5 Etnis Terbesar di Asia Tenggara, Jawa Menduduki Peringkat Pertama?

Suku Tengger, suku yang mendiami dataran tinggi Broto Tengger Semeru, Jawa Timur
Sumber :
  • nusantara.news

VIVA – Etnis adalah kelompok orang yang memiliki kesamaan budaya, bahasa, dan sejarah. Individu dari suatu etnis biasanya memiliki identitas budaya bersama yang membedakan mereka dari orang lain dalam etnis tersebut.

Panas Ekstrem Melanda Thailand, 30 Orang Tewas

Suatu negara biasanya memiliki banyak kelompok etnis, seperti di Indonesia, yang memiliki populasi terbesar di Asia Tenggara dengan sekitar 300 kelompok etnis.

Suku Tengger, suku yang mendiami dataran tinggi Bromo Tengger Semeru, Jawa Timur

Photo :
  • timesindonesia.co.id
Asia Tenggara Bisa Jadi Pemimpin Industri Kripto Dunia, Begini Penjelasannya

Selain Indonesia, masyarakat dari berbagai etnis lainnya tinggal di negara-negara Asia Tenggara lainnya seperti Thailand, Vietnam, Myanmar, dan lainnya.

Dalam hal etnis, ada lima kelompok etnis terbesar di Asia Tenggara seperti yang dilansir dari Good Stats pada Sabtu, 30 Maret 2024 : 

4 Sosok Jenderal Bintang 4 Kelahiran Tanah Sunda, Pernah Jadi KSAD dan Panglima TNI

1. Jawa

Jawa adalah etnis asal dari Indonesia yang berada di Pulau Jawa. Etnis ini memiliki sejarah yang panjang, mulai dari kerajaan Hindu-Buddha seperti Majapahit, penjajahan Belanda, dan penyebaran Islam.

Masyarakat Jawa juga menggunakan bahasa mereka sendiri dan sangat menghormati sikap rendah hati, kehormatan sosial, kekeluargaan, dan kesopanan. Budaya Jawa juga kaya akan upacara adat seperti gamelan, tarian tradisional, kuliner, dan wayang kulit.

Dengan sekitar 105 juta penduduk, Jawa adalah kelompok etnis terbesar di Asia Tenggara, berkat banyaknya tradisi yang mereka miliki.

2. Kinh 

Kinh berasal dari Vietnam dan merupakan etnis terbesar di negara itu. Etnis Kinh memiliki sejarah yang panjang, mulai dari sekelompok orang yang migrasi dari wilayah selatan Tiongkok ke wilayah yang sekarang menjadi Vietnam. Sepanjang sejarahnya, mereka telah mengalami berbagai transformasi budaya, termasuk pengaruh budaya Tiongkok, Hindu-Buddha, dan Islam.

Sekitar 89 juta orang termasuk dalam kelompok etnis Kinh, yang menjadikannya kelompok etnis terbesar kedua di Asia Tenggara setelah etnis Jawa.

3. Thai

Mayoritas orang Thailand berasal dari kerajaan kuno seperti Kerajaan Sukhothai dan Kerajaan Ayutthaya.

Dengan pengaruh budaya dari berbagai sumber seperti India, Tiongkok, dan negara-negara Asia Tenggara lainnya, etnis ini memiliki sejarah yang panjang.

Sekitar 59 juta orang termasuk dalam kelompok etnis Thai, yang merupakan kelompok etnis terbesar ketiga di Asia Tenggara.

Seperti etnis Jawa, masyarakat Sunda menggunakan bahasanya sendiri dalam kehidupan sehari-hari. Mereka mendominasi bagian barat Pulau Jawa, terutama di Jawa Barat dan Banten.

Sunda juga kaya akan tradisi, musik, dan seni. Tradisi budaya yang cukup terkanal dari Sunda yaitu Jaipongan, tari topeng dan kuliner yang khas akan makanan Sunda seperti nasi timbel, sayur asem, sambal dan masih banyak lagi.

Sebagai kelompok etnis terbesar di Asia Tenggara, masyarakat Sunda dengan jumlah sekitar 42 juta orang, menempati peringkat keempat.

5. Bamar

Salah satu kelompok etnis yang mendominasi Myanmar adalah Bamar. Bahasa mereka adalah bahasa Myanmar, yang juga merupakan bahasa resmi negara dan mereka juga menggunakan aksara Brahmi, yang disebut aksara Myanmar.

Budaya Bamar memiliki sejarah yang panjang dalam tradisi dan sejarah Myanmar. Mereka memiliki banyak aspek tradisi dalam seni, musik, tarian, dan upacara adat. Contoh budaya Bamar tradisional, seperti pakaian longyi tradisional dan festival yang merayakan agama Buddha yang mayoritasnya beragama Buddha Theravada.

Etnis Bamar menempati posisi kelima sebagai etnis terbesar di Asia Tenggara yaitu sekitar 35 juta orang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya