Soft Launching Program Kerjasama MarkPlus-UNPAD Luhung-Lokatekno

Gedung Rektorat Universitas Padjajaran, Bandung.
Sumber :
  • U-Report

Jakarta – Dalam rangka menghadapi perubahan paradigma di dunia pendidikan tinggi, Universitas Padjadjaran (UNPAD) meluncurkan strategi pembelajaran baru. UNPAD telah mengadopsi model pembelajaran inovatif dan menggabungkan teknologi dalam proses pembelajarannya secara Hybrid. 

Terpilih Jadi Ketua SC BPD-SI, Dirut Bank Sumut Siap Berikan Kontribusi Positif Pertumbuhan Ekonomi

Strategi tersebut guna menghadapi disrupsi yang terjadi akibat perkembangan teknologi dan pandemi COVID-19 dan meningkatkan kualitas serta akses Pendidikan Tinggi yang dilaksanakan oleh UNPAD di 2024 mendatang.

Soft Launch of Hybrid University UNPAD pun dilaksanakan dalam gelaran The 11th Annual Jakarta Marketing Week di Grand Atrium Kota Kasablanka, Jakarta Selatan pada Minggu, 18 Juni 2023. 

Bentuk Nilai Moral dan Budi Pekerti, Kepala Sekolah dan Guru Binaan Ikut Seminar Motivasi

Gedung Rektorat Unpad Jatinangor. Sumber: youtube.com

Photo :
  • U-Report

Acara tersebut dihadiri oleh Ir. Priyantono Rudito, M.Bus, Ph.D selaku Komite Hybrid University dan Dosen Pengajar TAM SDM MM UNPAD dan Diana Sari, Ph.D. selaku Direktur Badan Pengembangan Usaha Komersial dan Investasi UNPAD. 

Coldspace Hadirkan Teknologi Hybrid Cold Fulfillment Warehouse Pertama di Indonesia

Ir. Priyantono Rudito dalam pemaparannya menyatakan pentingnya mengkalibrasi ekosistem masa dan menciptakan ekosistem baru yang berfokus pada teknologi dan inovasi.

“Pendekatan Learner-Centric yang kami bawa dalam bentuk kolaborasi Universitas-Industri-Pemerintah merupakan peluang besar untuk membentuk kebutuhan dan keterampilan mahasiswa, mendorong standar pendidikan dan pelatihan dengan menyelaraskan akreditasi dengan persyaratan pengusaha, menyediakan pendanaan, dan pada akhirnya, membentuk kebijakan pendidikan," ujarnya. 

Gedung Rektorat Universitas Padjajaran, Bandung.

Photo :
  • U-Report

Dengan menghadirkan Massive Open Online Course (MOOC) atau Universitas Padjadjaran Learning and Upskilling Hub for Next Generation (UNPAD Luhung) yang merupakan hasil bentuk kerjasama antara UNPAD dengan MarkPlus Institute dan Lokatekno Digital Indonesia, UNPAD melakukan penguatan di bidang pembelajaran dan teknologi. 

Hasil dari kolaborasi ini adalah untuk mempercepat pertumbuhan MOOC UNPAD melalui pembuatan kelas bersertifikat untuk Aparatur Sipil Negara (ASN), Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), serta mahasiswa.

“Transformasi UNPAD menjadi Hybrid University adalah komitmen kami dalam memastikan keunggulan UNPAD sesuai dengan visi dan nilai-nilai kami. Melalui penguatan Learning Management System internal UNPAD dan peluncuran Massive Open Online Course (MOOC), kami berusaha memberikan akses pendidikan yang mudah bagi mahasiswa UNPAD dan juga masyarakat umum,” ujar Diana Sari, Ph.D.

Dengan langkah ini, diharapkan agar UNPAD dapat lebih luas dalam menyebarkan informasi tentang implementasi yang telah dilakukan dalam program pembelajaran yang telah dilakukan sejauh ini. 

Ditegaskan juga komitmen UNPAD yang akan untuk terus berinovasi dan berkolaborasi dengan pihak eksternal untuk menghadapi tantangan dan mempersiapkan mahasiswa untuk masa depan yang semakin digital dan terhubung.

Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung, Jawa Barat akan hadirkan Hybrid University

Photo :
  • Unpad.ac.id

Learning Management System UNPAD Luhung sendiri merupakan implementasi yang telah dilakukan oleh UNPAD pada Program Pembelajaran terbaru. Dalam praktik pendidikan UNPAD, sistem ini mencerminkan kemajuan yang signifikan dan menunjukkan dedikasi pengalaman belajar yang lebih baik.

Ir. Priyantono Rudito juga menjelaskan kembali tentang model Learner-Centric yang merupakan kolaborasi antara University-Industry-Government. 

"Model ini bertujuan untuk menciptakan pengalaman pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Dalam lingkungan ini, peserta didik memiliki kontrol yang lebih besar atas pendidikan mereka, dapat memilih waktu, tempat, dan cara belajar yang sesuai dengan gaya dan preferensi mereka,” terangnya. 

Teknologi memainkan peran penting dalam mendukung model Learner-Centric dalam era digital yang terus berkembang ini. Peserta didik dimungkinkan untuk mengakses sumber daya pembelajaran, berinteraksi dengan instruktur dan sesama peserta didik, serta mengikuti pembelajaran secara fleksibel dengan perangkat lunak dan platform pembelajaran digital yang canggih.

Ini memungkinkan pembelajaran yang kolaboratif, interaktif, dan personal sesuai dengan kebutuhan individu. Kolaborasi antara universitas, industri, dan pemerintah menjadi kunci dalam mewujudkan model Learner-Centric yang akan digunakan dalam proses pembelajaran Hybrid UNPAD.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya