Perlu Diketahui, Ini 4 Lokasi Penemuan Fosil Purba di Pulau Jawa

Fosil Manusia Purba
Fosil Manusia Purba
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis

VIVA Edukasi – Sejumlah fosil purba yang ditemukan di Indonesia, salahsatunya di petak 47 dan 49 kawasan Hutan Tritik, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur. Fosil tersebut ditemukan oleh Balai Pelestarian Situs Manusia Purba (BPSMP) Sangiran.

Temuan mereka antara lain fosil gading dan rusuk gajah purba, tanduk banteng purba, fosil rahang gajah purba 'stegodon' dan fosil tanduk banteng purba 'epileptobos'. Tak hanya di Kabupaten Nganjuk. Fosil hewan purba juga ditemukan di beberapa wilayah di Tanah Air seperti di Waduk Saguling, Bandung Barat hingga ladang jagung di Sragen, Jawa Tengah. Selain itu, ternyata terdapat beberapa tempat lain penemuan fosil purba di pulau Jawa loh. Apa saja? Simak ulasan Viva yang dirangkum dari berbagai sumber sebagai berikut.

1. Fosil Banteng Purba di Sungai Kapuan Blora

Fosil Hiu

Fosil Hiu

Photo :
  • U-Report

Masyarakat Blora dikejutkan dengan adanya fosil diduga banteng purba di tepian Sungai Kapuan, Kecamatan Cepu, Kabupaten Blora. Ketua Forum Peduli Sejarah Budaya Blora (FPSBB) Kecamatan Cepu, Joko Purnomo mengatakan fosil tersebut sudah muncul sebagian.

Saat digali, fosil yang ditemukan semakin besar. membuat penyelamatam fosil karena dikahwatirkan akan terbawa arus sungai saat musim penghujan. Penyelamatan fosil tersebut berawal dari kegiatan yang dilakukan oleh Balai Pelestarian Situs Manusia Purba (BPSMP) Sangiran selama tanggal 13 sampai 23 Oktober 2021 untuk melakukan penelitian pada tahun 2019 lalu.