Rektor UMSU Serahkan Insentif Publikasi Ilmiah Dosen Sebesar Rp3,5 Miliar

Penyerahan insentif publikasi ilmiah dosen UMSU.(dok UMSU)
Sumber :
  • VIVA.co.id/B.S. Putra (Medan)

VIVA  – Rektor Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) Prof. Dr. Agussani, MAP menyerahkan insentif publikasi ilmiah sekitar Rp1,95 miliar kepada 293 dosen, di Auditorium UMSU Jalan Kapten Muchtar Basri, Kota  Medan, Senin 1 April 2024.

Berapa Usia Seseorang Dianggap Tua?

Sebelumnya, UMSU juga telah menyerahkan insentif sebesar Rp1,6 miliar kepada 300 dosen. Sehingga total insentif yang telah diserahkan pada tahun 2023 sebesar Rp3,5 miliar. Penyerahan insentif yang dilakukan sebanyak 2 kali dalam setahun ini, menjadi kebijakan dan budaya di UMSU.

Hal itu, tujuannya untuk memotivasi dan memberikan penghargaan terhadap karya ilmiah dosen tetap. Adapun publikasi ilmiah yang diberikan insetif berupa Jurnal, Proseding, HKI, Buku, Jurnal dari Skripsi/Tesis/Disertasi hingga Pengelolaan Jurnal.

Mengenal Dickmorphia, Istilah Bagi Kaum Pria yang Khawatir dengan Ukuran Penis Kecil

Rektor UMSU mengucapkan rasa syukurnya karena agenda ini telah dilaksanakan kurang lebih 6 kali. Rektor. Penyerahan insentif tidak akan terlaksana jika tidak ada pengakuan dan kepercayaan masyarakat terhadap UMSU. 

“Ini angka yang fantastis untuk alokasi dana penelitian internal, inilah rasa syukur kita dalam menjalankan program. Saya yakin di UMSU pasti sudah berfikir lebih maju. Saya berharap LP2M dapat menjadi lembaga yang kuat dan berintegritas,” kata Prof. Agussani, dalam keterangannya, Selasa 2 April 2024.

Rektor UNU Gorontalo Resmi Dilaporkan Polisi atas Kasus Dugaan Pelecehan Seksual

Dia menyampaikan kilas balik perjalanan singkat Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) UMSU yang dari masa ke masa memiliki dosen-dosen bertalenta dalam menjalankan penelitian atau pengabdian.

“Saya harap insentif Rp 1,9 M dapat dimaksimalkan untuk penguatan, tidak salah sasaran dan benar-benar objektif. Kedepannya juga lebih memperhatikan dan menjaga kualitas karya-karya ilmiah,” harap Rektor UMSU yang turut mengucapkan selamat kepada top 5 dosen UMSU dengan sinta tertinggi.

Top 10 dosen tersebut Dekan FIKTI Dr. Al-Khowarizmi, M.Kom, Wakil Rektor II Prof. Dr. Akrim, M.Pd., Ketua LP2M Dr. Muhammad Fitra Zambak, ST., M.Sc, Dose FAI Assoc. Prof Dr. Hasrian Rudi Setiawan, M.Pd.I dan Dosen Teknik Faisal Irsan Pasaribu, ST., MT.

Kemudian, berdasarkan laporan dari Ketua LP2M UMSU, Dr. Muhammad Fitra Zambak, rencana Induk Pengembangan (RIP) tahap 3 (2023-2028) yakni riset universiti dan pemeringkatan intenasional.

“Alhamdulillah, UMSU juga sudah me-submit 2 proposal yaitu dari Fakultas Kedokteran dan Fakultas Pertanian untuk merebutkan dana pandanan tahun 2024 sebesar 750 Miliyar. Mudah-mudahan di bulan ramadan ini mendapatkan hasil yang diharapkan,” kata Dr. Fitra.

Dia juga menyampaikan progres internasionalisasi UMSU di bidang publikasi hingga per April tahun 2024, terdapat rata-rata 58 artikel scopus setiap tahunnya.

LP2M akan meninjaiu proposal dosen untuk mendapatkan hibah dikti. Mudah-mudahan tahun ini banyak dosen mengikuti hibah dikti daripada internal. Sementara dosen yang telah ber-ID scopus sebanyak 326 dosen dan dosen yang terverifikasi Sinta sebanyak 633 dosen.

Ketua LP2M menyampaikan target ke depannya akan dilakukan peningkatan penelitian dan pengabdian tingkat internasional, 80% dosen berID Scopus, 1000 artikel scopus, peningkatan hak paten atau paten sederhana hingga hilirisasi hasil PPM dan Teknologi Tepat Guna.

Kegiatan ditutup dengan penyerahan insentif secara simbolis kepada perwakilan dosen yang meraih dana hibah internal batch 2 tahun 2023.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya