Wujudkan Program Internasionalisasi Kampus, UMSU Ikuti Pameran APAIE di Australia

UMSU ikut serta expo pendidikan tinggi di Australia.(dok UMSU)
Sumber :
  • VIVA.co.id/B.S. Putra (Medan)

VIVA  – Wujudkan program Internasionalisasi kampus, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) mengikuti expo pendidikan tinggi, berlangsung Asia Pacific Asociation For International Education (APAIE) di Perth, Australia 4-8 Maret 2024. 

Kampus-kampus di Amerika Serikat Banyak Demo, PM Israel Merasakan Ini

Sebagai informasi, pameran ini bertujuan mempertemuan ribuan praktisi pendidikan tinggi, seluruh dunia untuk membangun kerjasama dan kolaborasi, sesama perguruan tinggi.

Pada even tersebut, UMSU membuka stand pameran berlokasi di W-31, yang menampilkan profil dan informasi detail tentang institusi, fakultas dan program studi, aktivitas kerjasama dan tawaran peluang kolaborasi yang dapat dilakukan. 

Gandeng IEP, Kemenag Buka Peluang Sinergi dengan Perguruan Tinggi Amerika

Kehadiran UMSU pada ajang tersebut diwakili Wakil Rektor (WR) III UMSU, Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kerjasama Rudianto didampingi Sekretaris Lembaga Kerjasama dan Urusan Internasional M Sharez Hafiz serta Ketua Pusat Bahasa UMSU Muhammad Rafii.  

Rektor UMSU Prof Dr Agussani MAP menjelaskan keikutsertaan kampusnya dalam ajang internasional ini bertujuan untuk memperkenalkan UMSU kepada kampus-kampus di seluruh dunia guna membangun kerjasama dan kolaborasi di berbagai area seperti pertukaran dosen dan mahasiswa, riset kolaborasi, forum ilmiah dan lain sebagainya. 

3 Tips Sukses bagi Generasi Muda, Panduan Lengkap untuk Meraih Profit Stabil

"Langkah ini, dilakukan untuk menjawab tantangan internasionalisasi pendidikan tinggi yang tidao hisa dihindari. UMSU bertekad membangun kolaborasi internasional dengan institusi lakn dari berbagai negara, salah satunya lewat pameran di Australia ini," ucap Agussani, Rabu 6 Maret 2024.

Sementara itu, Wakil Rektor III UMSU, Rudianto menjelaskan kegiatan ekspo di Perth ini diikuti lebih 2500 peserta dari berbagai kampus mulai Amerika Serikat, Kanada, Spanyol, Jepang, Australia, Malaysia, India, Thailand, Taiwan, Hong Kong, Korea, Slovakia, Indonesia dan lainnya. Terdapat lebih dari 500 stand pameran termasuk UMSU hadir dalam acara itu. 

“Alhamdulillah stand UMSU tidak pernah sepi dari kunjungan tamu dari Asia, Eropa, Amerika” Mereka antusias bermitra dengan kita," ucap Rudianto.

Untuk diketahui, beberapa kampus ternama juga membuka stand antara lain University of Melbourne Australia, Monash University Australia,, National University of Singapore, University Malaya Malaysia.

Kemudian, University Australia National University, Curtin University Australia, University of Toronto Kanada, Nagoya University Jepang, University Of California Berkeley Amerika Serikat dan lainnya. 

Dari Indonesia beberapa kampus yang membuka stand antara lain UMSU, UI, USU, UNPAD dan beberapa perguruan tinggi lainnya.

Baca artikel Edukasi menarik lainnya di tautan ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya