President University Siap Cetak Lulusan Ilmu Komputer Berstandar Internasional

President University, Cikarang, Bekasi, Jawa Barat
Sumber :
  • president university

Jakarta - Orang tua menginginkan anak-anaknya melanjutkan kuliahnya ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, berupa kuliah di Perguruan Tinggi. Apalagi era teknologi, kemampuan menguasai teknologi akan jadi rebutan.

Mau Karier Cemerlang? Ini 6 Jurusan Kuliah Paling Banyak Lolos BUMN

Ir. Rila Mandala, M.Eng, Ph.D  selaku Dekan Fakultas Ilmu Komputer, President University, perguruan tinggi di Cikarang, Kabupaten Bekasi mendorong masyarakat untuk mengambil Perguruan Tinggi yang sudah diakui secara global, karena hal tersebut memang layak dan penting bagi dunia pendidikan.

President University, kata Rila, sudah diakui secara global dan itu bukan asal bicara namun akreditasi kelas dunia bisa dibuktikan. Pada Fakultas Komputer, dua jurusan baik program studi Informatika maupun program studi Sistem Informasi saat ini terakreditasi oleh IABEE (yang merupakan signatory member dari Washington Accord dan dalam pengajuan menjadi signatory member dari Seoul Accord)

35 Tahun Berdiri, Jababeka Terus Menambah Pusat Kesehatan dan Pendidikan

"Masih perlu disebarluaskan lagi agar peminat calon mahasiswa untuk masuk ke program studi Informatika dan program studi Sistem Informasi dapat lebih banyak lagi di seluruh Indonesia maupun di berbagai belahan dunia," kata Rila dalam keterangannya yang diterima VIVA, Sabtu (25/5/2024).

Sederet Jurusan Kuliah yang Peluangnya Banyak Dicari BUMN di Tahun 2024

Apa bukti pengakuan internasional terhadap dua jurusan ini, sambungnya, dalam sidang tahunan International Engineering Alliance Meeting (IEAM) yang diselenggarakan pada 11-15 Juni 2023 di Taichung, Taiwan, Washington Accord (WA) mengukuhkan secara aklamasi status Full Signatory bagi IABEE (Indonesian Accreditation Board for Engineering Education) dengan hak keanggotaan penuh dan pengakuan kesetaraan substansial (substantial equivalent) yang berlaku secara retroaktif sejak 2021. 

Menurutnya, Washington Accord adalah perjanjian internasional antar lembaga-lembaga penyelenggara akreditasi program studi sarjana bidang keteknikan.  Dengan pengukuhan ini, maka sarjana yang dihasilkan oleh program studi yang terakreditasi oleh IABEE mulai tahun 2021 diakui “substantially equivalent” dengan lulusan program studi yang diakreditasi oleh 22 negara anggota Washington Accord lainnya dalam memenuhi persyaratan untuk mempersiapkan lulusan yang world-class standard. 

President University Siap Cetak Lulusan Ilmu Komputer Berstandar Internasional

Photo :
  • istimewa

Atas pengakuan tersebut, President University bukan termasuk kategori perguruan tinggi kelas bawah. Bahwa perolehan akreditasi tersebut, menunjukan alumninya 'dapat karpet merah' di dunia kerja.

Akreditasi ini bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan melalui penerapan sistem pendidikan berbasis Capaian Pembelajaran (OBE) yang diakui secara global. Diterimanya IABEE sebagai signatory member dari Washington Accord merupakan batu loncatan pertama dalam mewujudkan tujuan tersebut.

Oleh karenanya, agar tetap jadi Universitas terdepan di bidang teknologi komputer, Presiden University selalu mengikuti perkembangan teknologi. Jangan sampai justru melambat. Inilah poin penting, mengapa memperbaharui ilmu ini sangatlah penting.

Diketahui di program studi informatika sudah ada 5 buah konsentrasi yang sangat mengikuti perkembangan teknologi terkini. 5 konsentrasi tersebut adalah :

  • Konsentrasi Artificial Intelligence
  • Konsentrasi Internet of things (IOT).
  • Konsentrasi Cyber Security
  • Konsentrasi Game Development
  • Konsentrasi Block Chain

Nah, itulah kelebihan President University. Mencari kualitas pendidikan bertaraf internasional di bidang IT, ada di Indonesia. Kelasnya setara perguruan tinggi lainnya di Dunia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya