Inilah Bacaan Sholat Jenazah Perempuan yang Perlu Anda Pahami

Ilustrasi Salat jenazah COVID-19 yang berada di mobil ambulans (antara)
Sumber :

VIVA Edukasi – Sebagai umat Muslim sudah seharusnya kita mengetahui cara melaksanakan sholat yang menjadi tiang agama kita. Namun ternyata bukan sholat lima waktu saja yang perlu kita ketahui, bacaan sholat sunah lainnya pun perlu kita pahami dan lakukan di waktu-waktu yang sudah ditentukan.

Bacaan Sholat Jenazah Laki-laki Lengkap hingga Keutamaannya

Seperti halnya mengetahui bacaan sholat jenazah, baik perempuan maupun laki-laki. Hal ini tentu sangat berguna bagi kita semua umat Muslim, agar bisa mengikuti sholat jenazah saat ada keluarga maupun kerabat yang meninggal dunia.

Ilustrasi jenazah.

Photo :
  • U-Report
10 Tuntunan dan Niat Sholat Jenazah Laki-laki

Nah untuk kali ini kami akan memberitahukan Anda secara detail bacaan sholat jenazah perempuan yang sayang jika tidak Anda pahami. Sholat jenazah sendiri merupakan salah satu proses yang harus dilakukan oleh seorang Muslim yang kerabat maupun keluarganya meninggal dunia. 

Melaksanakan sholat jenazah sendiri hukumnya fardu kifayah, di mana pelaksanaannya dikerjakan secara berjamaah. Hal tersebut seperti yang teruang dalam sebuah hadis dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda:

5 Tuntunan Bacaan dan Niat Sholat Jenazah Wanita

“Ketika ada seorang laki-laki meninggal dalam berutang disampaikan kepada Rasulullah, maka beliau bertanya apakah ia meninggalkan harta untuk membayar hutangnya.

Jika dikatakan ia meninggalkan hartanya untuk membayar hutang, maka beliau akan mensalatkannya. Jika tidak, maka beliau akan memerintahkan kepada kaum muslimin, ‘salatkanlah temanmu ini’,” (HR Bukhari Muslim).

Nah, setelah kita mengetahui hukum pelaksaaan sholat jenazah, kita juga perlu memahami bacaan sholat jenazah perempuan yang wajib kita niati sebelum dimulainya sholat tersebut.

Bacaan Sholat Jenazah Perempuan

Sholat Jenazah

Photo :
  • Tudji Martudji/VIVAnews

Sebenarnya pelaksanaan sholat jenazah perempuan dan laki-laki tidak jauh berbeda. Hanya saja yang membedakannya itu, adalah bacaan sholat jenazah perempuan serta doanya.

Bacaan sholat jenazah perempuan sebenarnya bisa diucapkan hanya di dalam hati saja. Di mana para ulama pernah berkata, tidak ada keharusan untuk melafadzkannya. Tapi, ada juga sebagian ulama yang berpendapat sebaliknya dimana sunah hukumnya melafazkan niat, terutama dari kalangan madzhab Syafi'i.

Oleh karena itu, ada baiknya sebelum memulai sholat jenazah ada baiknya membaca niat telrebih dulu. Bacaan sholat jenazah perempuan sendiri tentunya berbeda denga niat laki-laki. Lantas, bagaimana bacaan sholat jenazah perempuan?

Berikut ini ada bacaan sholat jenazah perempuan yang perlu Anda ketahui:

Bacaan Sholat Jenazah Perempuan

Penting untuk diketahui, ada perbedaan bacaan bagi jenazah perempuan dan laki-laki. Lafaz bacaan salat jenazah perempuan yakni terbagi menjadi beberapa bagian, seperti sebagai berikut:

Bacaan Sholat Jenazah Perempuan untuk Imam

“Usholli ‘alaa haadzihil mayyitati arba’a takhbiratin fardhal kifayaati imaaman lillahi ta’alaa”

Artinya: "Saya niat shalat atas mayit perempuan ini empat kali takbir fardhu kifayah karena menjadi imam karena Allah Ta’ala."

Bacaan Sholat Jenazah Perempuan untuk Makmum

Usholli ‘alaa haadzihil mayyitati arba’a takhbiratin fardhal kifayaati ma’muuman lillahi ta’alaa”

Artinya: "Saya niat shalat atas mayit perempuan ini empat kali takbir fardhu kifayah karena menjadi makmum karena Allah Ta’ala."

Itulah demikian bacaan sholat jenazah perempuan yang wajib untuk dipahami agar sewaktu-waktu bisa berguna untuk keluarga maupun sahabat dekat yang ditinggal pergi selama-lamanya ke pangkuan Ilahi.

Waktu Pelaksanaan Sholat Jenazah

Berbeda dengan sholat fardu lainnya, sholat jenazah yang merupakan fardu kifayah tersebut memiliki kebebasan waktu pelaksanaannya dan tidak ditentukan secara khusus. 

Tiga waktu dilarangnya pelaksanaan sholat jenazah, beberapa di antaranya adalah

  • Saat matahari terbit hingga ia agak meninggi
  • Matahari tepat berada di pertengahan langit
  • Saat matahari hampir terbenam

Hal ini didasarkan pada hadis:

“Ada tiga waktu, yang mana Rasulullah SAW telah melarang kita untuk salat atau menguburkan jenazah pada waktu-waktu tersebut. (Pertama), saat matahari terbit hingga ia agak meninggi, (Kedua), saat matahari tepat berada di pertengahan langit (tengah hari tepat) hingga ia telah condong ke barat, (Ketiga), saat matahari hampir terbenam, hingga ia terbenam sama sekali.” (HR Muslim).

Demikian informasi yang dapat kami beritahu Anda terkait bacaan sholat jenazah perempuan, semoga berguna suatu saat nanti.

Kisah Haru Anak Sulung Jadi Imam Shalat Jenazah Ibu Bapak dan 4 Adiknya

Kisah Pilu Anak Jadi Imam Sholat Jenazah Kedua Orang Tuanya dan Empat Adiknya

Beredar di media sosial, video sebuah kisah pilu seorang anak sulung yang menjadi imam salat jenazah untuk ayah, ibu, serta empat adik perempuannya yang alami kecelakaan

img_title
VIVA.co.id
6 September 2023