk digunakan. Tekstur lantai seamless ini juga mulai banyak digunakan di berbagai sektor industri, karena kesan yang diberikan adalah simple namun tetap elegan.
 
Tampilan lantai resin akan menghasilkan lantai yang seamless dan bersih, sedangkan tampilan lantai Ultratop akan menghasilkan lantai yang bermotif natural yang juga tak kalah menarik dan kuat. Tampilan lantai semen Ultratop ini juga memiliki keunikannya sendiri, mulai dari natural effect, polished effect, hingga seamless terrazzo.

“Produk Mapei yang dapat digunakan untuk membuat lantai semen seamless adalah Ultratop System, lantai seamless tanpa sambungan untuk dekorasi dengan Natural effect, Polished effect, maupun Terrazzo effect. Produk ini cocok untuk area residential atau commercial, bisa di aplikasikan diatas ubin yang lama maupun beton existing,” ujar Jeffry George selaku Specifier Mapei Indonesia dalam keterangannya diterima VIVA, Jakarta, Rabu (20/7).

5 Penyebab Lantai Rumah Pecah dan Cara Tepat Mengatasinya

Menurutnya, ultratop, self levelling yang bagus dan aesthetic jika dijadikan sebagai finishing. Fiturnya sangat tahan dari tekanan, tahan dari gesekan, dan banyak pilihan warnanya. Untuk informasi lebih lanjut terkait produk-produk Mapei, dapat Anda akses melalui laman resminya!

Lantai rumah warga di Tasikmalaya tiba-tiba mengeluarkan hawa panas

Lantai Rumah Warga di Tasikmalaya Tiba-tiba Mengeluarkan Hawa Panas Menyengat

Lantai rumah warga di Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, tiba-tiba mengeluarkan hawa panas yang tak biasa

img_title
VIVA.co.id
26 September 2023