Portugal Akhirnya Tuntaskan Dendam Lawan Prancis

Pertandingan final Piala Eropa 2016 antara Prancis kontra Portugal
Sumber :
  • REUTERS/Michael Dalder

VIVA.co.id – Portugal menjadi juara Piala Eropa 2016 usai menekuk Prancis 1-0 di final yang digelar di Stade de France, Senin dinihari 11 Juli 2016. Gol tunggal kemenangan Portugal dicetak Eder di babak perpanjangan waktu.

Kepulauan Faroe Berkembang Pesat, Portugal Harus Hati-hati

(Baca Juga: Bekuk Prancis, Portugal Juara Piala Eropa 2016)

Sukses ini bermakna ganda bagi Portugal. Sebab, selain berhasil meraih trofi mereka di Piala Eropa, Portugal juga sukses menuntaskan dendam melawan Prancis yang sudah berlangsung lama.

Pelatih Ingatkan Portugal Tak Larut dengan Kemenangan

Seperti dilansir situs resmi uefa, Portugal dua kali dibikin menangis oleh Prancis di turnamen paling elite di Eropa ini. Itu terjadi di Piala Eropa 1984 dan Piala Eropa 2000.

Di Piala Eropa 1984, Portugal dipecundangi Prancis 2-3 di babak semifinal. 16 tahun kemudian, nasib sama juga dialami Portugal yang kalah 1-2 oleh Prancis di semifinal Piala Eropa 2000.

Kata Ronaldo Usai Cetak 4 Gol untuk Portugal

Prancis memang menjadi momok menakutkan buat Portugal. Portugal tidak pernah menang melawan Prancis dalam 40 tahun terakhir. Portugal terakhir kali menang pada 1975 saat menekuk Prancis 2-0.

Namun, penantian Portugal berakhir di Piala Eropa 2016. Mereka akhirnya mengakhiri mimpi buruk melawan Prancis dengan menang 1-0. Meski sebelum laga, Portugal bukan pihak yang diunggulkan.

Pemain Portugal, Cristiano Ronaldo, alami cedera di final Piala Eropa 2016

Karena Ronaldo Cedera, Portugal Juara Piala Eropa

Prancis justru dalam situasi sulit saat Ronaldo cedera di final.

img_title
VIVA.co.id
22 Oktober 2016