Unimed Gelar Wisuda Diikuti 1.356 Lulusan, Ini Pesan Rektor Syamsul

Rektor Unimed Prof. Dr Syamsul Gultom saat mewisuda 1.356 lulusan
Sumber :
  • Istimewa/VIVA

VIVA Edukasi - Universitas Negeri Medan (Unimed) menggelar wisuda diikuti 1.356 lulusan secara tatap muka dan berlangsung di Gedung Serbaguna, Kampus Unimed, di Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara, Rabu 22 Februari 2023. 

Rektor UNU Gorontalo Resmi Dilaporkan Polisi atas Kasus Dugaan Pelecehan Seksual

"Alhamdulilah, ucapara wisuda periode Februari 2023 ini. Dapat kita laksanakan, secara langsung di Gedung Serbaguna Unimed. Untuk yang pertama kalinya, setelah pandemi melanda kita kurang lebih 3 tahun," ucap Rektor Unimed, Prof. Dr Syamsul Gultom dalam kata sambutannya di hadapan peserta wisuda.

Syamsul atas nama pimpinan universitas dan jajaran mengucapkan selamat kepada ribuan lulusan yang mengikuti wisuda. Ia berpesan untuk selalu menjaga nama almamater di tengah masyarakat.

Rektor UNU Gorontalo Diduga Lecehkan 12 Mahasiswi, Dosen dan Staf di Kampus

Universitas Negeri Medan (Unimed)

Photo :
  • unimed.ac.id

"Ucapan selamat dan terima kasih juga saya disampaikan kepada seluruh orang tua/wali dan keluarga, yang telah mempercayakan pendidikan putra/putrinya kepada Universitas Negeri Medan," sebut Syamsul.

Awal Mula Dosen Untan Diduga Joki Nilai Mahasiswa S2: Tak Pernah Kuliah Tapi Ada Nilainya

Dengan upacara wisuda ini, Syamsul mengatakan para lulusan ke gerbang kesuksesan dengan menyongsong masa depan yang gemilang dan dapat membahagiakan kedua orang tua dan keluarga. 

"Upacara wisuda yang saudara ikuti ini, bukan menyatakan bahwa masa belajar Saudara telah berakhir. Justru harus Saudara jadikan sebagai titik awal perjuangan baru, dalam mengimplementasikan kemampuan dan skill yang sudah Saudara miliki selama studi di Unimed," jelas Syamsul.

Syamsul mengatakan gelar akademik dan keahlian yang telah peroleh harus menjadi modal yang dapat memberi kesempatan, lebih besar untuk berkiprah, dan berkarya dalam meniti karir untuk meraih kesuksesan hidup. 

"Kami mengajak semua para wisudawan yang diwisuda hari ini, agar saudara dapat melanjutkan studi kejenjang S2 dan S3, untuk mengembangkan dan meningkatkan pengetahuan dan skill yang lebih mahir dan profesional, agar tetap dapat bersaing di dunia kerja yang kompetitif," jelas Syamsul.

Untuk diketahui, Unimed saat ini telah memiliki 6 Program Doktor, dan 19 Program Magister yang terus berkembang. Melalui acara wisuda ini, Syamsul mengundang para wisudawan untuk kembali melanjutkan studi pada Program Doktor dan Magister yang ada di kampus kebanggaan kita Universitas Negeri Medan. 

"Alhamdulilah, saat ini Unimed memiliki 82 Program Studi D3, S1/D4, S2, S3 dan Profesi, 61 % sudah terakreditasi A/Unggul. Kita terus dorong agar tahun depan semua Prodi di Unimed harus meraih akreditasi Unggul," ucap Syamsul.

Selain itu, Ia mengungkapkan Unimed juga sekarang sedang berproses mempersiapkan peralihan status dari PTN BLU menjadi PTN-BH, agar lebih optimal dalam pengembangan mutu dan kemajuan kampus ini.

"Di era revolusi industri dan menuju era society 5.0, di mana teknologi informasi telah menjadi basis dalam kehidupan manusia. Saudara para wisudawan dituntut untuk lebih memiliki rasa empati, kepedulian, sense of belonging, kemahiran/skill dibidang IT dan bahasa Inggris," jelas Syamsul.

"Saat ini bukan lagi era kompetisi, namun saat ini yg dibutuhkan adalah kemampuan dan skill kolaborasi dalam berbagai hal," kata Syamsul.

Dalam melangkah ke jenjang karir, dan dunia kerja, Syamsul menyebutkan bahwa setidaknya ada 10 skill yang dibutuhkan di masa depan, yakni ilmuwan yang Kreatif, Kemampuan Menyelesaikan Masalah, Kerja Sama Tim atau Kolaborasi, Kepemimpinan, Kemampuan Negosiasi, Manajemen Waktu, Kemampuan Mengambil Keputusan, Kemampuan Mengendalikan Emosi.

"Kemudian, berpikir Kritis, dan Networking. Melalui Implementasi Kurikulum Berbasis KKNI dan penugasan 6 tugas wajib dalam setiap mata kuliah, kami yakin saudara semua lulusan UNIMED yang di wisuda hari ini, sudah memiliki 10 kompetensi dan skill yang dibutuhkan di dunia kerja," ujar Syamsul.

Syamsul menjelaskan bahwa masyarakat menaruh harapan besar kepada Universitas Negeri Medan untuk mendidik dan menghasilkan guru, konselor, pamong belajar, dan tenaga kerja yang bermutu dan berkarakter mulia yang memiliki kecerdasan intelektual, spiritual, emosional, dan kinestetik yang membentuk sikap dan mentalitas para wisudawan. 

"Kami yakin saudara mampu berkolaborasi untuk meraih kesuksesan di dunia kerja yang akan menghantarkan saudara dapat hidup sukses yang lebih cemerlang, untuk membahagiakan kedua orang tua dan keluarga," kata Syamsul.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya