Penemuan Fosil Purbakala Utuh Gegerkan Kudus Jawa Tengah

Penemuan Fosil Purbakala Utuh Gegerkan Kudus Jawa Tengah
Sumber :
  • Istimewa

Kudus – Situs Purbakala Patiayam di Kudus, Jawa Tengah, memiliki potensi besar untuk membuka lembaran sejarah peradaban manusia. Sejumlah profesor, peneliti senior, dan ahli arkeologi berkumpul untuk menjelajahi Pegunungan Patiayam di Desa Terban, Kecamatan Jekulo, Kudus.

Erick Thohir: Generasi Emas Timnas Indonesia Terus Ciptakan Sejarah Baru

Mereka telah aktif melakukan penggalian dan penelitian sejak Senin, 8 Januari 2024, hingga Minggu, 21 Januari 2024. Terungkap bahwa Situs Purbakala Patiayam Kudus menyimpan berbagai harta karun, termasuk Gajah Purba, yang telah terpendam selama jutaan tahun.

Penemuan Fosil Purbakala Utuh Gegerkan Kudus Jawa Tengah

Photo :
  • Istimewa
Gong Yoo dan Song Hye Kyo Bakal Main Drama Sejarah Bareng

Tak mengherankan jika kekayaan peninggalan masa purba itu, memantik ketertarikan para peneliti CPAS (Center for Prehistory and Austronesian Studies) Indonesia, Yayasan Pusat Studi Prasejarah dan Austronesia) BRIN serta Yayasan Dharma Bakti Lestari.

Dari hasil ekskavasi, Tim CPAS menemukan fosil gajah stegodon dan fosil kerbau di hari ke-11 penggalian fosil di Situs Purbakala Patiayam. Fosil tersebut masih famili dengan fosil gajah yang diduga hidup di lingkungan Patiayam.

Sejarah Tercipta Thomas Cup dan Uber Cup, Sempat Tertunda Gegara Perang Dunia II

Proses ekskavasi dilakukan pada Sabtu, 20 Januari 2024. Ditemukan dua fosil di dua tempat berbeda yakni di Luwehan dan Bukit Slumprit.

Tim segera memindahkan hasil temuan tersebut ke Museum Patiayam yang berjarak 5 kilometer dari lokasi.

Tahapan ekskavasi itu dipantau langsung oleh Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kudus, Mutrikah dan pendiri Yayasan Dharma Bakti Lestari, Lestari Mordijat. Tak ketinggalan masyarakat Desa Terban, pelajar, Forkompincam dan penggiat pariwisata di Kudus, ikut menyaksikan proses tersebut.

Penemuan Fosil Purbakala Utuh Gegerkan Kudus Jawa Tengah

Photo :
  • Istimewa

“Situs Patiayam bukan hanya tempat terkuburnya tulang belulang fosil purbakala. Lebih dari itu, merupakan situs yang mampu mereproduksi kekayaan sejarah peradaban manusia yang dapat memperkokoh nilai-nilai kebangsaan,” ujar Lestari Mordijat selaku pendiri Yayasan Dharma Bakti Lestari saat talk show di halaman Museum Patiayam.

Rerie sapaan akrabnya mengatakan, situs Patiayam adalah situs purbakala yang luar biasa dengan nilai-nilai sejarah yang menyertainya. Di situs Patiayam yang berjarak 18 kilometer dari pusat Kota Kudus ini, arkeologi banyak menemukan fosil dan artefak yang diduga berusia ratusan ribu tahun.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya