6 Syarat Wajib Zakat Bagi Muzakki, Sebutan Muslim yang Memberi Zakat

Ilustrasi zakat atau bersedekah
Sumber :
  • Freepik

VIVA – Zakat adalah salah satu rukun Islam dan merupakan bagian penting dari pelaksanaan syariat Islam. Oleh karena itu, setiap muslim yang memenuhi persyaratan yang diperlukan untuk menunaikan zakat diwajibkan untuk melakukannya.

Aturan Baru, Arab Saudi Izinkan Semua Jenis Visa Bisa Ibadah Umrah

Zakat adalah salah satu jenis ibadah (seperti shalat, haji, dan puasa) yang telah diatur secara menyeluruh dan ditetapkan berdasarkan Al-Qur'an dan As Sunnah dan juga merupakan amal sosial kemasyarakatan dan kemanusiaan yang dapat berkembang seiring dengan pertumbuhan umat manusia.

Ilustrasi zakat fitrah

Photo :
  • envato.com by picturepartners
PKB Perkuat Politik Islam dalam Pemerintahan Prabowo-Gibran, Menurut Pengamat

Zakat kaitannya dengan pemberdayaan

Photo :
  • vstory

Zakat terbagi menjadi dua jenis yakni zakat fitrah dan zakat mal. Zakat fitrah dibayarkan selama bulan Ramadhan hingga sebelum sholat Id dan dihitung berdasarkan harga beras yang merupakan kebutuhan pokok.

Mengenal Agama Sikh, Keyakinan yang Dianut Bunga Zainal dan Anak-anaknya

Sementara itu, zakat mal adalah zakat yang dikeluarkan dari harta muzakki setelah mencapai nisab dan disimpan selama setahun (haul). Namun, tidak semua harta wajib ditunaikan zakatnya.

Setiap individu yang ingin membayar zakat harus mengetahui apa saja syarat-syarat wajib zakat yang perlu dipahami sebelum menunaikannya, dilansir dari Dompet Dhuafa pada Kamis, 21 Maret 2024 : 

1. Islam

Zakat adalah rukun Islam yang harus diberikan oleh umat muslim setelah mereka memenuhi syarat untuk menjadi muzakki dan telah memasuki waktu wajib zakat. Meskipun penerima zakat salah satunya adalah mualaf, orang yang mengeluarkan zakat hanyalah orang-orang yang beragama Islam.

2. Merdeka

Syarat wajib zakat satu ini tetap dikekalkan karena seseorang yang wajib zakat adalah orang yang merdeka (mencukupi) dan memenuhi syarat untuk mengeluarkannya.

3. Kepemilikan Sempurna

Harta yang akan dizakati harus dimiliki dan diawasi sepenuhnya oleh orang Islam yang merdeka. Jika harta dibagi antara orang Islam dan orang bukan Islam, hanya bagian yang dimiliki oleh orang Islam saja yang dihitung sebagai zakat.

4. Merupakan Hasil Usaha yang Baik 

Para Fuqaha' memasukkan semua pendapatan dan gaji sebagai Mal Mustafad, perolehan baru yang termasuk dalam taksiran sumber harta yang dikenakan zakat. Zakat harus berasal dari pendapatan yang baik.

5. Cukup Nisab

Orang Muslim harus membayar zakat ketika harta mencapai nisab. Paras minimum yang menentukan apakah harta itu harus dikeluarkan adalah nisab. Nisab menggunakan harga emas saat ini, yaitu 20 misqal emas, yang setara dengan 85 gram emas atau 196 gram perak.

Zakat

Photo :
  • vstory

6. Cukup Haul 

Setahun genap yaitu 354 hari menurut tahun Hijrah atau 365 hari menurut tahun Masehi. Dalam zakat pendapatan, jangka masa setahun merupakan jangka masa mempersatukan hasil-hasil pendapatan untuk pengiraan zakat pendapatan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya