Tak Lolos SNBP, 5 PTN Ini Masih Sediakan Seleksi Pakai Nilai Rapor

Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung, Jawa Barat akan hadirkan Hybrid University
Sumber :
  • Unpad.ac.id

VIVA Edukai – Hasil Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) belum lama saja diumumkan pada 28 Maret 2023 lalu. Seleksi ini menggunakan nilai rapor sebagai salah satu persyaratan.

22.974 Peserta Mengikuti UTBK-SNBT 2024 di Unimed

Ada 143.085 siswa yang diterima dari total 152.120 daya tampungnya. Bagi siswa yang belum beruntung bisa lulus di jalur SNBP, sejumlah perguruan tinggi negeri (PTN) ada yang telah dan akan membuka jalur pendaftaran menggunakan nilai rapor. Kalian bisa cek

Persyaratan peserta SNBP 2023

Photo :
  • Instagram @_snpmbbppp
Sebanyak 37.169 Peserta Mengikuti UTBK-SNBT 2024 yang Digelar di USU
daftarnya di bawah ini:

1. Universitas Padjadjaran (Unpad)-S1 Sarjana Jalur Prestasi

Geger Seorang Pelajar SMP Terkapar Dikeroyok Sesama Pelajar, Pelaku Panik Ada CCTV

Penerimaan S1 Sarjana Jalur Prestasi Unpad ini dibuka untuk penghargaan bidang sains, olahraga, dan seni. Pendaftar wajib memiliki nilai SNBT atau nilai SMUP (Seleksi Masuk Unpad) 2023.

Pada jalur ini, peserta diminta menyertakan nilai rapor mulai semester 1-5 baik untuk siswa SMA/MA/SMK. Registrasi untuk jalur prestasi S1 Unpad bisa dilakukan mulai 29 Maret-1 Juni 2023 pukul 16.00 WIB.

2. Universitas Gadjah Mada (UGM) - Penelusuran Bibit Unggul Berprestasi

Universitas Gadjah Mada

Photo :
  • Twitter @UGMYogyakarta

UGM membuka seleksi Penelusuran Bibit Unggul Berprestasi (PBUB) untuk siswa SMA/MA/SMK/sederajat. Siswa yang dapat mendaftar adalah yang memiliki prestasi akademik yang baik dan konsisten.

Nilai rapor asli atau rapor konversi dari sekolah harus dalam skala 100 dan diunggah dengan format PDF. Adapun pendaftarannya dibuka dari 28 Maret sampai 12 April 2023 pukul 15.00 WIB.

3. Institut Teknologi Bandung (ITB) - Seleksi Mandiri

ITB

Photo :
  • Dok. Istimewa

Peserta Seleksi Mandiri (SM) ITB diperuntukkan bagi siswa SMA/MA IPA atau IPS maupun lulusan paket C IPA/IPS tahun ijazah 2021-2023. Peserta diwajibkan mengunggah nilai rapor lengkap dari semester 1 sampai 6.

Pada jalur ini, pendaftar wajib punya nilai UTBK 2023, sehingga harus ikut Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT). Pendaftaran SM ITB dilakukan secara daring pada 31 Mei sampai 30 Juni 2023.

4. Universitas Diponegoro (Undip) – Seleksi Bibit Unggul Berprestasi

Peresmian sekolah vokasi Universitas Diponegoro

Photo :
  • Ist

Pendaftaran Seleksi Bibit Unggul Berprestasi (SBUB) Undip telah dibuka sejak 16 Maret lalu dan ditutup 17 April 2023. Registrasinya dilakukan secara online dengan biaya pendaftaran Rp 250 ribu.

SBUB Undip dibuka untuk lulusan 3 tahun terakhir 2021-2023, baik jenjang SMA/MA/SMK/MAK. Selain itu, pendaftar harus memiliki nilai rata-rata rapor per semester 70 dari skala 100.

5. Universitas Negeri Semarang (Unnes) - S1 Jalur PGSD Unggulan

Universitas Negeri Semarang (Unnes).

Photo :
  • tvOne/ Teguh Joko Sutrisno (Semarang)

Unnes memiliki jalur seleksi khusus untuk siswa yang ingin mendaftar ke PGSD. Jalur PGSD Unnes dibuka bagi siswa SMA/SMK/MA/MAK yang pada tahun 2023 terdaftar aktif di kelas XII/XIII dan dibuktikan dengan surat keterangan dari kepala sekolah.

Jalur ini menerapkan seleksi berdasarkan nilai rapor semester 1-5 mapel bahasa Inggris, IPA, IPS, matematika, PKn, dan bahasa Indonesia dengan nilai minimal 8. Selain itu, peserta akan mengikuti ujian tulis bahasa Inggris dan tes potensi akademik serta wawancara.

Pendaftaran jalur S1 PGSD Unggulan Unnes sudah dibuka sejak 1 Maret lalu dan akan ditutup 9 Juni 2023.

Itulah beberapa jalur seleksi PTN menggunakan nilai rapor yang sudah dibuka dan akan dibuka. Selamat mencoba.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya