Kemandirian Pesantren Jadi Amanah Presiden Jokowi, Menag Yaqut Siap Jalankan

Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas Pondok Pesantren Krapyak
Sumber :
  • Istimewa

Yogyakarta – Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas dorong implementasi program Kemandirian Pesantren. Menurutnya hal ini sesuai dengan amanah Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Diungkap Istri, Anak Kiai Ponpes di Jember Sering Open BO Waria

Pernyataan ini disampaikan Menang saat menghadiri acara Sarasehan Kyai Muda Pesantren di Pondok Pesantren Krapyak, Bantul. Yogyakarta, Jawa Tengah, Sabtu, 7 Oktober 2023 malam.

Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas

Photo :
  • Kemenag
Hasil Kolaborasi Kemenag, KPI dan MUI Hasilkan Pemenang Anugerah Syiar Ramadan 2024

"Beberapa hari lalu saya bertemu Presiden Joko Widodo, mengamanahkan untuk lebih memperhatikan ekonomi pesantren," kata Yaqut dalam keterangan tertulis, Senin, 9 Oktober 2023.

Yaqut juga berharap, program Kemandirian Pesantren dapat dirasakan seluruh warga pesantren hingga masyarakat luas.

437 Petugas Haji Indonesia Berangkat ke Tanah Suci, Ini Pesan Kemenag

"Saya ingin masyarakat merasakan manfaat yang lebih dari program pemerintah, terlebih Pondok Pesantren dan banyak pihak," ungkapnya

Yaqut menilai bahwa dengan ekonomi pesantren yang kuat maka dakwah akan lebih mudah tersampaikan di tengah masyarakat.

"Ekonomi pesantren harus dikembangkan mulai dari pelatihan hingga pemasaran hasil produk untuk memakmurkan lingkungan pesantren. Maka dari itu, harus ada kegiatan produktif di lingkungan pesantren," terangnya

Terkait hal ini, lanjut Yaqut, Kementerian Agama bisa memberikan stimulan/rangsangan untuk mengembangkan sekaligus mendorong ekonomi pesantren. Di sinilah titik penting program ekonomi pesantren.

Turut mendampingi Menag Yaqut, Staf Khusus dan Staf Ahli Menteri Agama. Tampak juga Rektor UIN Sunan Kalijaga, Al Makin, Kakanwil Kemenag DIY, Masmin Afif.

Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas

Photo :
  • Kemenag
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya