10 Perguruan Tinggi dan Universitas Bergengsi di Filipina, Segini Rata-rata Biaya Pendidikannya

Universitas di Filipina
Sumber :
  • istimewa

VIVA Edukasi – Kejarlah pendidikan setinggi mungkin dan memilih pendidikan tertinggi atau universitas bergengsi mungkin bisa jadi salah satu impian salah satu dari Anda. Bukankah begitu?

Sandiaga Uno: Lulusan Perguruan Tinggi Wajib Miliki Daya Saing Tinggi

Banyak orang memutuskan untuk memilih pendidikan lebih tinggi di luar negeri dengan alasan berbeda-beda. Jika kamu bingung negara mana yang hendak dipilih, mungkin Filipina bisa menjadi pilihan Anda.

Mungkin Anda akan dibuat tak menyangka, bahwa Filipina termasuk negara di Asia Tenggara yang memiliki banyak universitas bergengsi yang tersebar di beberapa kota-kota besar seperti Manila, Quezon, Cebu dan lain-lain. 

Kemendikbudristek Pastikan Tidak ada Kenaikan UKT untuk Mahasiswa Lama

Beberapa universitas di Filipina ada yang telah berdiri sejak zaman kolonial dan masuk dalam daftar 10 Universitas tertua di Asia. Sejumlah universitas bergengsi yang ada di Filipina tak lupa menawarkan fasilitas yang sangat lengkap untuk mahasiswa seperti laboratorium hingga perpustakaan modern. 

Seringkali, universitas bergengsi dapat menjamin mahasiswanya mendapatkan pendidikan berkualitas dan jaringan hubungan sosial yang luar biasa.  Meskipun total biaya yang harus dikeluarkan dapat memberatkan secara finansial, kehidupan dan budaya mahasiswa di universitas-universitas tersebut menghasilkan individu-individu berprestasi yang akan membuat mereka terkenal di dunia.  

Polemik UKT Naik Drastis, Menteri Nadiem Janji Tingkatkan Jumlah KIP Kuliah

Seperti sejumlah daftar universitas dan perguruan tinggi terbaik di Filipina berikut ini yang telah kami sajikan lengkap dengan biaya pendidikan tertinggi tahun 2023. Mana saja? Scroll untuk baca artikel selengkapnya.

San Beda University

Biaya kuliah: Rp40.432.960 - Rp43.221.440 per tahun

Sebelumnya dikenal sebagai El Colegio de San Beda, Universitas San Beda didirikan pada tahun 1901 oleh para biarawan Benediktin. Sebagai salah satu institusi pendidikan Katolik Filipina, mantan Rektor-Presiden Fr. Aloysius Maranan merasa terdorong untuk memperluas formasi komunitas Kristen mereka pada tahun 2010. 

Oleh karena itu, universitas berupaya untuk memperkuat ajaran mereka dengan menanamkan nilai-nilai seperti menjadi Manusia Seutuhnya dan Orang Filipina Seutuhnya kepada mahasiswanya. 

Akhirnya, Universitas San Beda memperoleh status universitasnya pada tahun 2018. Universitas ini kini terus berkembang seiring dengan perluasan fasilitas kampusnya, memperluas jangkauannya untuk mendidik calon warga Bedan.

Ateneo de Manila University

Biaya kuliah: Rp44.615.680 - Rp50.192.640 per tahun

Pendirian Universitas Ateneo De Manila (ADMU) menyusul setelah para Yesuit Spanyol membangun Escuela Municipal de Manila, menjadikannya salah satu universitas dan lembaga penelitian swasta tertua di negara tersebut. 

Pada tahun 1959, pada tahun keseratus berdirinya universitas, universitas ini diberikan status otonom oleh CHED untuk membimbing mahasiswanya melalui moto: Lux in Domino, atau “Terang dalam Tuhan.” Menawarkan gelar di berbagai bidang pengetahuan, ADMU dengan mudah diakui sebagai salah satu universitas peringkat teratas di Filipina. 

University of Asia and the Pacific

Biaya kuliah: Rp50.192.640 - Rp52.981.120 per tahun

Berlandaskan pada penyediaan pendidikan liberal, Universitas Asia dan Pasifik (UA&P) berharap untuk berkonsentrasi pada pengembangan nilai-nilai intrinsik mahasiswanya. 

Pada tahun 1967, Dr. Jesus P. Estanislao dan Dr. Bernardo M. Villegas meresmikan Pusat Penelitian dan Komunikasi (CRC). Ini seharusnya menjadi sebuah wadah pemikir nirlaba yang melayani bisnis sektor swasta.

Beberapa tahun kemudian, CRC menjadi UA&P yang diubah oleh CHED. Saat ini, UA&P menawarkan berbagai gelar terkenal seperti Matematika Terapan, Pengembangan Sumber Daya Manusia, dan Ekonomi Industri.

Meridian International Business, Arts and Technology College

Biaya kuliah: Rp39.038.720 - Rp55.769.600

Perguruan Tinggi Bisnis, Seni dan Teknologi Internasional Meridian , atau dikenal sebagai MINT College, didirikan pada tahun 2010. Perguruan tinggi ini bertujuan untuk memasukkan standar internasional ke dalam pendidikan perguruan tinggi. Menawarkan gelar yang berfokus pada kreatif, siswa dapat mendaftar ke program empat tahun mereka di bidang Bisnis Musik, Seni Multimedia, Kewirausahaan, Teknologi Informasi, dan banyak lagi. MINT College juga menawarkan Program Prestasi dan Program Pendidikan Berkelanjutan untuk melayani mahasiswa bekerja yang ingin lebih mengembangkan pendidikan dan keterampilan mereka. 

iAcademy

Biaya kuliah: Rp46.009.920- Rp62.740.800

Diakui oleh Komisi Pendidikan Tinggi (CHED), iAcademy menantang siswanya melalui penemuan kembali pendidikan. Universitas ini terkenal dengan gelarnya yang berspesialisasi dalam bisnis, teknologi, dan seni. Tidak butuh waktu lama sebelum iAcademy dinobatkan sebagai mitra pelatihan resmi WACOM pertama di Filipina. Dengan prestasi yang tiada habisnya, iAcademy bermitra dengan organisasi global seperti Unilab, Climate Change Commission (CCC), dan UNITY untuk memperluas jaringan mahasiswa. Saat ini, akademi ini diakui oleh Global Brand Awards sebagai berikut: Sekolah Desain Terbaik, Sekolah Terbaik untuk Produksi Musik, Desain, dan Teknologi, Penyedia Pendidikan Terbaik, dan Pendidikan Paling Inovatif.

De La Salle University

Biaya kuliah: Rp57.163.840 - Rp62.740.800 per tahun

Didirikan pada tahun 1911, Universitas De La Salle (DLSU) didirikan oleh kongregasi pengajar Katolik, Bruder Sekolah Kristen. St Jean-Baptiste de La Salle mengajar dengan maksud untuk menyentuh hati orang miskin dan menginspirasi mereka dengan semangat Kristiani. Setelah memperoleh otonomi pada tahun 1975, DLSU diakui memiliki jumlah Centers of Excellence (COE) terbanyak di Filipina. 

De La Salle-College of Saint Benilde 

Biaya kuliah: Rp50.192,64 - Rp66.923.520 per tahun

Didirikan pada tahun 1988, De La Salle-College of Saint Benilde (CSB) dianggap sebagai anggota De La Salle Filipina. Terinspirasi oleh pendiri mereka, St. John Baptist De La Salle dan Patron Saint Benilde Romançon, CSB bertujuan untuk membuka komunitas mereka dan menjaga aksesibilitasnya bagi individu yang kurang mampu dan berbakat. Menanggapi kesenjangan sosial yang terlihat, CSB menawarkan program dengan spesialisasi dalam Studi Terapan Tunarungu, Urusan Diplomatik, Hotel dan Pariwisata, dan banyak lagi. Sejak 2016, Sekolah Manajemen Hotel, Restoran, dan Institusi mereka adalah satu-satunya sekolah hotel yang memperoleh status Level IV dari Asosiasi Akreditasi Sekolah, Kolese, dan Universitas Filipina (PAASCU).

Enderun Colleges

Biaya kuliah: Rp100.385.280-Rp111.539.200 per tahun

Didirikan pada tahun 2005, perguruan tinggi non-sektarian berbasis BGC ini didirikan untuk mengaktualisasikan potensi industri perhotelan di Filipina. Setelah menerima akreditasi dari CHED, Enderun Colleges didirikan dan diluncurkan pada tahun 2006. Pada tahun 2017, Enderun telah dikenal luas sebagai salah satu perguruan tinggi manajemen terkemuka dan paling dihormati di Filipina. Kolese ini menawarkan program-program berikut kepada mahasiswanya: Seni Perhotelan dan Kuliner, Bisnis, Manajemen dan Ekonomi, serta Arsitektur dan Desain. Di Enderun, beban kursus 24 unit per semester dikenakan biaya P240,000 untuk penduduk lokal dan P260,000 untuk pelajar internasional.

Southville and Foreign Universities 

Biaya kuliah: Rp108.750.720 - Rp125.481.600 per trimester

Sejak Southville and Foreign Universities (SISFU) didirikan untuk menjawab kebutuhan pendidikan dunia, SISFU menjadi pionir dalam pendidikan transnasional di negara tersebut. Universitas membekali mahasiswanya dengan nilai-nilai dan keterampilan yang diperlukan yang akan memungkinkan mereka menjadi lebih kompetitif secara global. Dengan itu, siswa diberikan kesempatan untuk memperluas pendidikannya dengan belajar di luar negeri pada tahun terakhirnya. Magang yang ditawarkan juga dapat diselesaikan di negara lain.

Centre for International Education British School

Biaya kuliah: Rp111.539.200 - Rp139.424.000 per trimester

Dikenal sebagai The School for Leaders, Pusat Pendidikan Internasional (CIE) menerima akreditasi melalui Cambridge Assessment di bawah Universitas Cambridge. Sekolah internasional Inggris ini bertujuan untuk menjadi yang terdepan dalam “inovasi instruktif yang menjadi tren.” Dengan membekali mahasiswanya dengan keunggulan dalam pemikiran dan kepemimpinan, perguruan tinggi ini memimpikan komunitas untuk melakukan transformasi luar biasa terhadap masyarakat. Untuk memperkuat pendidikan mereka, siswa memiliki pilihan untuk menyelesaikan tahun ketiga kuliah mereka di Northwood University, AS. 
bernama Rahul Kumar asal Dehradun

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya