Bakal Wakili Indonesia di Asia Pasifik, Kompetisi Bisnis Tingkat SMA Sukses Digelar

Kompetisi bisnis pelajar SMA.
Sumber :
  • Prestasi Junior Indonesia (PJI).

JAKARTA – Kompetisi nasional bertajuk Student Company of the Year Competition diselenggarakan di Jakarta pada Selasa 12 September 2023. Kompetisi tersebut sekaligus menandai puncak tahun pertama Zurich Entrepreneurship Program.

2 Orang Ini Siap Mengawal Laju Bisnis Perusahaan

Kelompok bisnis pelajar dari enam SMA dan SMK dari Denpasar, Surabaya, dan Medan memamerkan kinerja perusahaan dan produk inovasi mereka untuk bersaing memperebutkan kesempatan emas menjadi student company terbaik mewakili Indonesia di kompetisi tingkat Asia Pasifik pada Februari 2024 mendatang. 

Edhi Tjahja Negara, Direktur Utama PT Zurich Asuransi Indonesia Tbk, mengungkapkan, capaian program tersebut sejatinya merefleksikan besarnya potensi generasi muda Indonesia. 

Anak Mulai Pakai Ponsel Harus Dipantau, Bisa Timbulkan Risiko Negatif Ini Bun!

"Melanjutkan kesuksesan tersebut, kami sangat antusias dapat memulai pelaksanaan tahun kedua dari Zurich Entrepreneurship Program dengan melibatkan lebih banyak sekolah dan siswa untuk memperluas jangkauan dan semakin meningkatkan manfaat dari program ini," ujar Edhi dalam keterangannya, dikutip Rabu 13 September 2023.

Pertamina Goes to Campus 2024 Resmi Dibuka

"Sejalan dengan tujuan kami untuk menciptakan masa depan yang lebih cerah, kami yakin bahwa keterampilan yang diperoleh melalui program ini akan memfasilitasi generasi muda dalam menciptakan peluang ekonomi dan tumbuh sukses di masa depan," tambahnya.

Zurich Entrepreneurship Program sejauh ini berhasil memberikan edukasi dan membimbing lebih dari 1.900 siswa SMA dan SMK di Indonesia dalam menciptakan bisnis baru sejak diluncurkan Juni 2022. Para siswa berhasil mengoperasikan 30 bisnis baru dan mengontribusikan total pendapatan bisnis sekitar Rp200 juta.

Gregory Renand, Head of the Z Zurich Foundation, menambahkan, partisipasi generasi muda dalam program ini akan menjadi sebuah perjalanan transformatif yang mengarahkan mereka pada masa depan yang berkelanjutan. 

"Kami bangga dapat bersinergi dalam Zurich Entrepreneurship Program untuk memastikan bahwa setiap generasi muda Indonesia memiliki akses ke sumber daya dan peluang yang mereka pantas dapatkan," ungkapnya.

Dalam kompetisi ini, dewan juri yang datang dari kalangan pengusaha dan profesional bisnis akan mengevaluasi kinerja bisnis para peserta secara komprehensif. Demikian halnya inovasi produk, efektivitas operasional, dan efisiensi keuangan, juri juga mempertimbangkan aspek keberlanjutan dan potensi pengembangan bisnis di masa depan untuk menentukan perusahaan siswa (student company) terbaik.

Dalam kesempatan sama, Robert Gardiner, Academic Advisor and Operations Counsel Prestasi Junior Indonesia, menjelaskan, pemenang kompetisi nasional ini akan bertemu rekan-rekan mereka dari 17 negara di kawasan Asia Pasifik. 

"Kesempatan ini tidak hanya memberikan pengalaman baru bagi para siswa, tetapi juga menghidupkan mimpi-mimpi baru untuk masa depan mereka," tuturnya.

"Kami menyampaikan terima kasih sebesar-besarnya kepada Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia, Zurich Indonesia, Z Zurich Foundation, serta seluruh pihak yang mendukung terciptanya perjalanan transformatif ini, di mana dunia yang penuh peluang menanti setiap generasi muda Indonesia,” tutup Robert Gardiner.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya