Lantai Rumah Warga di Tasikmalaya Tiba-tiba Mengeluarkan Hawa Panas Menyengat

Lantai rumah warga di Tasikmalaya tiba-tiba mengeluarkan hawa panas
Sumber :
  • tvOne/Denden Ahdani

Tasikmalaya – Lantai rumah warga di Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, tiba-tiba mengeluarkan hawa panas yang menyengat. Fenomena itu sontak membuat geger warga sekampung, karena pemilik rumah khawatir keramiknya meledak.

PLN IP Targetkan Perdagangan Karbon Naik 2 Kali Lipat dari 2,4 Juta Ton CO2 di 2023

Pemilik rumah, Dede Mulyana (50), mengakui hawa panas yang keluar dari lantai keramik rumahnya dirasakan sejak Minggu, 24 September 2023. Saat itu, Dede baru pulang pengajian, namun saat masuk ke dalam rumah, kakinya terasa panas saat menginjak keramik.

Warga yang tinggal di Kampung Sindang Perbu, Kelurahan Mangkubumi, Kecamatan Mangkubumi, Kota Tasikmalaya itu sempat panik dan khawatir rumahnya bisa meledak. Ia pun melaporkan fenomena itu ke RT/RW setempat.

Panas Ekstrem Melanda Thailand, 30 Orang Tewas

"Saya kaget, pulang pengajian masuk ke rumah, lantai keramik panas saat diinjak. Saya kan khawatir, sempat dikompres sama keset biar gak panas," kata Dede Mulyana saat ditemui di rumahnya, Selasa, 26 September 2023, pagi.

Setelah melapor ke RT/RW setempat, warga yang penasaran berdatangan untuk melihat kejadian aneh itu dari jarak dekat. Dede yang penasaran dengan fenomena itu, sempat membongkar keramik dan ternyata di dalamnya tak terdapat apapun yang membahayakan.

Waktu Pendaftaran Mahasiswa Baru Institut Teknologi PLN Tahun 2024/2025 Diperpanjang

"Pak RT sama Pak RW pada datang ke rumah untuk mengecek. Setelah itu, diperiksa dalamnya keramiknya dibobok karena takut meledak," ujar Dede.

Untuk mengantisipasi hal yang tak diinginkan, akhirnya Dede berinisiatif melaporkan kejadian itu ke PLN

"Kata PLN, setelah diperiksa ternyata ada kesalahan saat pasang grounding atau arde. Petugas pun langsung memperbaiki aliran listrik itu," jelasnya.

Meski sempat diperbaiki oleh pihak PLN, pantauan di lokasi pada Selasa pagi, panas dari lantai keramik di rumah Dede Mulyana itu masih terjadi. Hingga kini, pemilik rumah pun masih terheran-heran dengan fenomena tersebut.

Laporan: Denden Ahdani/tvOne Tasikmalaya

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya