5 Golongan Pengikut Dajjal, Jangan Sampai Tandanya Ada di Kamu!

Struktur aneh muka Dajjal di Google Earth.
Sumber :
  • Google Earth

Jakarta – Kehadiran Dajjal di Bumi menjadi salah satu pertanda kiamat yang diuraikan dalam dalil. Dajjal memiliki pengikut dari berbagai lapisan masyarakat.

Mengenal Agama Sikh, Keyakinan yang Dianut Bunga Zainal dan Anak-anaknya

Siapa pun yang masuk dalam barisan pengikut Dajjal sering kali dianggap sebagai musuh besar umat Islam. Beberapa hadits menggambarkan bahwa kemunculan Dajjal menjadi salah satu pertanda akan datangnya hari kiamat.

Dalam buku "Fitnah Dajjal & Ya'juj dan Majuj" karya Lilik Agus, diungkapkan bahwa banyak hadits yang menyebutkan tentang keberadaan Dajjal sudah ada sejak zaman sebelum Nabi Muhammad SAW.

Usai Memilih Mualaf, Davina Karamoy Belum Siap Kenakan Hijab

Ilustrasi kiamat.

Photo :
  • Crosswalk

Dajjal adalah figur yang muncul di akhir zaman, ketika dunia dilanda banyak kekacauan. Menurut Badruddin al-Aini dalam Syarh Sunan Abi Daud, identifikasi fisik Dajjal dalam hadits Nabi merupakan metafora dari meningkatnya kejahatan dan kerusakan di Bumi.

Hard Gumay Ramal Kasus Hukum Chandrika Chika, Warganet: Gila, Ilmunya Dalem Banget

Para ulama Sunni meyakini bahwa Dajjal merupakan fitnah terbesar dalam sejarah umat manusia. Sementara agama Islam membawa rahmat dan kasih sayang, Dajjal muncul ketika kasih sayang di antara manusia telah surut.

Dalam bahasa Arab, istilah "Dajjal" sering digunakan untuk merujuk pada seorang "nabi palsu". Namun, istilah "ad-Dajjal" yang dimaksud di sini mengacu pada sosok "pembohong" yang muncul menjelang hari kiamat, yang juga disebut Al-Masih ad-Dajjal.

Dalam kamus Lisan al-Arab, Dajjal dijelaskan berasal dari kata "dajala", yang berarti menutupi. Hal ini menggambarkan bahwa Dajjal adalah pembohong yang akan menutupi kebenaran dengan kebohongannya. Dajjal juga dianggap akan "menutupi" Bumi dengan jumlah pengikutnya yang besar, serta akan mengakibatkan manusia menutupi kebenaran dengan kekafiran dan penolakan terhadap ajaran Allah SWT.

Golongan Pengikut Dajjal

Berikut beberapa golongan manusia yang menjadi pengikut Dajjal di akhir zaman:

Hoax bayi ikan hiu mirip dajjal

Photo :
  • cekfakta.com

1. Yahudi

Artinya: "...Setiap mereka menyalakan api peperangan, Allah memadamkannya. Dan mereka berusaha (menimbulkan) kerusakan di bumi. Dan Allah tidak menyukai orang-orang yang berbuat kerusakan,"

Ayat tersebut tengah membicarakan tentang bangsa Yahudi. Suatu bangsa yang digambarkan Allah SWT sebagai bangsa yang suka membuat kekacauan di muka bumi dari zaman dahulu hingga sekarang.

Dalil lainnya termaktub dalam sabda Rasulullah SAW. Haditsnya berbunyi

2. Setan dan Jin

Kedua makhluk ini turut menjadi pengikut Dajjal. Mereka akan mencoba membantu Dajjal dalam menghasut manusia dan menghancurkan muka bumi.

3. Pelaku Seks Menyimpang

Ilustrasi aktivitas seks

Photo :
  • freepik

Orang-orang yang menjadi pelaku seks menyimpang ini telah menjauh dari norma agama yang berlaku. Perkara ini sudah ditentang keras dalam ajaran agama Islam, bahkan dari Abdillah bin Muhammad bin Aqil dan mendengar Jabir RA berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda,

Artinya: "Sesungguhnya perkara yang paling aku takuti pada umatku adalah munculnya perilaku kaum Luth." (HR Tirmidzi).

4. Wanita Akhir Zaman

Para wanita akhir zaman disebut sebagai wanita yang memiliki keimanan paling lemah di bumi, sebagaimana disebut dalam salah satu riwayat hadits. Dinukil dari hadits Ibnu 'Umar, Rasulullah SAW bersabda,

"Dajjal akan turun ke Mirqonah (nama sebuah lembah) dan mayoritas pengikutnya adalah kaum wanita, sampai-sampai ada seorang yang pergi ke istrinya, ibunya, putrinya, dan saudarinya, dan bibinya kemudian mengikatnya karena khawatir keluar menuju Dajjal." (HR Ahmad)

Bahkan diceritakan pula, orang-orang akhir zaman mengikat wanita di keluarganya pada tiang agar tidak mudah pergi menjadi pengikut Dajjal.

5. Pelaku Perbuatan Tercela

Umat Nabi Muhammad SAW yang kerap melakukan perbuatan tercela disebut akan menjadi kelompok orang yang mudah menjadi pengikut Dajjal. Mereka ini adalah orang yang suka bermaksiat, tidak mau berpuasa, mengabaikan panggilan azan, meninggalkan salat, dan pemakan harta riba.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya