Juara Eropa, Portugal Juga Sukses Raih Keuntungan Finansial

Perayaan Kemenangan Portugal Juarai Piala Eropa 2016
Sumber :
  • REUTERS/Rafael Marchante

VIVA.co.id – Keberhasilan Cristiano Ronaldo cs dalam meraih gelar Piala Eropa 2016 begitu disambut antusias oleh segenap bangsa Portugal. Prestasi ini pun rupanya sukses membawa dampak ekonomi yang luas di negeri tersebut.

Kepulauan Faroe Berkembang Pesat, Portugal Harus Hati-hati

Bukan cuma publik sepakbola yang merasakan kebanggaan dari pencapaian itu, namun seluruh aspek dari sendi ekonomi Portugal pun diprediksi bergerak pesat usai torehan mengesankan itu. Euforia dan perayaan besar kemenangan ini pun dipercaya memberikan keuntungan yang tak sedikit kepada semua pihak yang terlibat di dalamnya.

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan untuk harian keuangan Portugal, Diario Economico menyebutkan bahwa hadirnya trofi Henry Delaunay pertama kalinya di negeri itu akan memiliki dampak ekonomi sekitar € 609 juta.

Pelatih Ingatkan Portugal Tak Larut dengan Kemenangan

Dalam laporan tersebut, torehan impresif ini diyakini telah mendorong munculnya sejumlah pendapatan besar termasuk dari sektor federasi, lembaga publikasi, perhotelan, restoran, layanan kebersihan, koran, stasiun televisi, merek olahraga dan agen-agen perjalanan.

Puluhan ribu penggemar pun dipercayai akan terus menggelar konvoi perayaan di jalan dengan barisan bintang skuad Selecao das Quinas yang tur keliling kota menggunakan bus terbuka beratap.

Kata Ronaldo Usai Cetak 4 Gol untuk Portugal

Kemenangan atas tuan rumah Prancis pun terasa begitu spesial usai harus melewati waktu selama 12 tahun untuk tampil di laga final, Senin diri hari WIB 11 Juni 2016 di Stade de France, Paris.

Tim besutan Fernando Santos ini menang tipis 1-0 atas Les Bleus berkat gol tunggal Eder pada menit 109 di masa perpanjangan waktu.

Pemain Portugal, Cristiano Ronaldo, alami cedera di final Piala Eropa 2016

Karena Ronaldo Cedera, Portugal Juara Piala Eropa

Prancis justru dalam situasi sulit saat Ronaldo cedera di final.

img_title
VIVA.co.id
22 Oktober 2016