Menilik Sejarah Senam Aerobik, Olahraga Populer Sejak Tahun 70-an

aerobik atau senam
Sumber :
  • inmagine

VIVA Edukasi – Senam aerobik merupakan hal yang familiar di telinga pecinta olahraga, tapi apakah kamu sudah mengetahui bagaimana sejarah senam aerobik? Sebelum membahas sejarah, mari mulai dengan pengertian senam aerobik terlebih dahulu ya.

Profil Dio Novandra, Pacar Megawati Hangestri yang Dikenalkan ke Para Pemain Red Spark

Senam aerobik adalah gerak yang dipadukan dengan irama musik yang dipilih dengan durasi tertentu yang bertujuan untuk meningkatkan efisiensi masuknya oksigen ke dalam jaringan tubuh. Senam aerobik merupakan salah satu olahraga yang menyenangkan, dapat dilakukan oleh banyak orang dan semua kalangan.

Wanita aerobik.

Photo :
  • U-Report
Erick Thohir: Generasi Emas Timnas Indonesia Terus Ciptakan Sejarah Baru

Senam aerobik memiliki banyak manfaat, diantaranya mampu meningkatkan energi tubuh, memperkuat otot dalam tubuh, kekebalan tubuh dapat meningkat, menurunkan berat badan, kelenturan tubuh meningkat, mencegah penyakit, daya tahan tubuh dan daya tahan jantung. Lalu bagaimana sejarahnya? Simak ulasan VIVA kali ini ya!

Sejarah Senam Aerobik

Gong Yoo dan Song Hye Kyo Bakal Main Drama Sejarah Bareng

Aerobik dengan Live DJ

Photo :
  • Daily Mail

Pada tahun 1960-an, dr. Kenneth Cooper memperkenalkan senam aerobik, dimulailah sejarah dari senam aerobik di Amerika Serikat. Senam menjadi olahraga yang populer sejak tahun 1970-an.

Pada saat itu senam aerobik masih bernamakan fitaerobik dan mulai berganti menjadi aerobik pada tahun 1990-an. Hal itu diawali perkembangan dalam jumlah organisasinya dari waktu ke waktu semakin pesat atau meningkat.

Peraturan senam aerobik terus menerus dibenahi, karena teknik dan tingkat kemajuan fisik dari para atlet yang semakin meningkat. Lalu, dibentuklah International Aerobics Federation (IAF).

Pada tahun 1995, senam aerobik sendiri telah diakui oleh Federation International Gymnastique yang akan menyelenggarakan ajang olahraga pertamanya di Paris. Sebelumnya olahraga yang dinaungi oleh FIG (Federation International Gymnastique) hanya hanya senam ritmik sportif dan artistik artistik.

Wanita Myanmar aerobik dengan lagu Ampun Bang Jago.

Photo :
  • Twitter

Persatuan Senam Indonesia (PERSANI) pun saat ini melakukan pembinaann terhadap atlet yang ada di negara Indonesia untuk senam aerobik tersebut.

Dalam olahraga aerobik ini tidak memerlukan tinggi badan atau dipengaruhi oleh spesifikasi yang diperlukan maka para atlet dari Indonesia sangat memungkinkan untuk mendapatkan prestasi dan menjadi juara dunia.

Perkembangan dari aerobik sendiri dimulai dari tahun 2000 tersebut di mana senam aerobik ini diikutsertakan dalam event Pekan Olahraga Nasional (PON) ke-XV di kota Surabaya. Mulai saat itu juga olahraga ini telah memiliki banyak peminat dari berbagai penjuru di Indonesia.

Olahraga Aerobik.

Photo :
  • U-Report

Bukan hanya dari Indonesia tetapi di luar negeri semacam ini peminatnya juga banyak sekali apalagi gerakan yang dilakukan sangat mudah dan juga bermanfaat dalam membuat tubuh menjadi sehat dan bugar.

Demikian VIVA merangkum tentang sejarah senam aerobik. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat bagi pembaca. Semoga juga para atlet senam aerobik Indonesia terus mendapatkan medali sehingga mengharumkan bangsa dan negara.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya