'Ronaldo Tak Butuh Trofi untuk Tunjukkan Kehebatannya'

Bintang Tim Nasional Portugal, Cristiano Ronaldo
Sumber :
  • REUTERS/Gonzalo Fuentes

VIVA.co.id – Bicara soal gelar di level klub ataupun individu, Cristiano Ronaldo memang sudah meraih penghargaan paling bergengsi, seperti trofi Liga Champions, Piala Dunia Antarklub dan Ballon d'Or.

Berharap Ada Egy Maulana Vikri Baru dari Timnas Pelajar U-15

Sayangnya, untuk negaranya, pemain Real Madrid tersebut belum mempersembahkan gelar apa pun. Sehingga banyak pihak yang menilai bahwa label 'pemain sukses', belum sah disandang pemain berjuluk CR7 ini.

Prestasi terbaik Ronaldo di level internasional adalah kala membawa Portugal mencapai final Piala Eropa 2004, itu pun dia masih berusia sangat muda, dan belum berkontribusi banyak. Portugal kala itu masih dimotori Luis Figo dan Rui Costa.

Karena Ronaldo Cedera, Portugal Juara Piala Eropa

Namun, bagi legenda Inggris, Gary Lineker, seorang Ronaldo tidak butuh trofi dari sebuah turnamen besar, khususnya di level internasional, untuk membuktikan diri sebagai yang terbaik.

"Saya bukan orang yang menganggap bahwa Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi harus memenangkan trofi dari turnamen besar untuk membenarkan persepsi bahwa mereka pesepakbola terbaik," tulis Lineker di salah satu kolom Daily Mail.

Kepulauan Faroe Berkembang Pesat, Portugal Harus Hati-hati

"Tapi, mereka sangat layak untuk mendapat trofi di level internasional. Kemampuan teknik mereka benar-benar menjadi sebuah dorongan yang istimewa. Portugal sangat berharap pada Ronaldo, karena dia dia pencetak gol fenomenal dan rekor-rekornya mengejutkan," ujarnya.

Langkah Portugal menuju final bisa dibilang terseok-seok, jika tak bisa dibilang beruntung. Sebab, di fase grup, mereka hanya berbekal tiga hasil imbang melawan Islandia, Austria dan Hungaria.

Bak mesin diesel yang panas belakangan, perlahan tapi pasti, skuat Fernando Santos mampu menemukan ritme dengan menang atas Kroasia di babak 16 besar lewat perpanjangan waktu, dan menang adu penalti dari Polandia.

Catatan mereka yang kesulitan menang di waktu normal dalam lima pertandingan, akhirnya mampu diperbaiki kala menghadapi Wales di babak semifinal. Gol dari Ronaldo dan Luis Nani, membawa Portugal ke partai puncak melawan tim tuan rumah, dini hari nanti, pukul 02.00 WIB. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya