Misi Rumit Arsenal Akhiri Keterpurukan di Liga Champions

Para pemain Arsenal rayakan gol
Sumber :
  • Reuters / Alan Walter
VIVA.co.id
5 Klub Sepakbola yang Sering Tampil di Final Liga Champions, Real Madrid Teratas?
- Misi ekstra sulit akan dilakoni Arsenal pada matchday 3 Liga Champions 2015-16. Idealnya kemenanganlah yang mesti diraih pasukan Arsene Wenger, mengingat mereka tumbang pada dua laga perdana, dan kini terpuruk di dasar klasemen Grup F.

Gila, Ini Format Baru Liga Champions!
Namun, lawan yang dihadapi bukan tim sembarangan, yaitu raksasa Bundesliga, Bayern Munich, terlebih mereka akan berstatus tim tim tamu pada laga tersebut. Pertandingan bakal digelar di Allianz Arena, Rabu 21 Oktober 2015 pukul 01.45 WIB.

Rangkuman Momen-momen Penting Duel Liverpool Vs Villarreal
Diketahui, The Gunners mengawali Liga Champions ini dengan buruk, setelah tumbang 1-2 dari tuan rumah Dinamo Zagreb pada matchday 1. Sedangkan pada matchday berikutnya, mereka dipermalukan 2-3 di Emirates Stadium oleh Olympiacos.

Belum mengumpulkan satu poin, The Gunners terjerembab di dasar klasemen. Sehingga, kemenangan pun menjadi harga mati bagi Mesut Oezil cs, untuk meraih kembali peluang lolos ke fase knockout, meski bukan hal mudah melakukan itu Allianz.

Segalanya makin rumit, karena dua pemain andalan mereka terancam tak bisa dimainkan, setelah "diforsir" di jeda internasional dan Premier League akhir pekan lalu. Mereka adalah Oezil dan Alexis Sanchez yang berpotensi dijadikan cadangan.

"Saya belum tahu pasti, tapi tidak ada alasan darurat untuk melakukan perubahan total. Mungkin hanya ada perubahan satu atau dua," kata Wenger seperti dilansir laman Inggris, Express, Senin 19 Oktober 2015.

"Saya masih akan melihat bagaimana pemulihan para pemain. Saya mungkin akan sedikit mengistirahatkan Mesut Oezil atau Alexis Sanchez, tapi kami masih harus menjaga permainan cepat kami," lanjut mantan pelatih AS Monaco tersebut.

Selain itu, catatan Bayern di Bundesliga pun menghadiran kekhawatiran sendir bagi The Gunners. Pasalnya, tim besutan Josep "Pep" Guardiola menorehkan hasil sempurna, selalu menang di Bundesliga musim ini. Bek Arsenal, Per Mertesacker khawatir.

"Dari dua kekalahan sebelumnya, kami akan menghadapi salah satu tantangan terbesar yang akan klub hadapi. Harapan Anda tentu ingin semakin dekat dengan mereka setiap tahunnya, namun masalahnya adalah Bayern selalu berkembang," kata Mertesacker.

"Pemain baru mereka juga kerap membuat perubahan. Itu sebabnya sulit untuk mengalahkan mereka saat ini," sambung pemain internasional jerman tersebbut, sebagaimana dikutp dari Kicker, Senin 19 Oktober 2015.

Namun, The Gunners pun bukannya tanpa modal positif menghadapi laga tersebut. Dari lima laga terakhir di semua kompetisi, mereka menorehkan empat kemenangan. Pada akhir pekan lalu, Arsenal menggilas Watford 3-0 di laga lanjutan Premier League.

Sementara itu, pihak Bayern tak mau terlena dengan status unggulan yang menghinggapi mereka. Winger Die Roten, Arjen Robben menganggap The Gunners bisa membahayakan, lantaran mereka bernafsu untuk meraih kemenangan perdana.

"Saya pikir, musim lalu mereka tampil sangat bagus. Mereka memenangi dua titel; Piala FA dan Community Shield," ucap Robben, yang bakal menjadi andalan Guardiola di lini serang, sebagaimana dinukil dari The Telegraph, Senin 19 Oktober 2015.

"Tahun ini, mereka tampak sangat stabil dan juga tangguh. Saya benar-benar terkejut mereka kalah di dua laga Liga Champions," sambung pemain internasional Belanda, yang pernah membela Chelsea dan Real Madrid tersebut.

Apalagi, saat ini mereka sedang menjalani tren positif, yaitu menorehkan empat kemenangan dari lima laga terakhir di berbagai kompetisi. "Tapi, kini mereka sedang dalam situasi yang bagus, dan kami mesti waspada," ucap Robben.

Chelsea masih berusaha lepas dari krisis

Sementara itu, pada pertandingan lainnya, Chelsea akan bertandang ke markas wakil Ukraina, Dinamo Kiev dalam lanjutan Grup G. Mereka pun membutuhkan kemenangan, guna memperbaiki posisi di klasemen. Saat ini The Blues menempati posisi 3.

Diketahui, pada laga perdana, Liga Champions musim ini, Chelsea meraih kemenangan 4-0 atas Maccabi Tel Aviv. Namun pada matchday 2, tim besutan Jose Mourinho tumbang 1-2 dari tuan rumah Porto, sehingga kini tertahan di peringkat 3.

Di ajang Premier League, Chelsea sempat terpuruk ke papan bawah, namun kini sudah mulai menapaki papan tengah klasemen. Jelang laga kontra Kiev, Mourinho menuturkan pihaknya masih terus mencoba bangkit, demi kembali meraih kejayaan.

“Kami hanyalah sebuah tim dengan manajer sangat bagus dan pemain sangat bagus yang sedang berusaha mencapai level normal seperti sedia kala. Mampu meraih satu kemenangan bukan berarti kami langsung kembali hebat,” kata Mourinho dilansir BBC.

“Anda selalu mencari hal-hal negatif. Saya hanya ingin mengatakan bahwa kami menang dan kami pantas mendapatkannya,” sambung pelatih yang pernah membawa Inter Milan meraih treble winner pada musim 2009-10 tersebut.

Pada kesempatan itu, Mourinho juga menegaskan timnya saat ini cuma fokus kepada laga kontra Kiev. Untuk gelar juara Premier League, manajer asal Portugal tersebut enggan membahasnya lebih lanjut. Yang terpenting, terus meraih kemenangan.

“Saya tidak tahu (soal gelar juara). Yang saya tahu hanyalah laga besok (hadapi Dynamo Kiev di Liga Champions). Saya yakin kami bisa menang. Saya juga yakin kami akan menang Sabtu nanti melawan West Ham. Kami akan fokus laga demi laga,"

Berikutnya--- Barcelona bidik 3 poin di Belarusia

 

Masih tanpa Messi, Blaugrana hadapi juara Belarusia

Pada pertandingan lanjutan Grup E, juara bertahan Barcelona akan membidik tiga poin di kandang wakil Belarusia, BATE Borisov. Namun, mereka tak bakal diperkuat Lionel Messi dan Andres Iniesta, yang masih berkutat dengan cedera. 

Barcelona kini memuncaki klasemen sementara Grup E, dengan koleksi empat poin, hasil satu kemenangan dan satu imbang. Usai ditahan 1-1 oleh AS Roma di laga pembuka, mereka menundukkan Bayer Leverkusen 2-1 di laga kedua.

Pada laga kontra BATE nanti, Blaugrana mendapat suntikan tenaga di lini pertahanan. Hal tersebut menjadi hal positif bagi Barca, guna meraih kemenangan kedua di Liga Champions. Sekaligus menjaga tren positif, usai menang di La Liga, akhir pekan lalu.

Dilansir situs resmi klub, Blaugrana memastikan bek Thomas Vermaelen mendapat lampu hijau untuk tampil di laga kontra BATE. Sebelumnya, eks pemain Arsenal itu cedera pada 12 September 2015, saat Barca melawat ke kandang Atletico Madrid.

Total, ada 20 pemain yang dibawa Blaugrana ke Borisov untuk menghadapi klub asal Belarusia itu. Sejumlah nama penting seperti Gerard Pique, Sergio Busquets, Luis Suarez, dan Neymar dipastikan tampil, minus Andres Iniesta dan Lionel Messi.

Sementara itu, pelatih Blaugrana, Luis Enrique, menuturkan tim asuhannya fokus pada lini belakang, agar tak kebobolan banyak gol. Dia juga yakin, pasukannya bisa tampil optimal mesti tak diperkuat Iniesta dan Messi yang cedera.

"Kami akan tetap bekerja untuk memperkuat pertahanan. Untuk memenangi titel demi titel, Anda mesti mencetak lebih banyak gol dan tak menyerah. Itulah yang akan coba kami lakukan," kata Enrique, sebagaimana dikutip dari Four Four Two.

Sementara itu, sang lawan, yang merupakan juara Liga Primer Belarusia 2015, berjanji akan memberi permainan terbaik. Namun, pelatih Alyaksandr Yermakovich, menuturkan pihaknya tak akan melakukan cara sama, seperti kala bertemu pada musim 2011-12.

"Laga ini akan menentukan harapan kami. Empat tahun lalu, kami juga berhadapan dengan Barcelona dan menggunakan banyak taktik. Kami memberi banyak informasi kepada pemain, tapi nyatanya kami kalah besar di dua laga," kata Yermakovich.

"Berdasarkan pengalaman negatif tersebut, kali ini kami akan memutuskan untuk mempersiapkan taktik seminimal mungkin," lanjut pelatih 40 tahun, yang menjadi asisten pelatih BATE pada 2008 hingga 2013, seperti dilansir Soccerway.

Yermakovich menambahkan, skuad begitu antusias menghadapi laga penting ini. "Mungkin semua orang Belarusia merasakannya. Ini tanggung jawab besar dan kami harus bermain baik," ucap mantan pemain yang berposisi gelandang itu.

Jadwal matchday 3 Liga Champions, Rabu 21 Oktober 2015 dini hari WIB:

BATE vs Barcelona
Bayer Leverkusen vs AS Roma
Arsenal vs Bayern Munich
Dinamo Zagreb vs Olympiacos
Porto vs Maccabi Tel Aviv
Dynamo Kiev vs Chelsea
Zenit vs Lyon
Valencia vs KAA Gantoise 
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya