5 Keistimewaan Malam Lailatul Qadar: Lebih Baik Dari Seribu Bulan

Ilustrasi lailatul qadar
Sumber :
  • vstory

VIVA – Malam Lailatul qadar yaitu malam yang di tunggu-tunggu pada bulan ramadhan. Umat muslim berlomba-lomba untuk menghidupkan malam ini dengan berbagai ibadah dan amal kebaikan.

Esports: PUBG Mobile Sukses Gelar Turnamen Komunitas hingga Influencer selama Ramadhan

Beberapa ulama sepakat bahwa malam lailatul qadar terjadi di 10 hari terakhir ramadhan khususnya pada malam ganjil, yakni 21, 23, 25, 27, 29. Namun, apa keistimewaan malam lailatul qadar ini? hingga umat muslim memperbanyak ibadah pada malan tersebut.

1. Lailatul Qadar Waktu diturunkannya Al-Quran

Aturan Baru, Arab Saudi Izinkan Semua Jenis Visa Bisa Ibadah Umrah

Sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Ibnu Abbas mengatakan malam Lailatulqadar merupakan waktu diturunkannya Al-Qur'an. Waktu diturunkannya Al-Qur'an adalah tepat pada 17 Ramadan.

Ilustrasi Alquran.

Photo :
  • Freepik
Ninja Xpress: Pengiriman Paket Melonjak 20 Persen saat Ramadhan 2024

"Allah menurunkan Al-Qur'an secara utuh sekaligus dari Lauhul Mahfuz ke Baitul 'Izzah yang ada di langit dunia. Kemudian Allah menurunkan Al-Qur'an kepada Rasulullah SAW tersebut secara terpisah sesuai dengan kejadian-kejadian yang terjadi selama 23 tahun." (Tafsir Al-Qur'an Al 'Azhim, 14: 403)

2. Waktu diampuninya Dosa Bagi orang yang Menghidupkan Malam Lailatul Qadar

Malam yang sangat istimewa di bulan ramadhan dan disebutkan dalam Al-Quran sebagai malam yang lebih baik dari seribu bulan. Malam ini termasuk sangat penting bagi umat muslim, karena pada nalam ini diturunkannya Al-Quran yang menjadi petunjuk bagi umat manusia.

Pada malam ini Allah SWT menjanjikan ampunan bagi hambanya yang memohon kepada Allah, karena hal ini dianggap sebagai malam pelebur dosa. Amalan yang dianjurkan yaitu, sholat malam, membaca Al-Quran, dzikir, berdoa, membaca sholawat, tasbih, dan sebagainya.

"Barang siapa yang beribadah pada malam lailatulqadar semata-mata karena iman dan mengharapkan pahala dari Allah SWT, niscaya diampuni dosa-doanya yang terdahulu," (HR Bukhari).

3. Pencatatan Takdir dalam Setahun

Pada malam lailatul qadar, dijelaskaan oleh Allah segala urusan yang penuh hikmah, segala urusan yang berhubungan dengan kehidupan makhluk di bumi, seperti hidup, mati, rezeki, nasib baik, nasib buruk dan lainnya.. Takdir tahunan ini tentunya didahului oleh penulisan Allah. Sebagaimana dalam keterangan dari Imam Nawawi RA dalam Syarh Muslim (8:57), disampaikan bahwa catatan takdir tahunan akan diperlihatkan pada malaikat dan malaikat akan melakukan tugas yang diperintahkan oleh Allah SWT.

"Pada malam itu dijelaskan segala urusan yang penuh hikmah." (QS. AD-Dukhan: 4).

4. Malam Kesejahteraan

Tafsir Ibnu Katsir menyebutkan, Lailatulqadar merupakan malam yang penuh dengan keselamatan. Pada malam ini, setan-setan yang biasa mengganggu manusia tidak dapat melakukan apa-apa.

Setan-setan akan dikurung dan tidak dibiarkan mengganggu manusia pada malam Lailatulqadar . Pada malam itu juga banyak manusia yang diselamatkan dari siksa neraka karena melakukan ketaatan pada Allah SWT.

"Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar." (Q.S AL-Qadr: 5).

5. Malam yang Mulia, Lebih Baik dari 1.000 Bulan

Malam ini merupakan malam yang lebih baik daripada seribu bulan. Maksudnya, mengerjakan sholat dan amalan pada malam Lailatul qadar lebih baik dari seribu bulan dibanding ketika dikerjakan di luar Lailatul qadar. Segala jenis amalan dan ibadah akan diganjar pahala berlimpah di malam itu.

"Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan." (QS. Al-Qadr: 3).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya