Magister Ilmu Komunikasi Universitas Bakrie Dorong Pengembangan Desa Wisata Sukarame

Magister Ilmu Komunikasi Universitas Bakrie Lakukan Pengabdian Masyarakat
Sumber :
  • U Bakrie

Pandeglang – Program Magister Ilmu Komunikasi Universitas Bakrie melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat di Desa Wisata Sukarame, Kecamatan Carita, Kabupaten Pandeglang selama bulan Juli hingga November 2023. Pelaksanaan Adapun pelaksanaan kegiatan lapangan pada 27 sd 29 September 2023.

Bank Sumut Promosikan Pariwisata Danau Toba Melalui Pertemuan BPD se-Indonesia

Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk mengembangkan Program Geowisata menuju penetapan kawasan Geopark Nasional Ujung Kulon. Kegiatan program pengabdian kepada masyakarat hibah internal Universitas Bakrie dengan kontrak no Nomor: 045/SPK/LPkM-UB/VIII/2023, berjudul Pengembangan Kapasitas Organisasi Desa Wisata Sukarame dalam Program Geowisata di Kabupaten Pandeglang.

Magister Ilmu Komunikasi Universitas Bakrie Lakukan Pengabdian Masyarakat di Des

Photo :
  • U Bakrie
Paket Promo ke Destinasi Wisata Dunia Bisa Dapat Diskon Rp 12 Juta, Simak!

Desa Wisata Sukarame telah mencapai prestasi sebagai salah satu desa wisata terbaik di Indonesia. Namun, sebagai salah satu wilayah dalam kawasan Geopark Ujung Kulon, organiasi desa wisata ini memerlukan pelatihan dan pendampingan untuk melaksanakan program geowisata.

Kim Soo Hyun Jalani Pelatihan Tentara Cadangan Jelang Episode Terakhir Queen of Tears

Hal tersebut sesuai dengan pengalaman dan bidang kepakaran, diusulkan untuk melaksanakan kegiatan Pengembangan Kapasitas Organisasi Desa Wisata Sukarame dalam Program Geowisata di Kabupaten Pandeglang, bersama mitra kegiatan yaitu Badan Pengelola Geopark Ujung Kulon.

Metode kegiatan pengabdian masyarakat ini menginplementasikan pelatihan dan pendampingan kepada masyarakat untuk merancang dan melaksanakan pengelolaan serta promosi geowisata dengan optimalisasi penggunaan media yang mempunyai tujuan sebagai berikut:

  1. Pelatihan bagi anggota organisasi desa wisata dalam bidang kewirausahaan, manajemen usaha, pemasaran, dan keuangan. Pelatihan ini bertujuan untuk membantu organisasi desa wisata mengelola usaha dengan lebih efektif dan meningkatkan pendapatan serta keberlanjutan usaha
  2. Pelatihan  mengenai penggunaan teknologi dan media sosial untuk mempromosikan desa wisata. Pelatihan ini bertujuan untuk membantu organisasi desa wisata mencapai pasar yang lebih luas dan memperluas jangkauan promosi.
  3. Pelatihan pengembangan keterampilan sebagai pemandu wisata yang baik, termasuk kemampuan bercerita, komunikasi, dan keterampilan interpersonal yang diperlukan untuk memberikan pengalaman wisata yang mengesankan.

Magister Ilmu Komunikasi Universitas Bakrie Lakukan Pengabdian Masyarakat

Photo :
  • U Bakrie

Kemudian, kegiatan dibagi menjadi dua jenis, yaitu pelatihan dan pendampingan. Pelatihan di kelas dilaksanakan pada 28 September 2023 dan diikuti oleh 25 orang anggota pokdarwis dan penggiat desa wisata Sukarame. Pelatihan tersebut juga diikuti dengan pendampingan terhadap praktik geowisata yang dijalankan oleh KABL pada 29 September 2023.

  1. Pelatihan bagi anggota organisasi desa wisata dalam bidang keuangan dibawakan oleh Dr Jurica Lucianda. Selanjutnya, pelatihan bagi anggota organisasi desa wisata dalam bidang manajemen usaha dan pemasaran dibawakan oleh Dominika beserta team. Kedua pemateri membawakan pelatihan berdasarkan modul yang telah diterbitkan sebelumnya.
  2. Pelatihan  mengenai penggunaan teknologi dan media sosial untuk mempromosikan desa wisata diberikan secara workshop yaitu melalui praktik pembuatan konten tiktok dan IG. Desa Wisata Sukarame telah memiliki akun media sosial dan website yang aktif, tetapi kekurangan postingan dan juga dapat ditambahkan unsur-unsur postingan yang lebih menarik. Pelatihan dan pendampingan ini dilakukan oleh Eli Jamilah Mihardja, Rexy Fajrin Ismail dari Magister Ilmu Komunikasi beserta team yang juga melibatkan Biro Komunikasi Strategis Universitas Bakrie yang turut serta ke lokasi.
  3. Pada sesi yang sama, disampaikan juga  pelatihan pengembangan keterampilan sebagai pemandu wisata yang baik sebagai kompetensi dasar dari pemandu wisata. Pelatihan dan pendampingan ini lebih dititikberatkan pada penyampaian narasi dan interpretasi potensi warisan geologi yang ada di wilayah Sukarame, dalam bentuk storytelling. Pelatihan ini dilakukan oleh Eli Jamilah Mihardja, Insan H. Harahap, Devi Puspitasari, Ahmad Yani, dan Denisa Azzura sebagai Pemandu Geowisata bersertifikat BNSP dari Universitas Bakrie.

Magister Ilmu Komunikasi Universitas Bakrie Lakukan Pengabdian Masyarakat

Photo :
  • U Bakrie

Kegiatan ini dilaksanakan oleh dosen dan mahasiswa dari Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial, serta Magister Ilmu Komunikasi Universitas Bakrie sebagai berikut ini:

  1. Eli Jamilah Mihardja, Ph. D             (Prodi Magister Ilmu Komunikasi/Ketua)
  2. Dr. Jurica Lucyanda, S.E., M.Si.      (Prodi Akuntansi/Anggota)
  3. Dominica Arni Widyastuti, S.E., M.M.(Prodi Manajemen/Anggota)
  4. Rexy Fajrin Ismail                             (Mahasiswa M Ikom/Anggota)
  5. Denisa Azzura                                   (Mahasiswa Prodi Manajemen/Anggota)
  6. Holila Hatta, S. Pd, M.M.                 (Dosen Prodi Manajemen/Anggota)
  7. Insan H. Harahap, M. AP                 (Dosen Prodi Ilmu Politik Anggota)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya