Lakukan Berbagai Inovasi, SMPN Ini Jadi Percontohan Sekolah Digital Indonesia

Ilustrasi digital.
Sumber :
  • Freepik

Kalimantan Selatan – SMP Negeri 1 Kandangan menjadi percontohan sebagai Sekolah Digital Indonesia (SDI). Pernyataan ini disampaikan Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), Kalimantan Selatan.

5 Fakta Menarik Hari Pendidikan Nasional

Kepala Sekolah SMPN 1 Kandangan Roos Anita di Kandangan, mengatakan SDI memiliki beberapa fitur yang bisa digunakan, salah satunya e-presensi.

"Nantinya daftar hadir anak-anak kita akan terkoneksi dengan WhatsApp orang tua yang aktif, sehingga bisa dilihat jam berapa anak datang dan pulang dari sekolah," ujar Anita, Rabu 2 Agustus 2023.

Peserta UTBK Diimbau Waspada Penipuan Janji Kelulusan

Ia menjelaskan, tujuan e-presensi ini untuk menanamkan karakter positif, seperti karakter disiplin terhadap anak-anak dan kegiatan ekstrakurikuler tapping ulang.

Selain fitur e-presensi, juga terdapat e-library dan LMS, sehingga siswa akan mengikuti ujicoba ujian atau ulangan dengan menggunakan fitur LMS pada SDI.

22.974 Peserta Mengikuti UTBK-SNBT 2024 di Unimed

Sementara itu, Bupati HSS Achmad Fikry menyambut baik kegiatan ini sebagai pilot project dengan harapan sekolah lain bisa meniru SMP Negeri 1 Kandangan.

"Banyak manfaatnya, dengan SDI pergerakan anak-anak di sekolah akan terpantau oleh orang tua, termasuk ada kemudahan dalam rangka perpustakaan dan lain-lain," kata Fikry.

Ia juga mengapresiasi pihak SMP Negeri 1 Kandangan yang berinovasi memanfaatkan teknologi untuk kemajuan bidang pendidikan. (Antara)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya