Sederet Keutamaan Puasa Ramadhan bagi Umat Muslim, Masya Allah Luar Biasa

Ilustrasi ramadhan/berdoa.
Sumber :
  • Freepik

VIVA Edukasi – Ramadhan adalah bulan yang paling dinanti-nantikan oleh umat Muslim setiap tahunnya. Pasalnya di bulan ini umat Islam berbondong-bondong mencari pahala melalui berbagai amalan-amalan yang dilakukannya selama satu bulan penuh Ramadhan.

Esports: PUBG Mobile Sukses Gelar Turnamen Komunitas hingga Influencer selama Ramadhan

Jadi tak heran jika bulan Ramadhan disebut-sebut sebagai bulan yang penuh istimewa bagi semua umat Muslim, mengingat pahala serta keberkahan yang didapat sangatlah luar biasa.

Perlu umat Muslim ketahui, ada banyak keutamaan puasa Ramadhan bagi umat Muslim yang sayang jika harus diabaikan begitu saja. Pasalnya, di bulan tersebut selama satu bulan penuh dijadikan waktu untuk perbaikan diri.

Aturan Baru, Arab Saudi Izinkan Semua Jenis Visa Bisa Ibadah Umrah

Ilustrasi puasa

Photo :
  • pixabay

Selama bulan Ramadhan, umat Islam akan menjalani puasa Ramadhan. Selama sebulan, kita akan menahan lapar dan haus serta hawa nafsu untuk menghindari hal-hal yang membatalkan puasa.

Ninja Xpress: Pengiriman Paket Melonjak 20 Persen saat Ramadhan 2024

Tidak hanya itu, kita umat Muslim juga diminta untuk belajar tentang banyak hal mulai dari kesabaran, emapti, berbagi kebaikan, pengendalian diri, serta masih banyak lagi lainnya. Ini bukan hanya untuk pengembangan maupun perbaikan diri saja, tapi juga balasan yang diberikan dari Allah SWT sangatlah luar biasa yakni berupa pahala dan keberkahan yang melimpah.

Keutamaan Puasa Ramadhan

Ada banyak jenis dari keutamaan bulan puasa Ramadhan. Melansir  laman resmi Kementerian Agama, berikut sederet keutamaan puasa Ramadhan sebagaimana dikabarkan oleh Rasulullah SAW, di antaranya:

Sehari Berpuasa Dijauhkan 70 Tahun dari Neraka

Sebaiknya umat Muslim perlu memahami betapa banyaknya keutamaan yang didapat dalam menjalani puasa Ramadhan dalam satu bulan penuh. Salah satunya dijauhkan dari api neraka. 

Dari Abu Said RA.: "Rasulullah SAW., bersabda: "Tiada seorang hambapun yang berpuasa sehari dengan niat fisabilillah yakni semata-mata menuju kepada ketaatan kepada Allah-, melainkan Allah akan menjauhkan wajahnya -yakni dirinya- karena puasanya tadi, sejauh perjalanan tujuh puluh tahun dari neraka," (muttafaq 'alaih).

Diampuni Dosa-dosa Terdahulu

Dari Abu Hurairah RA. bahwasanya Nabi SAW., bersabda: "Barangsiapa yang berpuasa Ramadan karena didorong oleh keimanan dan mengharapkan keridhaan Allah, maka diampunkanlah untuknya dosa-dosanya yang terdahulu"(muttafaq 'alaih).

Ada Keberkahan di Dalam Makan Sahur
Dari Anas RA. berkata: Rasulullah SAW., bersabda: "Makan sahurlah kalian, karena pada makan sahur itu terdapat keberkahan" (HR Muslim).

Selalu dalam Kebaikan Selama Berbuka

Dari Sahal bin Saad RA: Bahwa Rasulullah SAW., bersabda: "Orang-orang itu senantiasa dalam kebaikan selama mereka menyegerakan berbuka" (HR Muslim). Menurut riwayat Tirmidzi dari hadits Abu Hurairah RA, bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda:

"Allah 'Azza wa Jalla berfirman: Hamba-Ku yang paling Aku cintai adalah mereka yang paling menyegerakan berbuka".

Bisa Masuk Surga Melalui Pintu Rayyan

ilustrasi masuk Surga

Photo :
  • U-Report

Bagi umat Muslim yang melakukan ibadah puasa Ramadan, dari Abu Hurairah RA bahwasanya Rasulullah SAW bersabda bahwa "Barang siapa yang menafkahkan sepasang binatang yakni dua ekor kuda, lembu ataupun unta dalam kepentingan fisabilillah maka ia akan dipanggil dari semua pintu surga dengan ucapan: "Hai hamba Allah, inilah yang lebih baik." Maka jikalau seorang itu dari golongan ahli salat, ia akan dipanggil dari pintu salat".

Barang siapa yang termasuk dalam ahli jihad, ia akan dipanggil dari pintu jihad. Barang siapa yang termasuk dalam ahli puasa, ia akan dipanggil dari pintu Rayyan. Artinya, puas atau kenyang minuman. Barang siapa yang termasuk dalam ahli sedekah, maka ia dipanggil dari pintu sedekah

Kemudian, Abu Bakar RA juga berkata: "Ya Rasulullah, tidak ada kerugian sama sekali bagi seorang yang telah dipanggil dari pintu-pintu itu, tetapi apakah ada seorang yang dipanggil dari semua pintu itu?" Beliau SAW menjawab: "Ya, ada dan saya mengharapkan agar Anda termasuk dalam golongan orang yang dipanggil dari semua pintu tadi," (muttafaq 'alaih).

Dari Sahl bin Sa'ad RA., dari Nabi Muhammad SAW., sabdanya: "Sesungguhnya di dalam surga itu ada sebuah pintu yang disebut pintu Rayyan. Artinya: puas dan kenyang minum. Dari pintu ini masuklah semua orang yang berpuasa besok pada hari kiamat. Tidak ada seorang yang selain orang-orang yang berpuasa itu yang dapat masuk dari pintu itu.

Dikatakanlah: "Manakah orang-orang yang berpuasa." Mereka itu lalu berdiri, lalu tidak seorangpun yang dapat masuk dari pintu Rayyan tadi selain orang-orang yang berpuasa. Jikalau mereka telah masuk seluruhnya, lalu pintu itupun ditutup, sehingga tidak seorangpun lagi yang dapat memasukinya," (muttafaq 'alaih).

Mendapatkan Balasan dari Allah

Bagi umat Muslim yang menjalankan ibadah puasa satu bulan penuh di luar kondisi tertentu akan mendapatkan balasan kebaikan 10 kali lipat.

"Orang yang berpuasa itu meninggalkan makan, minum dan syahwatnya karena taat pada perintahKu Allah. Puasa adalah untuk Ku (Allah) dan Aku akan memberikan balasannya, sedang sesuatu kebaikan itu dibalas dengan sepuluh kali lipat gandanya." (HR Imam Bukhari)

Sementara itu, dalam riwayat Imam Muslim disebutkan bahwa Setiap amal perbuatan anak Adam yakni manusia itu, yang berupa kebaikan akan dilipatgandakan pahalanya dengan sepuluh kalinya sehingga tujuh ratus kali lipatnya.

Keutamaan Lainnya Puasa Ramadhan

Meningkatkan Ibadah dan Amalan

Puasa Ramadan juga merupakan ibadah terlama karena dilakukan selama 1 bulan penuh.
 Selain puasa, banyak ibadah lain yang bisa dilakukan saat bulan Ramadan, dan akan mendapatkan imbalan pahala yang berlipat ganda.

Misalnya membaca Alquran, bersedekah, salat sunah tarawih, salat tahajud, dan amal ibadah lainnya. Tentu saja ini menjadi salah satu keutamaan bulan Ramadan.

Memberikan Efek Positif bagi Kesehatan

Meski bukan dianggap sebagai tujuan utama, ada efek positif puasa bagi kesehatan. Berdasarkan penelitian yang diterbitkan di Ibnosina Journal of Medicine and Biomedical Sciences menjelaskan bahwa, puasa dapat meningkatkan kesehatan tubuh. Salah satu peningkatan kesehatan yang terlihat adalah pada sistem pencernaan. Saat puasa, untuk sementara waktu sistem pencernaan akan beristirahat dan juga memberi kesempatan untuk mengeluarkan semua kotoran serta zat-zat berbahaya di dalamnya.

Mengasah Kemampuan Mengontrol Hawa Nafsu

Keutamaan dari puasa Ramadan berikutnya yaitu sebagai wadah untuk lebih bisa mengasah kemampuan untuk mengontrol hawa nafsu. Ketika sedang menjalankan ibadah puasa, seseorang akan lebih cenderung melakukan amalan saleh untuk bisa mengontrol keinginannya.

Sebab, tidak selamanya puasa akan berjalan lancar. Akan selalu ada godaan untuk melakukan perbuatan jelek bahkan berujung pada perbuatan maksiat. Jika tidak pandai mengontrol diri, bukan hanya pahala yang rusak atau hilang, malah bisa mengundang dosa.

Melatih Empati dan Kepedulian serta Kebiasaan Berbagi pada Sesama

Selain itu, saat berpuasa seseorang bisa menjadi pribadi yang lebih ramah dan saling berbagi kepada sesama. Dengan merasakan lapar karena tidak makan dan minum seharian, diharapkan seseorang dapat berempati dan peka pada orang yang kurang mampu dan tidak berkecukupan.

Empati yang tumbuh akan menghasilkan rasa saling merasakan kepada kekurangan saudara seiman.
Sehingga hikmah puasa Ramadan lainnya adalah menghasilkan umat yang mudah memberi dan berbagi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya