Heboh! Warga dan DPRD Sepakat Tolak Pembangunan Sekolah Kristen di Parepare

Warga Menolak Pembangunan Sekolah Kristen di Kota Parepare, Sulsel.
Sumber :
  • VIVA | Supriadi Maud

Parepare – Baru-baru ini heboh sejumlah warga melakukan aksi demonstrasi menolak pembangunan Sekolah Kristen di Kota Parepare, Sulawesi Selatan (Sulsel). Warga menganggap pembangunan sekolah tersebut sudah menyalahi aturan yang ada.

Cegah Informasi Simpang Siur, Jemaah Haji Diimbau Tak Bagikan Kabar Tidak Benar di Media Sosial

Para warga kemudian berdemontrasi dengan tujuan menolak pembangunan Sekolah Kristen Gamaliel yang dibangun di lokasi tersebut. Demo itu pun digelar pada Jumat 6 Oktober 2023 lalu di Jalan Poros Parepare-Pinrang dan di depan kantor DPRD Parepare.

Warga yang berpartisipasi dalam aksi ini menyebut bahwa Sekolah Kristen Gamaliel tersebut dibangun dengan menyalahi aturan-aturan yang berlaku. Selain itu, lokasi ini juga berada di lingkungan mayoritas muslim.

PDIP Sumbar Menang Atas Gugatan dari Kader Sendiri

Dalam video yang diunggah oleh akun @____theDEVIL, nampak ratusan warga berdemonstrasi massal yang berlangsung dengan damai dan penuh semangat. Mereka berbaris sambil membawa spanduk dan poster menunjukkan keberatan mereka terhadap pembangunan sekolah kristen Yayasan Gamaliel.

Demonstran mengeluarkan pernyataan bahwa mereka ingin menjaga keragaman agama, dan menghindari potensi konflik sosial yang bisa muncul akibat pembangunan sekolah tersebut.

Sambut Hari KI Sedunia, RuKI Bergerak Berikan Edukasi ke Seluruh Indonesia

“Kami dari Aliansi masyarakat Soreang kota Parepare, menolak keras pembangunan sekolah kristen Gamaliel yang berada di wilayah kami. Kami tidak ingin terjadinya konflik antar agama, kami ingin damai,” ucap salah seorang peserta Demonstrasi itu.

Warga Menolak Pembangunan Sekolah Kristen di Kota Parepare, Sulsel.

Photo :
  • VIVA | Supriadi Maud

Menanggapi hal tersebut, Dewan Perwakilan Raykat Daerah (DPRD) kota Parepare akhirnya turun tangan. Para Dewan di Kota Kelahiran mantan Presiden RI, BJ Habibie itu secara resmi menolak rencana pembangunan sekolah kristen Yayasan Gamaliel.

Hal ini dilakukan menyusul aksi demontrasi besar-besaran dari masyarakat yang menuntut pembatalan pembangunan sekolah tersebut.

Keputusan ini pun diumumkan langsung dalam sidang istimewa yang digelar DPRD kota Parepare, pada Jumat 6 Oktober 2023 lalu.

Menurut DPRD Kota Parepare, bahwa pembangunan sekolah kristen Gamaliel telah menjadi perdebatan hangat dalam beberapa bulan terakhir. Ditambah lagi adanya protes terhadap proyek ini semakin meruncing ketika sejumlah warga Parepare, termasuk beberapa pemuka agama dan tokoh masyarakat, memandang pendirian sekolah Kristen dapat mengancam kerukunan antarumat beragama di kota ini.

Akibat panasnya desakan warga, DPRD kota Parepare akhirnya mengambil keputusan untuk menolak proyek pembangun sekolah kristen Gamaliel. Dalam pernyataan resminya, DPRD Parepare menyatakan bahwa keputusan ini diambil untuk menjaga keharmonisan dan stabilitas sosial di kota Parepare.

“Kami mendengarkan suara masyarakat dan merasa penting untuk menjaga persatuan dan kerukunan antarumat beragama di kota ini. Keputusan ini diambil setelah mempertimbangkan berbagai aspek, termasuk kepentingan masyarakat yang menjadi prioritas kami,” Kata Ketua DPRD kota Parepare, Kaharuddin Kadir, dalam keterangannya, Senin 9 Oktober 2023.

Menurut dia, Keputusan ini memicu reaksi beragam dari berbagai pihak, termasuk yayasan kristen yang berencana membangun sekolah tersebut.

Keputusan DPRD kota Parepare untuk menolak pembangunan sekolah kristen Gamaliel menegaskan pentingnya partisipatif aktif masyarakat dalam mengambil keputusan yang berkaitan dengan proyek pembangunan yang dapat mempengaruhi kehidupan bersama.

“Sebagai wakil rakyat, pihak DPRD mengambil langkah yang sesuai dengan aspirasi masyarakat dalam upaya menjaga harmoni dan kerukunan di kota Parepare,” kata Kaharuddin Kadir.

“Sehingga kami pun sudah sepakati bahwa DPRD segera menyurat untuk menghentikan pembangunan sekolah itu," terangnya.

Baca artikel Edukasi menarik lainnya di tautan ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya