Puluhan Siswa SMP Naik Bukit Demi Isi ANBK Karena Sinyal Internet Tak Ada

Puluhan siswa SMP Negeri 03 Menukung harus menaiki bukit mencari sinyal internet
Sumber :
  • VIVA | Destriadi Yunas Jumasani (Kalimantan Barat)

Melawi – Akibat tak memiliki sinyal internet di sekolahnya, puluhan siswa SMP Negeri 03 Menukung harus menaiki bukit mencari sinyal internet guna melaksanakan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) di Kabupaten Melawi, Kalimantan Barat.

Kemenkominfo Menggelar Talkshow dengan Tema Jarimu Harimaumu

Di atas bukit tersebut pihak sekolah mendirikan pondok sederhana, sehingga para siswa bisa terhindar dari hujan dan panas terik matahari.

Pondok sederhana tersebut hanya terbuat dari terpal yang dibentangkan dan ditopang dengan kayu di empat penjuru.

Kemenkominfo Mengadakan Chip In “Periksa Fakta Sederhana”

Aktivitas menaiki bukit guna mencari sinyal untuk kebutuhan sekolah ini masih akan berlangsung, karena belum ada kepastian masuknya akses internet ke sekolah.

"Terutama saat pelaksanaan PPDB dan ujian nasional mendatang," ujar Himawan Zulianto yang merupakan  guru SMPN 03 Menukung.

Cegah Informasi Simpang Siur, Jemaah Haji Diimbau Tak Bagikan Kabar Tidak Benar di Media Sosial

Meski sudah bertahun-tahun kondisi ini dilaporkan kepada pihak terkait, hingga saat ini layanan internet di sekolah belum dapat diinstalasikan karena tidak ada jaringan internet yang masuk di wilayah tersebut.

"Di sekolah tidak ada sinyal internet, maka anak-anak harus naik ke bukit kebun sawit warga untuk bisa mengerjakan ANBK," ucapnya.

Lanjut Himawan, para siswa setidaknya harus menempuh jarak 10 menit perjalanan. Namun, meski dengan kondisi sulitnya akses dan fasilitas tak memadai tersebut, pihaknya berharap pelaksanaan ANBK bisa berjalan baik dan lancar.

"Hingga kini belum ada kendala. Semoga bisa selesai dan dengan hasil yang baik juga," harapnya.

Pihak sekolah berharap, jaringan internet dapat segera masuk ke wilayah tersebut, agar memudahkan aktivitas belajar mengajar yang saat ini bergantung dengan akses internet.

Baca artikel Edukasi menarik lainnya di tautan ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya